10 Inspirasi Perpaduan Warna Keren untuk Dinding Kamar

10 Inspirasi Perpaduan Warna Keren untuk Dinding Kamar

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dacore Design. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah dan tips bangunan anda, ikuti kami disini.

Memilih perpaduan warna untuk kamar bukanlah hal sepele. Perpaduan warna akan memberikan atmosfer dan menghidupkan suasana dari kamar tersebut. Perbedaan perpaduan warna akan memberikan suasana berbeda pula. Jika kurang tepat, bisa-bisa kamar menjadi terasa nggak nyaman, lho.

Namun, menggunakan satu warna juga kadang terasa membosankan dan monoton. Jadi, untuk kamu yang ingin menghidupkan suasana kamar tapi nggak mau sampai salah memilih perpaduan warna yang pas, jangan pikir perpaduan warna half and half sudah ketinggalan zaman, simak inspirasi perpaduan warna keren untuk cat dinding kamar berikut!

Perpaduan Warna Putih dan Pastel secara Half and Half

Biar perpaduan warna dinding half and half kamar nggak terasa norak dan berlebihan, pilihan warna-warna lembut bisa jadi pilihan tepat. Kombinasikan warna putih yang netral dengan berbagai pilihan warna pastel seperti soft pink, cokelat, biru langit, ataupun, soft green.

Bermain dengan perpaduan warna pastel seperti cokelat dan soft pink, atau biru langit dan soft green juga bisa memberikan kesan lebih berani dan ceria tanpa membuat warna dinding rumah terkesan berlebihan.

Perpaduan Warna Half and Half Grayscale

Pilihan perpaduan warna half and half lain yang bisa memberikan kesan tidak monoton namun tidak terlalu menonjol adalah menggunakan perpaduan warna grayscale dengan mempertemukan warna putih dan abu-abu muda. Memilih warna cat yang tepat bisa membuat mood kamu terasa lebih baik.

Biar warna grayscale tidak terkesan membosankan, kamu bisa bermain dengan tarikan garis yang tidak datar sehingga perpaduan warna half and half yang dihasilkan pada dinding menjadi lebih dinamis.

Half and Half, Strong and Soft

Jika memberi warna tua membuat kamar mejadi terlalu gelap, sedangkan warna muda membuat kamar terlalu terang, kamu bisa membuat perpaduan warna gradasi dengan kombinasi warna terang dengan warna serupa dengan versi yang lebih muda.

Untuk kamar dengan kesan feminin, salah satu perpaduan warna yang bisa kamu pilih adalah lain ungu tua dan ungu muda, merah dan pink, atau pink dan peach. Sedangkan perpaduan warna hitam dan abu-abu, serta biru tua dan biru langit bisa jadi pilihan untuk kesan yang lebih netral. Ini bisa kamu aplikasikan pada furnitur, tirai dan goden, atau bahkan sprei pada kamar.

Baca juga: 5 Tips Anti Rayap Alami ini Dijamin Ampuh Usir Rayap

Selain membagi dinding menjadi dua perpaduan warna dengan memotongnya half and half, kamu juga bisa membuat kombinasi perpaduan warna dari keempat sisi dinding yang ada pada kamarmu. Baik itu pada sisi yang berseberangan ataupun sisi yang bersebelahan, kreasikan perpaduan warna kesukaanmu!

Perpaduan Warna Earthy Tone

Jika kamu menginginkan kamar dengan kesan hangat, perpaduan warna side and side pada dinding kamar dengan menggunakan warna earthy tone bisa jadi pilihan yang sangat tepat.

Perpaduan warna coklat dan krem pada sisi dinding yang berbeda, atau coklat dan hijau lumut bisa memberikan kesan kamar yang hangat dan natural. Perpaduan warna ini cocok juga untuk kamu kombinasikan dengan berbagai furniture dengan gaya natural lainnya.

Warna Primer dan Sentuhan Grey

Menggunakan warna-warna primer yang terang seperti merah dan kuning terkadang terasa tidak akan cocok untuk pilihan warna dinding kamar. Namun, dengan menambahkan warna abu-abu yang netral namun tidak bersifat terang bisa menetralkan kesan kuat dari warna primer tersebut.

Perpaduan warna yang tepat juga bisa didapatkan dari roda warna, atau kamu bisa berkonsultasi dengan interior stylist. Hati-hati lho, memilih warna cat kamar yang salah bisa buat tidurmu gak nyenyak.

Perpaduan warna dengan pola garis bisa memberikan efek visual pada ruang termasuk kamar. Untuk kamar dengan langit-langit yang rendah, perpaduan warna dengan pola stripes secara vertikal akan membuatnya terkesan tinggi, sedangkan perpaduan warna dengan pola stripes horisontal bisa memberikan kesan luas pada ruang kamar.

Namun, pilihan warna pada pola stripes yang tidak tepat justru akan memberikan kesan yang terlalu ramai. Tapi, dengan perpaduan warna yang tepat, tentu pola stripes akan menghasilkan efek sebaliknya.

Stripes White dan Pastel

Untuk pola-pola berani seperti stripes, memadukan warna putih dengan warna-warna soft selalu jadi pilihan warna yang aman, namun tetap memberikan atmosfer yang menghidupkan suasana. Untuk pilihan mudah gunakan warna biru langit dan putih untuk kesan netral, perpaduan warna putih dan soft pink untuk kesan feminin, atau perpaduan warna putih,soft brown, dan krem, untuk kesan yang lebih keras dan maskulin.

Baca juga: 12 Alasan Pentingnya Ventilasi di Rumah Anda

Hindari penggunaan warna-warna yang terlalu menyala dan kontras seperti putih dan merah atau hitam dan kuning untuk kamar, karena warna-warna ini bakan memberikan kesan semangat yang berlebih dan tidak cocok untuk menciptakan suasana beristirahat yang tenang.

Earthy Tone Stripes

Jika ingin memberikan kesan stripes yang lebih kuat dengan perpaduan warna yang lebih kontras, perpaduan warna earthy tone seperti coklat dan krem bisa memberikan kesan kontras tapi tidak berlebihan.

Untuk kesan yang lebih dinamis, kamu juga bisa bermain dengan kombinasi ukuran stripes yang lebih bervariasi dan berani. Pencahayaan juga penting, pastikan kamu memilih lampu yang sesuai dan memasang pencahayan alami yang cukup.

Serupa dengan konsep perpaduan side and side, pada perpaduan warna one side contrast, kamu cukup memberikan warna kontras pada salah satu dinding yang akan menjadi point of interest dari ruangan.

Perpaduan Warna Earthy Tone dan Jingga

Hidupkan kesan hangat dari warna-warna earthy tone dengan warna jingga atau orange yang kontras. Tidak hanya hangat, warna orange yang kontras memberikan suasana yang lebih hidup dan cocok jika kamu ingin memiliki kamar dengan nuansa yang lebih muda.

Perpaduan Warna Monokrom

Perpaduan warna monokron alias hitam dan putih mungkin akan terasa terlalu berlebihan jika kamu terapkan secara half and half dan juga stripes. Namun, memberikan warna hitam yang kontras pada salah satu dinding kamarmu bukanlah ide yang buruk.

Baca juga: 9 Cara Hemat Membersihkan Rumah Secara Alami

Perpaduan warna monokrom ini akan memberikan kesan modern, maskulin dan juga minimalistik pada ruang kamar. Untuk dinding statement yang kamu beri warna hitam, kamu bisa memaksimalkan dekorasi dindingmu pada sisi dinding ini dan kamarmu bisa terlihat rapi tanpa didominasi warna gelap yang akan memberikan kesan suram pada kamar.

Perpaduan Warna Putih dengan Statement Wall Biru

Memberikan warna biru sebagai statement wall bersama warna putih tidak hanya memberikan kesan terang, tetapi juga sejuk sekaligus. Pilihan warna biru yang lembut akan meberikan suasana langit yang menyejukkan. Warna biru yang lebih terang akan memberikan atmosfer air seperti suasana pantai atau laut yang menenangkan.

Baca juga: Ini 7 Ide Gradasi Warna untuk Interior Rumah

Dengan perpaduan warna yang pas, tentu menghabiskan waktu dan beristirahat di kamar jadi jauh lebih maksimal. Selain perpaduan warna, tentu pemilihan perabot yang nyaman adalah elemen utama yang nggak boleh kamu lupakan untuk menciptakan kamar yang nyaman. Apa kamu sudah bisa memilih perpaduan warna paling favorit untuk kamarmu?

Kalau kamu kesulitan menentukan desain interior yang terbaik untuk rumahmu, Team Dacore Design siap membantu! Bukan hanya desain interior rumah saja, Dacore Design juga siap menangani jasa kontraktor, seperti bangun atau renovasi rumah untuk rumah impian anda.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


%d bloggers like this: