5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Membuat Dak Beton

5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Membuat Dak Beton

5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Membuat Dak Beton

5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Membuat Dak Beton

Sebuah rumah biasanya terdiri dari beberapa elemen kontruksi yang harus hadir seperti pondasi, dinding rumah dan atap rumah. Kontruksi sebuah bangunan harus memiliki ketahanan yang baik dari segala sisi tanpa terkecuali dak. Dak beton biasanya sering ditemui dan terkadang menjadi pilihan utama para kontraktor Indonesia. Jika anda ingin tahu lebih dalam tentang dak beton. Anda bisa membaca penjelasannya dibawah ini :

Pengertian Dak Beton

Dak dalam bahasa Indonesia berarti sebuah pembatas antara lantai dasar dengan lantai atap. Dalam membuat sebuah dak bahan yang digunakan terkadang berbeda-beda bisa memakai beton, kayu dan tanah liat. Untuk dak beton sendiri memiliki arti pembatas lantai termasuk juga bagian atap dan bagian bawah.

Membuat Dak Beton

Dak beton biasa dibuat dengan cara konvesional dengan cara menggunakan cor bisa juga melalui sistem pabrikasi. Dak beton mempunyai fungsi sebagai pelat pembatas maka dari itu proses pembuatan dak beton benar-benar harus diperhatikan secara teliti. Karena dak beton sendiri dapat menentukan daya tahan sebuah rumah.

Ada 4 karakteristik yang wajib dimiliki oleh dak beton diantaranya :

  • Solid & Kuat supaya dak beton bisa menahan beban dan berat tanpa kendala
  • Pengerjaan yang halus dan rata, karena berpengaruh terhadap fungsi dan estetika rumah secara keseluruhan.
  • Efisien, Agar hasil dak beton tidak mudah retak dan keropos maka pembangunannya harus tepat dan tidak memakan waktu yang lama
  • Ekonomis, dak beton juga merupakan salah satu pilihan untuk membuat pelat lantai yang terjangkau dan irit.

Seorang kontraktor yang akan membuat dak beton langkah pertama yang dia lakukan adalah menghitung ukuran dimensi sebuah lantai agar dapat membuat perhitungan biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan, peralatan yang digunakan serta tim yang dibutuhkan. Timing juga harus dipertimbangkan saat membuat dak beton supaya hasil dak beton nantinya tidak melengkung, tidak rata atau bahkan retak karena tidak pas.

Cara Membuat Dak Beton Yang Baik

  • Cobalah untuk menghitung terlebih dahulu ukuran dimensinya dan total tulang besi yang akan digunakan untuk membuat dak beton. Jangan lupa untuk membuat ukurannya besi tulangan agar tidak banyak besi yang digunakan sehingga dapat menghemat anggaran.
  • Ukuran ketebalan beton juga harus cukup untuk menahan tekanan beban yang diterima. Biasanya dak lantai beton mempunyai ukuran dengan ketebalan 12 cm untuk atapnya sendiri biasa memiliki ukuran ketebalan min 8 cm.
  • Anda harus bisa menyesuaikan antara kualitas dak beton dengan kebutuhan struktur bangunan.
  • Anda juga harus memperhatikan proses pengadukan bahan-bahan supaya merata. Komposisi bahan adukan jangan sampai terlalu cair karena akan mempengaruhi kualitas dak beton. Anda harus mempunyai komposisi yang kental dan tidak muncul segregasi atau butiran terpisah.
  • Dak beton sendiri mudah mengeras maka untuk membuatnya tetap stabil agar proses pengerasan tidak datang sebelum waktunya.

Kelebihan Dak Beton

  • Dibandingkan dengan model atap runcing atau tertutup, atap dak beton bisa menjadi tambahan ruang misalnya sebagai ruang cuci karena bentuknya yang datar layaknya lantai rumah biasa.
  • Dak beton memungkinkan penambahan tinggi bangunan, misalnya dari rumah 2 lantai menjadi 3 lantai dan seterusnya sepanjang konstruksinya kuat dan memungkinkan.
  • Dak beton merupakan salah satu jenis dak yang paling kuat dan tidak mudah rusak. Tahan terhadap cuaca, baik panas, hujan maupun terpaan angin kencang.
  • Ketebalan dak beton yang dikerjakan dengan baik akan mampu meredam panas sinar matahari dengan baik. Walaupun demikian, banyak yang menambah dengan plafon gypsum dari bagian langit- langit demi kenyamanan ekstra serta estetika.
  • Minim biaya perawatan & mudah dibersihkan. Dak beton umumnya juga tidak harus dihiasi dan pembersihan hanya dengan cara biasa, misalnya disapu dan disiram untuk mengenyahkan debu.

Kekurangan Dak Beton

Dak beton tergolong cukup mahal, terutama dari segi pembuatannya. Pengerjaan dak beton harus menggunakan tenaga konstruksi profesional karena pengerjaan sendiri masih sangat jarang dan membutuhkan mesin serta keahlian khusus.

  • Sulit untuk dibongkar. Jadi renovasi rumah untuk dak beton umumnya tidak bisa lagi dikerjakan secara parsial, tetapi pembongkaran total serta membutuhkan ventilasi yang baik dan tidak boleh terlalu lembap, sehingga kurang cocok untuk bangunan yang berukuran kecil.
  • Secara umum, dak beton memang bisa menahan endapan air. Tetapi jika tidak dikerjakan dengan teliti, maka kebocoran bisa saja terjadi. Sehingga tidak jarang dak beton harus dilapisi dengan bahan waterproof seperti cat anti bocor.
  • Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu jadi semakin yakin untuk memakai dak beton di rumah impianmu?

Nah, itulah 5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Membuat Dak Beton. Semoga dengan mengetahui tips dan trik tersebut bisa membantu anda. Mulai sekarang jangan lagi kebingungan Kalau kamu kesulitan menentukan pilihan yang terbaik untuk kantor atau rumahmu, tim dacore siap membantu! siap menangani masalah build, renovasi, furniture dan design interior kamu. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu! Jangan pusing lama-lama, segera e-mail ke Dacoredesign@gmail.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam. Semoga 5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Membuat Dak Beton bisa membantu anda jika anda ingin tahu lebih banyak lagi silahkan subscribe kami.

Add a comment

*Please complete all fields correctly

Related Blogs

Macam-Macam Pilihan Untuk Memilih Lem Kayu Terbaik untuk Proyek DIY Apik
Sering Sakit Saat di Rumah? 7 Benda Ini Bisa Jadi Penyebabnya
Tips Menghindari Rumah Anti Maling