Teknik Beton Ekspos pada Finishing Rumah

Teknik Beton Ekspos pada Finishing Rumah

Pada zaman sekarang ini banyak sekali pilihan finishing untuk rumah terutama pada dinding. Tapi apakah anda tahu finishing Beton Ekspos ? Bagi anda yang suka dengan design bernuansa industrial pasti tidak asing dengan Beton Ekspos, Sebenarnya Beton Ekspos ini adalah acian dinding yang dibiarkan seadanya,jadi bisa kita bilang dengan unfinished atau rumah belum jadikesan unfinished memberikan keunikan tersendiri bagi design rumah tersebut. Sebenarnya pada teknik ini adalah dengan mengekspos material semen itu sendiri yang menjadi bahan plesteran pada dinding.
Tentu tidak sembarangan membuat Plesteran biasa menjadi pilihan finishingnya, karena ada teknik agar menghasilkan tekstur yang berbeda pula, contohnya sebagai berikut :

  1. Plesteran Biasa, Setelah di plester biasa, plesteran akan di biarkan begitu saja tanpa diberikan acian, dengan teknik ini akan memberikan kesan yang lebih kasar namun tetap merata karena plesteran sudah digosok hingga rata.
  2. Plesteran Kamprot Teknik ini akan menghasilkan bidang permukaan yang kasar dan bertekstur. Semen yang digunakan pun harus semen yang berkualitas, karna jika tidak, tekstur nya akan mudah rontok, dan pengerjaannya pun lebih sulit daripada plesteran bisa.
  3. Acian Halus Teknik ini yang paling sering digunakan, adalah dengan mengaplikasikan semen+air dan di ratakan di plesteran secara merata, akan menghasilkan warna keabu abuan yang Doft(tidak Mengkilat).
  4. Tali Air Jika anda ingin mengaplikasikan beton ekspos di bidang yang cukup luas, lebih baik menggunakan tali air agar menghasilkan aksen bidang yang lebih kecil dan akan memberikan kesan seolah menggunakan lempengan beton pra cetak

Begitu beberapa teknik untuk menghasilkan kesan Beton ekspos.
Tentu dari semua Finishing akan ada Kelebihan dan kekurangannya, begitupun dengan Beton Ekspos ini. Berikut Ulasannya
Kelebihan Menggunakan Beton Ekspos

  1. Karena tidak menggunakan tambahan Finishing seperti Cat atau Wallpaper, tentunya biayanya lebih terjangkau
  2. Akan menghasilkan tekstur dan kesan alami pada rumah
  3. Untuk Perawatan pun tidak Sulit dan tidak memerluan biaya yang banyak
  4. Warna ke abu abuan akan lebih menonjolkan bentuk bagunan itu sendiri

Kekurangan Menggunakan Beton Ekspos

  1. Mudah ditumbuhi jamur, terutama pada tekstur yang kasar, bisa menggunakan coating dengan warna clear utuk mencegahnya
  2. menggunakan tukang yang memang sudah ahli dalam mengerjakannya agar lebih rapih pengerjaannya

 

Pengaplikasian Beton Ekspos di kamar
Sumber : Pinterest

 
 
 
 
 
 
Sekian untuk Artikel kami tentang Beton Ekspos, semoga bisa memberikan inspirasi bagi anda yang bingung untuk memilih Finishing untuk rumah anda. Ingin tau inspirasinya lebih banyak  ? Yuk Klik Disini
Untuk Inspirasi lainnya bisa mengunjungi FB Kami di Facebook dan Instagram
Sumber : arsitekdansipil.blogspot.co.d, majalah asri.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


%d bloggers like this: