Interior kantor yang estetik punya peranan penting dalam memberikan kesan bagi tamu sekaligus memberi kenyamanan bagi karyawan yang bekerja. Oleh sebab itu, interior kantor biasanya didukung untuk mendukung aktivitas dan kenyamanan karyawan yang bekerja. Bahkan tak jarang kantor didesain dengan dekorasi yang merepresentasikan identitas perusahaan. Nah, bagi Anda yang lagi mencari jasa kontraktor interior kantor Jakarta, ini dia 5 tips yang perlu Anda perhatikan!

Tentukan Kisaran Budget untuk Interior

Menentukan kisaran budget atau anggaran menjadi hal penting yang harus dilakukan sebelum memilih jasa kontraktor interior kantor Jakarta. Tujuannya biar proyek desain ini bisa berjalan dengan lancar dan tidak overbudget alias melebihi anggaran. Adanya anggaran bisa Anda jadikan patokan dalam memilih vendor jasa kontraktor, serta menentukan desain dan material interior. 

Anggaran merupakan bagian dari perencanaan, jadi harus dilakukan serinci mungkin. Mulai dari skala proyek, desain dan konsep interior, bahan material, jenis furniture, tenaga kerja, sampai waktu penyelesaiannya. Intinya, semakin rumit desain dan konsep interior dan semakin berkualitas bahan material yang digunakan, maka biayanya semakin mahal. 

Periksa Portofolio Vendor Jasa Kontraktor

Vendor jasa kontraktor interior kantor Jakarta yang profesional tuh ada banyak banget! Pertanyaannya, gimana caranya Anda bisa menemukan jasa kontraktor terbaik sesuai kebutuhan kita? Nih, kita spill rahasianya : manfaatkan portofolio vendor!

Portofolio vendor jasa kontraktor biasanya akan dikirimkan dalam bentuk penawaran. Isinya meliputi identitas atau company profile, dan referensi proyek yang sudah pernah digarap oleh vendor. Tugas Anda adalah memastikan desain dan konsep interior yang Anda inginkan sudah pernah digarap oleh vendor. Sebab kalau vendor sudah pernah menggarap proyek serupa, maka besar kemungkinan desain dan konsep yang Anda inginkan bisa terwujud. 

Selain itu, bagi Anda yang masih rancu menentukan desain dan konsep interior kantor, melihat portofolio juga bisa memberi inspirasi lho! Tips ini juga bisa digunakan ketika Anda sudah sreg dengan vendor namun desain yang diinginkan belum ada di portofolio. 

Jangan Lewatkan Sesi Konsultasi dan Diskusi

Tips ketiga ini bisa Anda gunakan ketika Anda sudah sreg dengan vendor. Misalnya Anda sudah pernah bekerja sama dengan vendor jasa kontraktor interior kantor Jakarta tersebut sebelumnya, atau melalui rekomendasi teman. Pastikan Anda tidak melewatkan sesi konsultasi dan diskusi. 

Sesi konsultasi dan diskusi ini biasanya dilakukan di awal, baik sebelum proyek deal atau sesudahnya, selama proyek belum berjalan. Sebab melalui sesi ini, Anda bisa mendiskusikan konsep desain sesuai kebutuhan Anda. 

Hal penting yang harus Anda lakukan selama sesi berlangsung, yakni memastikan vendor paham gaya dan fungsionalitas ruang kantor yang diinginkan. Pasalnya, desain yang Anda inginkan belum tentu plek sama dengan proyek yang pernah digarap oleh vendor.

Periksa Ulasan dan Reputasi Vendor

Bukan hanya portofolio, Anda juga perlu memeriksa ulasan dan reputasi vendor di mata klien-klien yang terdahulu. Dengan mengetahui ulasan dan testimoni klien terdahulu, maka Anda bisa mengetahui sejauh apa mereka puas terhadap kinerja vendor. Selain itu, dengan mengetahui ulasan dan testimoni klien Anda juga bisa mengetahui prosedur dan cara kerja vendor dan profesionalisme kontraktor. 

Pastikan Anda memilih vendor jasa kontraktor dengan ulasan dan reputasi yang baik dan terpercaya. Jika perlu, pastikan juga Anda memilih vendor yang terbukti fast respon dan memiliki komunikasi yang bagus, serta tanggap menyelesaikan masalah. Pasalnya, kita tidak pernah tahu seperti apa kendala-kendala yang terjadi di lapangan saat proyek pembangunan berlangsung. Apabila vendor cepat tanggap maka segala permasalahan bisa terselesaikan dengan baik. 

Buat Perjanjian Tertulis yang Sifatnya Mengikat

Selama sesi diskusi dan konsultasi, biasanya ada deal-deal tertentu yang disepakati antara Anda dan vendor. Nah, agar poin-poin tersebut benar-benar ditepati, maka penting bagi Anda untuk membuat perjanjian tertulis yang bersifat mengikat. Supaya hak dan kewajiban dari dua belah pihak bisa sama-sama dilakukan. 

Perjanjian tertulis yang dimaksud disini biasanya dikenal dengan istilah kontrak kerja. Tujuannya adalah mencegah ada pihak yang dirugikan, antara Anda dan vendor. Kontrak ini nantinya akan memuat jelas berbagai hal seputar timeline pengerjaan, biaya yang harus Anda bayar, dan detail pekerjaan. Jika Anda dan vendor sepakat dengan pembayaran termin, pastikan kontrak memuat kapan dan berapa persen yang dibayarkan untuk masing-masing termin. 
Nah, jadi itulah 5 tips yang perlu Anda perhatikan saat memilih vendor jasa kontraktor interior kantor Jakarta. Bagi Anda yang butuh vendor kontraktor interior Jakarta yang kerjanya profesional dan sudah berpengalaman, Dacore bisa jadi rekomendasi nih! Buruan cek website nya di dacore.id  atau konsultasi terlebih dahulu via Whatsapp di nomor wa.me/628111901060.