11 Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

11 Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

11 Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

11 Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

Membangun sebuah rumah tentunya membutuhkan beragam pertimbangan. Mulai dari bahan-bahan dalam membangun rumah yang akan digunakan, jenis-jenis rumah tinggal itu sendiri, jenis-jenis atap rumah yang akan digunakan, warna cat rumah elegan yang dipilih hingga material lantai dan plafon. Pemilihan plafon yang baik dapat menjadi salah satu cara menyulap rumah biasa menjadi mewah. Mungkin kebanyakan orang akan cenderung memilih jenis-jenis plafon rumah yang terbuat dari gypsum. Namun kini pilihan plafon rumah sangat beragam dan variatif, salah satunya adalah plafon yang terbuat dari PVC. Material PVC atay Polivynil Chloridebiasa digunakan sebagai bahan pembuat pipa air. Tapi sekarang, tidak jarang Anda mulai melihat bahan PVC ini digunakan sebagai plafon. Sebagai plafon, PVC memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan plafon PVC yang perlu Anda ketahui. Simak!

1. Anti bocor dan anti rayap

Penggunaan plafon PVC sangat menguntungkan karena rumah Anda akan jauh dari kebocoran pada saat musim hujan melanda. Hal ini karena bahan PVC memang pada dasarnya dirancang untuk menahan air karena digunakan sebagai bahan dasar pipa. Selain itu, berbeda dengan penggunaan plafon triplek dan gypsum yang sangat riskan terhadap rayap, plafon PVC justru terhindar dari rayap.

2. Dapat digunakan jangka panjang

Penggunaan plafon PVC memiliki kualitas yang baik, sehingga penggunaan untuk jangka panjang pun sangatlah mungkin. Anda tidak perlu mengeluarkan uang kembali untuk membeli plafon baru beberapa tahun sekali. Sangat cocok digunakan sebagai cara membangun rumah dengan dana minim.

3. Proses pemasangan mudah

Proses pemasangan plafon PVC terbilang mudah dan gampang untuk dilakukan. Selain itu, pemasangannya juga berlangsung sangat cepat jika dibandingkan dengan jenis plafon yang lainnya. Plafon PVC memiliki bobot yang ringan sehingga membantu pada saat proses pemasangan. Anda juga tidak memerlukan banyak tenaga tambahan untuk memasang plafon jenis ini.

4. Desain menarik

Jika Anda bosan dengan tampilan plafon triplek atau plafon gypsum yang sudah sangat menjamur dan umum digunakan, Anda dapat beralih pada penggunaan plafon PVC. Desain plafon PVC menawarkan tampilan yang mewah dan elegan.

5. Terdapat varian warna

Selain memiliki tampilan bersih yang elegan, penggunaan plafon PVC dapat divariasikan dengan cara mengecatnya dengan menggunakan pilihan warna cat rumah yang indah dan sejuk. Selain itu, plafon PVC juga dapat dibuatkan berbagai macam motif dan corak yang menarik sesuai dengan konsep dan desain yang Anda inginkan.

6. Mudah dibersihkan

Kendala dalam membersihkan plafon tidak hanya terletak pada jaraknya yang cukup sulit untuk dijangkau, namun juga material plafon tersebut yang sulit untuk dibersihkan. Namun tenang, plafon PVC ternyata sangat mudah untuk dibersihkan. Cukup dengan menyapu atau mengelapnya maka PVC akan kembali berkilau seperti semula. Anda dapat membaca alat pembersih langit-langit rumah yang wajib dimiliki.

7. Tidak mudah pecah

Sisi positif dari memiliki sifat kelenturan PVC adalah plafon ini tidak akan mudah untuk dipatahkan dan dirusak. Sangat hebat bukan?

8. Pemasangan list kurang rapat

Hasil pemasangan list pada plafon PVC sering kali ditemukan kurang rapat karena bentuk sekrup yang digunakan untuk memasang list tersebut harus mengikuti dengan bentuk rangka hollow yang digunakan. Oleh sebab itu Anda perlu memperhatikan dengan teliti pada saat proses pemasangan sehingga tidak mengurangi keindahan plafon.

9. Bobot terlalu ringan

Bobot ringan yang dimiliki PVC ternyata membawa kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah proses pemasangan jauh lebih mudah dan cepat. Namun kekurangannya adalah pemasangan rangkan hollow menjadi dibuat berjarak renggang sehingga pengeluaran menjadi lebih hemat. Hal ini dapat berpotensi membuat plafon roboh karena tidak dapat menahan beban yang ditanggungnya.

10. Penggunaan lem dapat menimbulkan bercak kotor

Untuk memasang plafon PVC sebaiknya Anda menggunakan lem perekat yang terang. Dengan menggunakan lem perekat ini maka tampilan plafon akan jauh lebih bersih dan menarik. Sebisa mungkin hindari pemakaian lem yang ketika kering dapat membuat plafon menjadi tidak bersih atau kotor serta mengurangi estetika plafon itu sendiri.

11. Harganya mahal

Disamping semua kelebihan yang dimiliki plafon PVC, ternyata plafon ini harganya terbilang cukup mahal. Sangat tidak sesuai jika Anda menginginkan tips hemat membangun rumah. Jika Anda ingin menggunakan plafon ini, maka Anda perlu mengatur budget pengualaran yang baik sehingga dana yang dipunya cukup untuk membelinya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan plafon PVC yang wajib Anda ketahui. Sebelum hendak memutuskan jenis plafon apa yang akan digunakan, Anda perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan material yang Anda pakai. Sehingga Anda tidak akan merasa rugi ketika sudah membeli material tersebut. Demikianlah, selamat mencoba!

Nah, itulah Jenis-jenis Kayu terbaik untuk Lantai Kayu Parket. Semoga dengan mengetahui tips dan trik tersebut bisa membantu anda. Mulai sekarang jangan lagi kebingungan untuk memasang parket. Kalau kamu kesulitan menentukan pilihan yang terbaik untuk kantor atau rumahmu, tim dacore siap membantu! siap menangani masalah build, renovasi, furniture dan design interior kamu. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu! Jangan pusing lama-lama, segera e-mail ke Dacoredesign@gmail.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam. Semoga Jenis-jenis Kayu terbaik untuk Lantai Kayu Parket bisa membantu anda jika anda ingin tahu lebih banyak lagi silahkan subscribe kami.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


%d bloggers like this: