Kekurangan Laminate Parquet

Kekurangan Laminate Parquet

Kekurangan Laminate Parquet

Kekurangan Laminate Parquet

Parket merupakan sebuah lantai kayu yang biasa diterapkan dengan tujuan untuk meningkatkan estetika dan interior pada sebuah bangunan. Parket sendiri memiliki beberapa jenis pilihan yang dapat digunakan untuk menghiasi lantai rumah anda.

Ada beberapa jenis Parket yang bisa anda jadikan pilihan untuk menghiasi lantai rumah impian anda.

berikut jenis parket beserta keunggulan nya:

1. Parket Solid (Solid Wood)

Parket solid merupakan salah satu jenis yang mempunyai bahan dasar kayu dan biasanya terbuat dari jenis kaya yang memiliki sifat keras seperti kayu jati, kayu ulin dan lainnya. Biasanya berbentuk kepinganan kecil berukuran sedang dengan tebal rata-rata antara 5-10 mm dan disusun membentuk pola moziak. Jenis kayu solid mampu bertahan dan bisa bertambah baik tampilannya sepanjang umur bangunan rumah. Parket ini dibuat dari potongan-potongan kayu kecil.

Kelebihan Parket Solid (Solid Wood): Biasanya parket solid dapat berumur panjang dan tampil dengan baik seiring bertambahnya usia dari kayu tersebut. Dalam segi penampilan dapat terlihat lebih mewah.

Kekurangan Parket Solid (Solid Wood): Harus memerlukan perawatan yang tepat demi menjaga kualitas dan serangan rayap yang dapat menghancurkan parket jenis solid. Jika dipandang dari sudut harga parket jenis ini memiliki harga yang relatif lebih mahal.

2. Engineered Parquet

Tampilan utama dari parket jenis ini utamanya hanya berupa laposan tipis yang biasa disebut lantai ply dari kayu asli sedangkan dibawahnya berupa jenis kayu lain yang kualitasnya lebih renda. Dengan proses engineering, parket ini dibuat dengan tujuan menghasilkan parket yang lebih murah

Kelebihan Engineered Parquet: Parket jenis ini mempunyai keunggulan dari segi harga dibandingkan dengan jenis parket yang lain dan dapat diperbaharui jika terjadi kerusakan pada bagian tertentu.

Kekurangan Engineered Parquet: Dengan harga yang lebih murah pasti ada penurunan dari segi kualitas dan karakter kayu nya ya.

3. Parket Laminating (Laminate Parquet)

Parket dari bahan kayu laminate tersebut terbuat dari serbuk kayu dengan metode pressing. Parket ini tidak terbuat dari kayu sungguhan, melainkan terbuat dari bahan MDF (Medium Density Fiberboard) atau biasa kita kenal dengan bahan fiber yang dibuat dengan motif kayu. Perbedaannya hanya dari sisi tampilan, parket dari kayu laminate cenderung glossy (berkilau) sehingga lantainya cenderung licin dan tidak terlalu terkesan seperti terbuat dari kayu.

Kelebihan Parket Laminating (Laminate Parquet): Parket ini cocok untuk bagian rumah anda yang membutuhkan perubahan suasana tanpa biaya lebih banyak dan harga tidak semahal parket solid diatas.

Kekurangan Parket Laminating (Laminate Parquet): Permukaan yang cenderung licin, karena fisiknya bukan kayu asli ya, kualitasnya perlu lebih diperhatikan dan juga harus rajin diganti bila terjadi kerusakan.

Nah setelah kita mengetahui macam-macam jenis lantai kayu di atas beserta kelebihan dan kekurangannya, kini saat nya anda untuk memilih lantai kayu apa yang terbaik untuk anda. Karena semua orang punya gaya dan kesukaan masing-masing kan. yang terpenting adalah bagaimana kita menjaga dan merawat lantai kayu kita agar tahan lama dan tetap keren seperti yang kita harapkan. di postingan selanjutnya kita akan bahas cara-cara dan trik untuk merawat lantai kayu kita.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


%d bloggers like this: