Tips Memilih Kontraktor Bangunan Yang Terpercaya

Tips Memilih Kontraktor Bangunan Yang Terpercaya

Membangun rumah tentu membutuhkan jasa kontraktor bangunan yang dapat dipercaya. Kontraktor bangunan yang terpercaya selalu melalui 3 (tiga) tahap proses berikut :
1. Tahap perencanaan
Dalam tahap perencanaan, biaya yang dibayarkan adalah sebesar 5% (lima persen) dari RAB termasuk pembangunan infrastuktur lain apabila diperlukan. Waktu yang dibutuhkan untuk tahap perencanaan berkisar antara 1-2 bulan, diluar pengurusan izin. Pastikan Anda membayar secara bertahap sesuai dengan kemajuan proses tahapan tersebut. Fungsi perencanaan ini adalah menentukan luas, bentuk, konsep, dan tata letak ruang bangunan. Biasanya pihak kontraktor akan memberikan toleransi beberapa kali revisi desain apabila tidak cocok dengan Anda sebagai pengguna jasa. Dalam tahap ini, pihak perencana akan menyerahkan gambar desain dan gambar kerja bangunan. Jangan lupakan tata letak stop kontak dan saklar dalam ruangan karena dapat juga mempengaruhi besarnya RAB. Jenis material juga harus Anda perhatikan. Sebaiknya Anda mengetahui di awal jenis material atau merek material yang digunakan, seperti cat, keramik, kran air, gypsum, dan lainnya. Hindari penurunan spesifikasi material karena akan membuat daya tahan bangunan Anda menurun. Hal ini juga dapat menyebabkan kesan mahal dalam perawatan bangunan di kemudian hari.
2. Tahap pengerjaan
Dalam tahap pengerjaan, biaya yang dibayarkan adalah sebesar 10% (sepuluh persen) dari total RAB. Waktu yang dibutuhkan untuk tahap pengerjaan tergantung dari besar bangunan. Untuk bangunan dengan luas ± 100 meter persegi, waktu pembangunan biasanya berkisar antara 9 – 14 bulan. Pastikan Anda membayar bertahap sesuai kemajuan proses pengerjaannya. Biasanya kontraktor di awal pengerjaan membutuhkan 30 – 40 % dana RAB. Sebelum pengerjaan dimulai, pastikan Anda sudah menyetujui gambar kerja dan desain yang direncanakan. Anggaran yang harus dipersiapkan untuk pembangunan rumah adalah mulai dari Rp 3,5 juta – 6 juta per meter persegi. Sedangkan untuk ruko bisa lebih murah.
3. Tahap pengawasan
Dalam tahap pengawasan, biaya yang dibayarkan adalah sebesar 5% (lima persen) dari total RAB. Fungsi pengawasan adalah mengawasi pembangunan berjalan sesuai desain dan RAB yang telah dibuat.
Apabila Anda membutuhkan konsultasi untuk jasa kontraktor bangunan dan pekerjaan interior, Anda bisa menghubungi kantor kami di 08111901060 atau 087771144767. DACORE melayani pekerjaan untuk area Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor, dan Bekasi.
Sumber: http://persadaland.com/item/260-tips-memilih-kontraktor-bangunan-yang-terpercaya

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


%d bloggers like this: