Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Rotan

Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Rotan

kelebihan dan kekurangan kayu

Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Rotan

kelebihan dan kekurangan kayu

Sumber : Google

Rotan merupakan jenis tanaman palma dari puak ( tribus ) Termasuk dalam calamea yang memiliki habitat memanjat terutama Calamus,Daemonorops dan Oncocalamus. Puak Calameae sendiri terdiri dari sekitar enam ratus anggota, dengan daerah persebaran di bagian tropis Afrika, Asia dan Australasia. Ke dalam puak ini termasuk pula marga Salacca ( misalnya salak), Metroxylon (misalnya rumbia/sagu), serta Pigafetta yang tidak memanjat, dan secara tradisional tidak digolongkan sebagai tumbuhan rotan.

Batang rotan biasanya berbentuk langsing dan mempunyai diameter 2-5 cm mempunyai ruas yang panjang,tidak mempunyai rongga dan banyak duri-duir panjang yang digunakan sebagai pelindung.Duri pada rotan mempunyai fungsi sebagai pertahanan diri terhadap hewan herbivora sekaligus membantu rotan untuk memanjat karena rotan tidak mempunyai sulur.Batang rotan dapat mempunyai panjang sampai ratusan meter Jika ditebas batangnya rotan dapat mengeluarkan air sebagai cara untuk dapat bertahan hidup di alam bebas.

Sebagian besar rotan berasal dari hutan di Indonesia, seperti Sumatra, Jawa, Borneo, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Indonesia memasok 70% kebutuhan rotan dunia. Sisa pasar diisi dari Malaysia, Filipina, Sri Lanka, dan Bangladesh.

Rotan cepat tumbuh dan relatif mudah dipanen serta ditransprotasi. Ini dianggap membantu menjaga kelestarian hutan, karena orang lebih suka memanen rotan daripada kayu.

Rotan yang umum dipergunakan dalam industri tidaklah terlalu banyak. Beberapa yang paling umum diperdagangkan adalah Manau, Batang, Tohiti, Mandola, Tabu-Tabu, Suti, Sega, Lambang, Blubuk, Jawa, Pahit, Kubu, Lacak, Slimit, Cacing, Semambu, serta Pulut.

Setelah dibersihkan dari pelepah yang berduri, rotan asalan harus diperlakukan untuk pengawetan dan terlindung dari jamur Blue Stain. Secara garis besar terdapat dua proses pengolahan bahan baku rotan: Pemasakan dengan minyak tanah untuk rotan berukuran sedang /besar dan Pengasapan dengan belerang untuk rotan berukuran kecil.

Batang rotan juga dapat dibuat sebagai tongkat penyangga berjalan dan senjata. Berbagai perguruan pencak silat mengajarkan cara bertarung menggunakan batang rotan. Di beberapa tempat di Asia Tenggara, rotan dipakai sebagai alat pemukul dalam hukuman cambuk rotan bagi pelaku tindakan kriminal tertentu.

Beberapa rotan mengeluarkan getah (resin) dari tangkai bunganya. Getah ini berwarna merah dan dikenal di perdagangan sebagai dragon’s blood (“darah naga”). Resin ini dipakai untuk mewarnai biola atau sebagai meni.

Masyarakat suku Dayak di Kalimantan Tengah memanfaatkan batang rotan muda sebagai komponen sayuran.

Memilih material partisi tentu saja tidak sembarang pilih. Layaknya furnitur lain, partisi juga dapat memberikan nuansa yang hendak diinginkan.

Back to nature misalnya. Dimana rumah-rumah modern menginginkan nuansa alam yang mengingatkan penghuni akan kampung halaman.

Tidak heran, sebagian dari mereka menerapkan unsur alam pada furnitur rumahnya. Termasuk memilih material partisi. Saat ini sudah banyak berbagai material partisi, mulai dari kayu, vinyl, kulit, kaca, dan masih banyak lagi.

Jika Anda saat ini sedang bingung memilih partisi mana yang memberikan nuansa alam, coba untuk menerapkan partisi berbahan rotan atau kayu.

Kendati keduanya merupakan hasil hutan, namun jika sudah dibentuk menjadi partisi, tentu saja memiliki penilaian yang berbeda.

Munif, selaku Sales Sketsel Jepara, akan memberikan kelebihan dan kekurangan dari partisi kedua material tersebut:

Kelebihan partisi rotan

  • Rotan yang memberikan kesan natural, sehingga cocok untuk Anda yang ingin menerapkan gaya tropis atau bohemian.
  • Jalinan rotan memiliki tekstur yang unik. Rotan biasanya dianyam sedemikian rupa, sehingga memberikan kesan “rumah bilik” di rumah Anda. Sangat natural!
  • Partisi ini dapat dilipat saat tidak digunakan. Selain itu, bobotnya cukup ringan sehingga mudah dipindah-pindah.
  • Karena mudah dipindah dan dilipat, partisi rotan juga bisa diletakkan pada spot sempit. Misalnya di depan jendela atau sudut ruangan.
  • Harga untuk partisi rotan alami 3 pintu berkisar Rp1,5 juta – Rp3 juta.

Kekurangan partisi rotan

  • Jika memesan (indent) waktu yang dibutuhkan tidak bisa cepat. “Karena, pengrajin akan menganyam, dengan perhitungan penjualan dan kesanggupan jadi,” kata Munif.
  • Semakin mudah, semakin murah dan cepat. Sebaliknya semakin sukar, maka harga semakin mahal dan lama.
  • Mudah dimanipulasi. Sudah tersedia rotan sistesis. Mengapa ini menjadi kelemahan, karena daya tahannya kurang bagus. Selain itu, warnanya tidak bisa natural.
  • Rotan sintetis memiliki warna yang cerah, sedangkan rotan alami hanya memiliki satu warna khas pilihan. Jadi harus berhati-hati dalam memilih.

Kelebihan partisi kayu

  • Memiliki nuansa alami (natural) yang kuat.
  • Khusus partisi kayu minimalis membutuhkan waktu penyelesaian yang cepat
  • Harga partisi kayu minimalis masih terjangkau berkisar Rp1,5 juta – Rp2 juta.
  • Mudah dirawat, dibersihkan, dan bisa berfungsi sebagai buffet.

Kelemahan partisi kayu

  • Partisi kayu bisa menyebabkan penyusutan dan renggang
  • Bila tidak memahami jenis-jenis material kayu pada partisi bisa menyebabkan kayu cepat keropos, lapuk, dan mudah dimakan rayap.
  • Pembuatan partisi kayu ukiran memakan waktu yang lama.
  • Tidak bisa dilipat atau dipindah-pindah, karena bentuknya yang solid dan berbobot berat.
  • Harga partisi kayu ukiran bisa mencapai Rp5 juta

Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat jangan lupa jika anda membutuhkan jasa kontraktor,desain,arsitek dan renovasi rumah untuk bisa menghubungi dengan klik LINK ini

Dan jangan lupa untuk selalu LIKE fan page kami.Terima Kasih

Add a comment

*Please complete all fields correctly

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Blogs

zat asbes
Posted by Dacore Design | October 23, 2018
Waspada! Ternyata Asbes Dapat Memicu Pertumbuhan Sel Kanker Paru
Sumber : Pinterest Asbes biasa digunakan pada rumah-rumah sebagai salah satu bahan pembuat Desain Interior atap.Asbes menjadi populer sebagai bahan pembuat desain atap rumah karena harganya yang lebih murah dari...
Penggunaan Batu Susun
Posted by Dacore Design | October 23, 2018
Penggunaan Batu Susun
Penggunaan Batu Susun Ada banyak pilihan material yang bisa digunakan untuk melapisi permukaan dinding rumah. Misalnya saja perpaduan semen dan cat, wallpaper, keramik, hingga batu alam. Nah, kali ini Kania akan...
kanopi baja ringan
Posted by Dacore Design | October 23, 2018
6 Kelebihan Kanopi Baja Ringan Yang Harus Anda Ketahui!
Sumber : Pinterest Kanopi baja ringan pada umumnya digunakan sebagai sebuah pelindung halaman rumah.Kanopi juga dapat membuat sebuah rumah terasa lebih teduh dan agak sejuk.Pada umumnya,orang menggunakan kanopi yang terbuat...
%d bloggers like this: