5 Jenis Batu Bata Yang Sering Di Gunakan

jenis batu bata

5 Jenis Batu Bata Yang Sering Di Gunakan

5 Jenis Batu Bata Yang Sering Di Gunakan
Batu bata merupakan material penting yang digunakan sebagai bahan kontruksi bangunnan seperti tembok,pagar dan elemen lain dari rumah yang tidak menggunakan bahan dasar kayu.Mungkin sebagian dari kita hanya mengetahui kalau batu bata terbuat dari tanah liat saja.Tetapi tahukah anda bahwa batu bata juga ada yang terbuat dari bahan-bahan lainnya.
Jika kita memmbandingkan dengan bahan yang lainnya ternyata batu bata lebih kuat dan tahan lama.Inilah yang menjadi salah satu faktor kenapa banyak orang lebih memilih menggunakan batu bata dibandingkan dengan material lainnya seperti gypsum dan juga bambu.
Sebelum anda menggunakan batu bata sebagai material utama untuk membangun rumah impian anda,sebaiknya anda memperhatikan 5 jenis bata yang sering digunakan orang.Mari simak ulasannya berikut ini.

1. Batu Bata Merah

jenis batu bata
Sumber : Pinterest

Batu bata merah merupakan salah satu jenis batu bata yang hampir sering digunakan oleh banyak orang.Bahkan bata merah sudah digunakan sejak zaman pejanjahan Belanda.Karena kualitas bata merah yang sudah teruji kekuatannya.Bata merah menjadi salah satu material yang wajib digunakan jika anda ingin membangun rumah dan Bata merah juga sangat mudah ditemui dipasaran karena banyak sebagian dari penduduk Indonesia yang berwiraswasta sebagai pembuat bata merah.
Batu bata merah biasanya dibuat dari tanah liat yang dibentuk persegi panjang lalu dibakar dengan  temperatur yang tinggi sehingga kondisi bata merah menjadi benar-benar kering.Ketika sudah mengeras biasanya batu bata merah akan memili warna yang kemerah-merahan.Disamping kekuatannya yang sudah teruji ternyata bata merah juga memiliki kekurangan diantaranya untuk merekatkan batu bata merah diperlukan bahan perekat yang banyak sehingga anda membutuhkan biaya yang cukup banyak dibanding menggunakan batu bata dengan bahan lain untuk membangun rumah.Selain untuk membuat pasangan batu bata terlihat rapih anda juga harus memerlukan plesteran yang cukup tebal agar dinding di rumah anda terlihat rata.

2. Jenis Batu Batako

jenis batu bata
Sumber : Pinterets.com

Berikutnya adalah batako.Batako sendiri biasanya terbuat dari campuran semen dan juga pasir yang asar lalu dicetak dan di press berbentuk persegi.Biasanya batako digunakan untuk membuat gudang,pagar dan pos penjaga.Ukuran batu bata batako lebih besar dibanding batu bata merah hal itu membuat proses pemasangan lebih mudah dan cepat.
Beratnya juga lebih ringan dibandingkan dengan bata merah dan biasanya batako digunakan untuk membuat bangunan yang memiliki 2 lantai seperti ruko.Batu batako juga memiliki rongga sehingga proses pemasangan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan batu bata jenis lainnya.
Batu batako kurang pas jika digunakan di daerah yang memiliki iklim yang tropis karena bahan dari batu bata batako yang dapat menyimpan panas sehingga jika digunakan diwilayah tropis dapat membuat rumah menjadi pengap dan agak panas.Batu bata batako juga mudah retak karena dari bahannya yang hanya menggunakan semen dan pasir kasar.

3. Batu Bata Hebel

jenis batu bata
Sumber : Pinterest

Batu bata hebel mulai banyak digunakan orang Indonesia.Batu bata hebel mulai terkenal di Indonesia karena kemajuan teknologi di bidang material bahan bangunan.Batu bata hebel sendiri terbuat dari proses kimiawi dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat batu bata behel terbuat dari campuran pasir kuarsa,kapur,gypsum dan alumunium pasta sebagai bahannya.Karena pembuatannya di pabrik menjadikan batu bata ini memiliki bentu yang rapih sehingga memudahkan proses pemasangannya.Salah satu kelebihannya adalah batu bata behel juga dapat menyerap panas sehingga kondisi ruangan dirumah anda terasa lebih sejuk.
Namun batu bata hebel juga memiliki kekurangan yaity anda harus menyiapkan semen instan untuk merekatkan batu bata behel.Karena proses pembuatannya di pabrik membuat harganya lebih mahal dibanding batu bata jenis lainnya.
Anda juga harus mempunyai keahlian khusu untuk memasang batu bata ini karena jika tidak hati-hati dapat membuat struktur bangunan menjadi tidak baik.

4. Jenis Batu Bata Berlubang

jenis batu bata
Sumber : Googlek.com

Batu bata jeni ini memiliki lubang silinder dan tergolong jenis batu bata yang memiliki bobot ringan.Sebelum anda memasang batu bata ini pada rangka bangunan,anda merlu mengambahkan sedikit campuran tanah liat agar struktur bangunan terlihat baik. Batu bata jenis ini cukup populer karena proses pembuatannya yang cepat.
Biasa digunakan dalam konstruksi panel untuk struktur ringan dan struktur berbingkai pada sebuah bangunan yang bertingkat, batu  bata berlubang memiliki berbagai macam bentuk; balok, melingkar, dan melintang.
Kalau ingin menggunakan jenis batu bata ini, sebaiknya jarak antara sisi batu bata dengan tepi lubang-lubangnya tidak kurang dari 10mm. Bata juga perlu direndam selama 24 jam dan dikeringkan selama beberapa jam di bawah sinar matahari. Hal ini bertujuan untuk semakin meningkatkan daya tahan batu bata sebelum disusun menjadi sebuah bangunan.

5. Bata Purpose-Made

jenis batu bata
Sumber : Pinterest.com

Dari namanya saja sudah terlihat bahwa batu bata ini memiliki bentuk beragam tergantung kebutuhan. Biasanya, batu bata purpose-made digunakan saat ada kesalahan pembagunan yang harus segera diatasi. Batu bata ini dapat terbuat dari campuran pasir dan tanah liat, biasanya dipasang untuk membantu pemasangan kusen pintu dan jendela.
 
Tergantung bahan pembuatnya, batu bata purpose-made sebenarnya cukup kuat lho. Walaupun umumnya batu bata ini terbuat dari campuran pasir dan tanah liat, ada juga yang menyampurkan bahan-bahan kimiawi lainnya untuk tujuan tertentu seperti pembuatan gedung besar. Batu bata ini memiliki daya tahan dan kompresi tinggi dan untuk menghadapi goncangan-goncangan tertentu. Namun, jenis batu bata purpose-madebiasanya jauh lebih mahal karena tidak mudah didapat.
Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat jangan lupa jika anda membutuhkan jasa kontraktor,desain,arsitek dan renovasi rumah untuk bisa menghubungi dengan klik LINK ini
Dan jangan lupa untuk selalu LIKE fan page kami.Terima Kasih

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


%d bloggers like this: