Bawa Keberuntungan, Ini 8 Cara Memilih Cat Interior Rumah Sesuai Feng Shui

Bawa Keberuntungan, Ini 8 Cara Memilih Cat Interior Rumah Sesuai Feng Shui

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dacore Design. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah dan tips bangunan anda, ikuti kami disini.

Memilih warna cat interior rumah memang nggak bisa asal-asalan. Selain warnanya harus disesuaikan dengan furnitur dan elemen dekorasi yang kamu gunakan, warna cat interior rumah juga harus bisa memberikan atmosfer positif ke dalam ruangan. Masalahnya, warna cat seperti apa sih yang bisa membuat suasana ruangan jadi terasa lebih positif?

Dalam aturan feng shui, cara mendatangkan energi positif ke dalam ruangan melalui warna adalah dengan memperhatikan ke arah mata angin mana tiap-tiap ruangan menghadap. Nantinya, arah mata angin ini menentukan elemen alam jenis apa yang bersesuaian denganya.

Elemen alam yang dimaksud adalah api, air, kayu, tanah, dan logam. Warna cat interior rumah yang dipilih haruslah warna-warna yang berasal dari elemen alam ini.

Menarik ya? Yuk langsung saja simak tips memilih cat inetrior rumah sesuai feng shui berikut ini!

1. Pilih Warna Elemen Kayu untuk Ruangan yang Menghadap ke Arah Timur

Aliran energi positif pada ruangan yang menghadap ke arah timur bisa didatangkan dari penggunaan warna-warna yang mewakilkan elemen kayu. Oleh karena itu warna cat interior rumah yang dapat kamu terapkan di ruangan ini adalah warna hijau, coklat, dan turunan kedua warna tersebut.

Warna cat interior ini melambangkan kesuburan dan keamanan sehingga akan lebih baik diterapkan pada ruang makan, interior ruang tamu, ataupun sebagai pelengkap desain kamar anak. Sirkulasi energi juga akan mengalir lebih baik apabila mendapatkan pencahayaan natural yang memadai.

2. Terapkan Kembali Warna-warna Elemen Kayu Pada Rangan yang Mengarah ke Timur Laut

Elemen kayu masih menjadi elemen alam yang membawa energi positif di area ini. Kamu sebaiknya mempertahankan penggunaan warna-warna cokelat dan juga hijau sebagai pilihan warna cat interior rumah.

Ruangan yang menghadap arah barat daya dipercaya sebagai money area atau ruangan keberuntungan dalam sektor finansial. Oleh karena itu, pilihlah warna cat rumah yang memiliki rona keemasan untuk memperkuat energi tersebut.

3. Masukkan Warna-warna Netral ke dalam Ruangan yang Mengarah ke Barat Untuk area ini, kamu sebaiknya menggunakan warna cat interior rumah yang berasal dari elemen feng shui logam seperti warna abu-abu, putih, dan metalik. Jika kamu memilih warna abu sebagai warna utama, warna-warna logam lainnya bisa kamu ekspresikan melalui dekor ruangan atau finishing furnitur kesayanganmu

Warna cat interior rumah ini dipercaya bisa menjaga konsentrasimu dalam bekerja, maka sebaiknya ruangan di area ini digunakan sebagai ruang kerja atau area belajar.

4. Datangkan Kesan Romantis dari Warna Merah Muda Pada Ruangan yang Menghadap Barat Daya

Pada area ini, ada dua elemen alam yang bisa membawa energi positif ke dalam ruangan, yaitu warna-warna yang mewakili elemen api dan elemen tanah. Cat interior rumah berwarna merah, marun, dan pink bisa mewakili elemen api, sedangkan cat berwarna krem, persik, dan cokelat bisa mewakili elemen tanah.

Agar energi positif bisa mengalir secara maksimal, lakukan kombinasi atau perpaduan warna cat interior rumah dari warna-warna tersebut. Atau, pilih warna yang memiliki rona yang berdekatan seperti perpaduan pink muda dan krem.

5. Gunakan War pada ruangan yang terletak di area Utara dikontrol oleh Elemen Air

Energi pada ruangan yang terletak di area utara dikontrol oleh elemen air. Di sini, gunakan cat interior rumah berwarna biru karena warna cat interior rumah ini melambangkan keharmonisan dan keseimbangan.

Kamu bisa menerapkan warna cat ini pada interior ruang keluarga atau kamar tidur.  Warna pendamping yang bisa digunakan untuk memadukan warna cat interior ini adalah warna hitam, putih, dan abu-abu.

6. Pilih Warna Netral untuk Ruangan yang Menghadap Barat Laut

Bagi kamu para penggemar desain rumah minimalis yang didominasi warna putih, inilah saat yang tepat menggunakan warna cat interior rumah ini. Warna putih mendatangkan energi positif untuk ruangan di area barat laut.

Selain itu, ada baiknya mendatangkan warna elemen logam lain pada perabot atau peralatan rumah tangga di ruangan tersebut, seperti panci yang berwarna metalik di gambar. Hindari penggunaan cat interior rumah berwarna gelap seperti abu-abu tua dan hitam pada area ini.

7. Gunakan Warna-warna Simbol Api Pada Ruangan yang Menghadap Arah Selatan

Warna cat interior rumah yang mewakilkan elemen api seperti marun, ungu, dan merah merupakan warna yang paling tepat untuk menghadirkan energi positif pada ruangan di area ini.

Warna cat interior rumah berelemen kayu juga bisa dipadukan dengan kelompok warna api. Misalnya pada sofa ruangan atau bantal cushion. Hindari menggunakan warna biru sebagai warna cat interior rumah, energi dari elemen api akan padam jika ada elemen air.

8.  Terapkan Kombinasi Warna Tanah dan Api Untuk Ruangan yang Menghadap ke arah Tenggara

Energi positif di wilayah tenggara akan mengalir jika kamu menggunakan dua kombinasi elemen feng shui, yaitu elemen tanah dan api. Kamu bisa menggunakan warna cat interior rumah yang lebih kalem dari kedua elemen tersebut.

Warna yang bisa kamu pilih di antaranya adalah warna oranye, ungu, dan magenta. Warna cat interior ini berhubungan dengan energi spiritual dan dipercaya dapat mendatangkan kedamaian jiwa.

Anda bisa baca artikel kami lainnya disini.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


%d bloggers like this: