PEMBUATAN KOLAM RENANG PRIBADI BISA ANDA KERJAKAN SENDIRI

PEMBUATAN KOLAM RENANG PRIBADI BISA ANDA KERJAKAN SENDIRI

PEMBUATAN KOLAM RENANG PRIBADI BISA ANDA KERJAKAN SENDIRI

Pembuatan kolam renang pribadi menjadi trend di banyak daerah hari ini. Memiliki sebuah kolam renang pribadi di lingkungan rumah, menjadi sebuah prestise tersendiri bagi pemiliknya. Di sisi lain, kebutuhan akan kolam renang yang dapat dengan mudah di akses menjadi faktor pendorong yang cukup kuat.

Kolam renang dulu menjadi hal yang tidak murah, tidak dapat diakses dengan mudah. Membuatnya pun tidak semua kontraktor bangunan mampu mengerjakan, karena memang memerlukan keahlian dan skill tentang kolam renang itu sendiri. Ketika Anda memiliki anggaran yang mencukupi dan hobi berolah raga terutama olahraga air, maka membuat kolam renang pribadi sendiri di rumah menjadi pilihan yang tepat.

Untuk dapat memiliki kolam renang pribadi, maka Anda perlu merencanakan tahap pengerjaannya dengan baik, jika Anda memang memilih untuk membuat kolam renang sendiri. Membuat kolam renang sendiri mungkin saja Anda lakukan, Anda hanya perlu belajar cara membuat kolam renang pribadi, kemudian mempekerjakan tukang yang mempunyai pengalaman sebelumnya.

Bagi Anda yang hendak membuat kolam renang sendiri, berikut tahapan pembuatan kolam renang yang perlu Anda tahu.

1. Tahap perencanaan

Pada tahap ini Anda perlu merencanakan dengan baik kolam renang yang hendak Anda buat. Menentukan ukuran kolam renang, panjang, lebar dan kedalaman, lokasi dimana kolam akan dibuat, dan juga apa saja yang perlu dibuat agar kolam renang Anda dapat dinikmati dengan baik. Jika Anda sekedar membuat kolam yang di isi air, maka saya kira Anda tidak harus dipusingkan dengan sistem pipa dan treatment air kolam. Namun jika Anda hendak menggunakan sistem plumbing untuk keperluan tersebut, maka Anda harus belajar tenatng sistem aliran air kolam, balancing tank dan pumping system dari sebuah kolam renang, karena nantinya ini juga berpengaruh terhadap perawatan kolam renang pribadi Anda.

 Jangan lupa untuk menghitung juga keperluan material yang  diperlukan. Buat target waktu perencanaan dari setiap tahapan, agar Anda bisa mengevaluasi proses pegerjaan dan sesuai tepat waktu.

2. Tahap persiapan

Persiapkan area yang hendak dijadikan lokasi kolam renang. Sediakan bahan material dan keperluan lain yang hendak di gunakan, tidak harus sekaligus, bisa bertahap, asalkan pekerjaan tidak sampai tersendat karena material bahan belum tersedia. Area yang hendak di gunakan dibersihkan dan disiapkan, sehingga siap untuk dikerjakan tahap selanjutnya.

3. Tahap pengerjaan

Tahap pengerjaan berlangsung dalam tahapan sebagai berikut :

  1. Penggalian
  2. Pemasangan batu bata alas kerja
  3. Pembesian
  4. Bekisting
  5. Pengecoran
  6. Inkubasi
  7. Pembongkaran bekisting
  8. Pempipaan

4. Tahap Finishing

Tahap ini meliputi pemasangan instalasi listrik yang diperlukan untuk pompa air dan tata cahaya lampu sebagai aksesories. Pemasangan keramik dan berbagai aksesories tambahan seperti batu alam, rumput tepian kolam, lampu kolam, dlsb. Terakhir adalah uji sistem kolam dan aliran air kolam, serta menyiapkan air kolam untuk bisa digunakan pertama kali.

Jika Anda memiliki banyak keluangan waktu untuk membuat kolam renang sendiri, maka Anda perlu rajin mengawasi setiap pekerjaan dari tahapan-tahapan pengerjaan. Karena jika Anda kurang teliti, dikhawatirkan terjadi proses yang kurang sempurna, sehingga kolam renang Anda tidak dalam kondisi baik ketika tahapan selesai.

Cor yang kurang sempurna bisa mengakibatkan kebocoran pada dasar atau dinding kolam. Bahkan retakan rambut pun dapat menyebabkan masalah besar kepada kolam seacara keseluruhan. Sistem pipa yang tidak terpasang dengan baik memungkinkan terjadinya kebocoran dan kerusakan pada pompa yang harganya tidak murah. Maka sempatkanlah untuk mengawasi setiap tahap pekerjaan dengan seksama, agar Anda tidak kecewa di kemudian hari.

Bagi Anda yang tidak memiliki keluangan waktu untuk mengerjakan itu semua, Anda bisa memilih untuk menggunakan jasa kontraktor kolam renang yang terpercaya. Anda bisa mencari referensi dari rekan atau teman yang pernah menggunakan jasa kontraktor kolam renang dan merasa puas dengan hasil pekerjaan pembuatan kolam renangnya. Atau Anda bisa mencoba mencari referensi di internet. Untuk Anda yang tinggal di kota besar, Anda bisa mencari di mesin pencari google dengan kata kunci “tahapan pembuatan kolam renang” atau “kontraktor kolam renang dimultipool” atau Anda bisa klik disini.

Selamat mencari informasi, dan segera wujudkan impian Anda untuk memiliki kolam renang pribadi di rumah. Salam.

Add a comment

*Please complete all fields correctly

Related Blogs

Diet Kantong Plastik, Kurangi Sampah Plastik untuk Kesehatan Lingkungan
Musim Hujan Rawan Rembes Atasi Retak pada Atap dengan Cat Anti Bocor

Hai. Silahkan Klik Akun Customer kami dan akan kembali kami hubungi

Hubungi kami via Whatsapp