3 Tips Agar Rumah Lebih Tahan Banjir

3 Tips Agar Rumah Lebih Tahan Banjir

Tips Agar Rumah Lebih Tahan Banjir

DACORE.ID – Dimusim seperti ini, banjir merupakan salah satu bencana yang sering terjadi. Hampir beberapa daerah Jabodetabek sering menjadi langganan banjir.

Banjir sering terjadi ketika saat terjadi hujan deras dalam waktu cukup lama. Hal itu terjadi pada saat malam pergantian tahun pada 31 Desember 2019 sampai dengan 1 Januari 2020.

Banjir yang terjadi tentu akan sangat merepotkan, apa lagi jika air banjir masuk ke dalam rumah Anda. Karena itu, kita harus bisa mengantisipasi banjir agar tidak masuk kedalam rumah.

Mungkin agak sulit kalau kita tinggal di tempat tinggal yang lengganan. Walau begitu

1. Membuat biopori atau sumur resapan

Salah satu penyebab banjir adalah karena air di permukaan tidak sepenuhnya meresap ke dalam tanah. Oleh sebab itu, untuk membuat air meresap ke dalam tanah adalah dengan membuat sumur resapan atau lubang biopori di rumah.

Biopori merupakan lubang-lubang kecil yang dibuat di tanah agar air tidak menggenang di permukaan dan menimbulkan b anjir. Saat ini di pasaran sudah tersedia alat bantu membuat biopori yang berbentuk seperti bor tanah.

2. Mengeruk Tanah

Kalau rumah Anda berada lebih rendah dari permukaan jalan, Anda harus menguruk tanah di sekeliling rumah. Namun kita juga harus tetap mempertimbangkan level lantai rumah kita.

Jika Anda tidak ingin menimbun semua halaman rumah Anda, maka bisa dibuatkan sebuah tanggul di pekarangan rumah yang agak tinggi. Hal tersebut untuk menghindari air masuk ke pekarangan rumah anda.

3. Meninggikan lantai rumah

Meninggikan lantai rumah memang menjadi solusi jitu untuk mencegah banjir masuk kedalam rumah. Namun langkah ini membutuhkan biaya tidak sedikit.

Anda harus mencermati banyak hal seperti, tinggi plafon, utilitas di bawah lantai dan masih banyak renovasi lainnya. Sebab meninggikan rumah sama seperti melakukan renovasi.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


%d bloggers like this: