Kelebihan dan Kekurangan Papan MDF

Kelebihan dan Kekurangan Papan MDF

Kelebihan dan Kekurangan Papan MDF

Kelebihan dan Kekurangan Papan MDF

Hampir semua hunian memiliki furnitur yang dibuat menggunakan kayu karena cocok dengan segala gaya interior. Beberapa furnitur tersebut di antaranya adalah lemari, meja, kursi, laci, dan rak. Sedangkan salah satu olahan kayu yang sering digunakan adalah papan MDF.

Papan MDF ini mungkin terdengar asing di telingamu, oleh karena itu mari mengenalnya lebih dalam beserta dengan kelebihan dan kekurangannya berikut ini!

1. Apa itu papan MDF?

Papan MDF (Medium Density Fiber) adalah olahan kayu berupa papan yang marak digunakan sebagai pengganti dari plywood. Plywood sendiri memiliki permukaan yang mudah retak dan cukup kasar sehingga tidak begitu indah hasil akhir furniturnya.

Papan MDF ini biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan furnitur. Permukaannya halus, ikatan partikel-partikel kayunya sangat kuat, dan beratnya cukup ringan. Kamu bisa memindahkannya dengan mudah di kemudian hari.

2. Proses pembuatan papan MDF

Proses pembuatan papan MDF terbilang cukup panjang dan rumit. Pertama-tama batang pohon dalam berbagai ukuran dibersihkan dari kulitnya.  Kemudian batang pohon ini dipotong-potong dengan perkiraan ukuran diameter 20 cm dan panjang 100 cm.Selanjutnya batang kayu dimasukkan ke dalam mesin khusus untuk diubah menjadi serpihan kecil. Kemudian serpihan kecil kayu ini direbus hingga menjadi lunak dan lembut. Jika teksturnya sudah tepat dengan standar, maka serpihan-serpihan kayu ini akan dicampur lilin dan lem lalu masuk ke dalam proses pressing.

Pada saat proses pressing, serpihan kayu akan keluar menjadi sebuah papan dengan ukuran standar internasional, yakni 1220 x 2440 mm. Permukaan papan MDF bagian atas dan bawah memiliki tingkat kekilapan yang berbeda. Bagian yang lebih mengkilap akan diletakkan di bagian luar agar hasil jadi furnitur menjadi indah.

3. Kelebihan papan MDF

Setelah dipotong menjadi ukuran tertentu, batang kayu wajib melewati proses screening. Pada proses ini magnet berkekuatan tinggi digunakan untuk mencari serpihan-serpihan besi seperti paku, sekrup, patahan gergaji, dan sebagainya yang masih tertinggal pada batang kayu. Dengan demikian, mesin pembuatan papan MDF tidak akan mengalami kerusakan.

Papan MDF memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan papan kayu jenis lainnya. Di antaranya adalah memiliki permukaan yang lebih halus sehingga bisa mempercantik aneka furnitur. Jika ditambahkan cat, maka hasilnya akan sempurna karena tidak ada permukaan yang berlubang atau berpori-pori besar.

Bahan papan MDF juga terbilang ringan sehingga cocok dijadikan meja kantor dan rak. Jika sewaktu-waktu ingin memindahkan posisinya, kamu bisa melakukan sendiri tanpa bantuan banyak orang. Meski bobotnya ringan, nyatanya papan MDF ini tergolong kuat sehingga cocok dijadikan lemari berukuran besar.

4. Kekurangan papan MDF

Dibalik berbagai kelebihannya, ternyata papan MDF memiliki kekurangan yang tidak jauh berbeda dengan papan kayu lainnya. Di antaranya adalah mudah menyerap air. Hal ini akan menimbulkan masalah karena furnitur akan menjadi lembap dan mudah lapuk. Jadi kamu harus menempatkan furnitur dari papan MDF di tempat yang bebas dari jangkauan air.

Masalah berikutnya adalah papan MDF ini tidak terlalu kuat untuk mengikat paku ataupun skrup pada bagian yang tebalnya. Lem putih juga tidak bisa digunakan untuk merekatkan bagian permukaan yang mengkilap. Untuk perakitan, sebaiknya serahkan kepada pekerja profesional.

5. Bahaya dari papan MDF

Tidak hanya kelebihan dan kekurangan, papan MDF ternyata memiliki dampak berbahaya bagi para pekerja dan pengguna. Pasalnya papan MDF ini memiliki debu tipis pada bagian permukaannya. Hal ini bisa menyebabkan asma dan gangguan pernafasan lainnya.

Solusinya, para pekerja wajib menggunakan masker pada saat mengerjakannya. Untuk para pengguna furnitur dari papan MDF ini sebaiknya buka bagian pintu dan laci selama beberapa hari sebelum digunakan. Fungsinya agar debu dan kandungan formaldehyde menghilang.

Nah, itulah Kelebihan dan Kekurangan Papan MDF. Semoga dengan mengetahui tips dan trik tersebut bisa membantu anda. Kalau kamu kesulitan menentukan pilihan yang terbaik untuk kantor atau rumahmu, tim dacore siap membantu! siap menangani masalah build, renovasi, furniture dan design interior kamu. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu! Jangan pusing lama-lama, segera e-mail ke Dacoredesign@gmail.com dan kamu akan dihubungi kembali maksimal 2 X 24 jam. Semoga Kelebihan dan Kekurangan Papan MDF bisa membantu anda jika anda ingin tahu lebih banyak lagi silahkan subscribe kami.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


%d bloggers like this: