Flooring Menggunakan Kayu Jati Emas

Flooring Menggunakan Kayu Jati Emas

Jati Emas – Apa yang Anda ketahui tentang kayu jati emas?
Jati emas atau dalam bahasa inggrisnya gold teak adalah kayu jati yang biasa digunakan dalam pembuatan furniture dan lantai. Kayu jati ini berasal dari Australasia. Terkadang kayu ini dijual sebagai kayu “jati brasil”. Terdapat noda dibagian kayu.
Tanaman ini dapat tumbuh baik di daerah yang memiliki curah hujan 1500-2000 per tahun. Sedangkan tanah yang baik untuk tumbuh jati emas adalah yang mempunyai pH 4,5 – 7 dan memiliki kadar air yang tidak terlalu banyak.
Seperti kayu jati pada umumnya, jati emas tumbuh secara perlahan dan terus menerus. Batang kayu jati ini sangat padat dan kokoh. Daya tahannya lebih baik dari pada kayu lain sehingga harga kayu ini lebih mahal dibandingkan dengan kayu jati jenis lain. Kayu ini memiliki beratlebih ringan dan batangnya lebih gelap.
Jati emas atau golden teak juga memerlukan perawatan agar awet dan kondisinya tetap bagus. Hal yang perlu dilakukan agar kayu tetap awet yaitu membersihkanya dengan kain yang dibasahai dengan air hangat dan memberikan sedikit minyak jati.
Jati emas atau golden teak juga cocok untuk membuat hiasan dan bahan dalam pembuatan lantai rumah. Sebelum dibuat untuk flooring kayu jati perlu diadakan seleksi dahulu, ukuran kayu yang akan digunakan harus sama dan jika terdapat pulur maka tidak masuk dalam seleksi. Finishing kayu juga harus rata dan sesuai dengan warna asli kayu.
 
Sumber: http://www.denimameubelen.com/artikel/flooring-menggunakan-kayu-jati-emas/

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


%d bloggers like this: