Penjelasan Plafon GRC

Penjelasan Plafon GRC

Penjelasan Plafon GRC

Plafon atau yang lebih dikenal dengan istilah langit-langit merupakan pembatas antara atap dengan ruang yang ada di bawahnya. Selain digunakan sebagai penutup bagian atas ruangan agar terlihat rapi, plafon juga bermanfaat untuk keindahan interior bangunan. Oleh karena itu, pemilihan material plafon juga perlu diperhatikan.

Tahukah kamu? Salah satu material yang bisa menjadi bahan plafon adalah GRC (Glassfiber Reinforced Cement). Sesuai dengan namanya, plafon GRC terbuat dari campuran serat dan semen.

Jika dilihat, plafon GRC memiliki bahan dasar yang mirip dengan beton, tetapi lebih ringan. Jika beton memiliki tulang baja di dalamnya, plafon GRC menggunakan serat glassfiber sebagai penguatnya. Kadang ada yang menyamakan plafon GRC dengan plafon gypsum, tapi sebenarnya keduanya berbeda.

Nah, kamu pasti penasaran kan apa saja kegunaan plafon GRC? Sebelumnya kita kenali lebih dulu yuk sifat-sifat material dan kelebihan plafon GRC berikut ini.

Plafon GRC untuk Langit-langit Ruang Basah pada Rumah

Seperti yang sudah kamu baca di atas, plafon GRC cenderung lebih tahan air. Kamu bisa memanfaatkan plafon GRC untuk dipasang sebagai langit-langit ruangan yang basah atau berisiko memiliki kelembapan yang tinggi. Misalnya saja kamu bisa menggunakan plafon GRC untuk langit-langit dapur yang setiap harinya mungkin akan terkena uap panas.

Selain itu, ruangan yang benar-benar basah seperti kamar mandi juga bisa kamu pilihkan plafon GRC sebagai material atapnya. Teras atau ruang semi-outdoor lainnya yang mungkin terkena cipratan air hujan.

Dapat Dibentuk Sesuai Keinginan

Nggak seperti plafon kayu atau tripleks yang lebih kaku dan hanya bisa dimanfaatkan pada desain plafon tertentu saja, plafon GRC mudah dibentuk karena sifat materialnya yang luwes dan bisa mengikuti bentuk-bentuk melengkung tertentu. Karena adanya campuran glassfiber, plafon GRC jadi tidak getas. Ini menjadikan kamu bisa lebih leluasa membuat bentuk plafon GRC yang sesuai dengan desain yang kamu inginkan.

Plafon GRC Board Mudah Dipasang

Karena permukaannya yang sudah rata, ketika akan diberi warna melalui proses pengecatan, plafon GRC tidak perlu melalui proses plamir alias proses meratakan permukaan yang akan dicat, tidak butuh waktu lama saat proses pemasangannya. Beratnya juga tergolong ringan. Bayangkan, per meter perseginya, plafon ini hanya berbobot 18 kilogram saja, lho!

Nah, apabila kamu menggunakan plafon GRC yang sudah berupa lembaran papan, pemasangannya jauh lebih mudah. Biasanya, terdapat bagian yang lebih tipis pada bagian tepi atau biasa disebut recessed, sehingga proses penyambungan plafon GRC pun jadi lebih mudah. Penggunaan compounduntuk sambungan pun jadi bisa lebih sedikit.

Plafon GRC Lebih Tahan Lama

kamu mencari plafon yang bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama, berarti plafon GRC sangat cocok untukmu. Rata-rata produk plafon GRC yang beredar di pasaran diakui memiliki ketahanan hingga 25 tahun, lho! Durasi ketahanan plafon GRC lebih tahan lama dibanding plafon gypsum. Perawatannya jika terkena noda juga cenderung mudah untuk dibersihkan.

Harga Plafon GRC Cenderung Murah

Salah satu pertimbangan yang pastinya nggak bakal kamu lewatkan saat memilih material plafon yaitu harga. Nah, untuk masalah harga, plafon GRC tidak begitu mahal. Setiap ukuran 1,2 x 2,4 meter dengan ketebalan 4 milimeter, material plafon GRC dibanderol sekitar 57 ribu hingga 58 ribu rupiah saja.

Plafon GRC Tahan Air dan Api

Kelebihan lainnya dari plafon GRC adalah ketahanannya terhadap air. Berbeda dengan plafon gypsum yang mudah rusak jika terkena air, plafon GRC tahan terhadap air sehingga nggak mudah bocor. Selain itu, plafon GRC memiliki ketahanan terhadap api yang lebih baik daripada plafon tripleks. Karenanya, plafon GRC cenderung nggak mudah terbakar atau merambatkan api.

Plafon GRC Aman Buat Kesehatan

Plafon GRC tidak mengandung bahan asbes. Ini membuat plafon GRC tidak akan mengganggu kesehatanmu seperti asbes yang apabila terhirup, yang bisa meningkatkan resiko kanker paru-paru yang berbahaya bagi kesehatan.

Setelah mengetahui berbagai kelebihan plafon GRC di atas, pasti kamu juga penasaran kan, plafon GRC bisa digunakan untuk apa saja?

Plafon GRC untuk Membentuk Kubah

Karena sifatnya yang luwes dan tidak getas, plafon GRC bisa dipakai untuk membuat kubah, lho! Bahkan karena sifat bahannya yang tahan air, material yang digunakan untuk plafon GRC bisa juga dipasang sebagai pelapis kubah di bagian luar alias eskteriornya. Kubah memang biasanya lebih sering ditemukan di bangunan umum atau keagamaan yang luas, akan tetapi tidak ada salahnya kamu membuat langit-langit berbentuk kubah dengan menggunakan plafon GRC ini di rumahmu.

Membuat Bentuk Plafon Melengkung

Mirip seperti membentuk langit-langit berbentuk kubah, membuat langit-langit melengkung, atau barrel vault ceiling, juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan plafon GRC. Ini karena plafon GRC bisa dilengkungkan sampai kelengkungan tertentu. Nah, kalau di rumah kamu terdapat ruangan atau gabungan ruangan tanpa sekat dinding yang berbentuk memanjang, kamu bisa memakai plafon GRC untuk mendesain langit-langit berbentuk busur. Langit-langit berbentuk busur bisa membuat ruangan terkesan lebih luas.

Bahan Plafon GRC Bisa untuk Penyekat Ruang

Tahu nggak bahan plafon GRC yang berbentuk lembaran bisa digunakan sebagai sekat ruangan juga? Ini karena komposisi plafon GRC mampu meredam suara namun tidak terlalu berat seperti dinding bata.

Lembaran papan GRC juga bisa dipasang sebagai pemisah ruangan, khususnya di bangunan bertingkat yang tentunya tidak bisa diberi beban terlalu banyak. Pemakaian papan plafon GRC sebagai dinding ruangan juga cenderung lebih hemat ketimbang membuat dinding bata.

Sebagai Pelapis Dinding dan Kolom Interior Maupun Eksterior

Selain sebagai penyekat ruang, papan GRC yang biasa digunakan sebagai plafon juga memiliki fungsi lainnya, lho! Bahan ini bisa digunakan sebagai material pelapis dinding maupun kolom dan pilar bangunan. Bobot material papan GRC yang tidak terlalu berat menjadikannya bisa dipasang sebagai elemen dekoratif pada ruangan. Bahkan, karena ketahanannya terhadap air, material papan GRC juga bisa diaplikasikan untuk fasad bangunan. Papan GRC juga bisa dipakai untuk membuat lisplang karena tidak mudah rusak bila terkena air.

Add a comment

*Please complete all fields correctly

Related Blogs