Mempunyai tempat tinggal atau rumah sendiri tentu merupakan salah satu impian semua orang. Tapi untuk mewujudkannya lebih baik beli rumah jadi atau bangun rumah dari awal ya..

DACORE – Lebih Baik Beli Rumah Jadi atau Bangun Rumah Dari Awal

Mempunyai tempat tinggal atau rumah sendiri tentu merupakan salah satu impian semua orang. Jika dipikir-pikir memiliki rumah sendiri akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan menyewa rumah atau kontrakan. Biaya yang dikeluarkan pun jika dihitung tidak berbeda jauh.

Ada berbagai macam pilihan yang bisa dipilih untuk memiliki rumah impian. Selain dengan membeli rumah, baik dengan cara KPR ataupun bukan, kamu juga bisa membangun rumah impianmu dari awal.

Untuk membangun rumah impianmu dari awal ataupun renovasi rumah yang sudah dibeli, percayakan semua kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Jadi lebih baik beli rumah jadi atau bangun rumah dari awal? Sebelum kamu memutuskan pilihan, simak dulu informasi diantara keduanya.

Membeli Rumah Jadi

Sumber: Pinterest

Kelebihan Beli Rumah Jadi

1. Punya Waktu untuk Menabung

Membeli rumah yang sudah jadi membuat kamu jadi punya waktu untuk menabung atau mengumpulkan uang. Kamu jadi bisa menentukan sendiri kapan harus membeli rumah dengan menghitung uang yang disimpan dari pendapatan kamu setiap bulannya.

Sebelum membeli rumah pun kamu punya waktu untuk mencari dan melakukan survey terlebih dahulu rumah yang menurut kamu wilayahnya dekat dan harganya sesuai dengan uang yang bisa atau telah kamu tabung.

2. Sudah Terima Beres

Salah satu kelebihan dari membeli rumah yang sudah jadi adalah kamu sudah terima beres rumah tersebut ketika kamu sudah sepakat dan membayar uang muka kepada pemilik rumah atau Developer. Kamu sudah bisa menempati rumah tersebut jika semua dokumen sudah diurus dan diterima.

Hal ini tentu berbeda dibanding kamu membangun rumah dari awal, kamu masih harus memikirkan biaya tak terduga dan perlu menunggu beberapa waktu untuk menempatinya.

Kekurangan Beli Rumah Jadi

1. Tidak Sesuai dengan Selera

Salah satu kekurangan dalam membeli rumah yang sudah jadi yaitu desain rumah yang kurang atau tidak sesuai dengan selera kamu. Apalagi jika rumah yang dibeli berada di komplek, desain rumah kamu akan sama dengan rumah lainnya yang berada di satu komplek.

Jika ingin memiliki rumah yang sesuai dengan selera, kamu perlu melakukan renovasi kembali. Hal ini tentu memerlukan biaya tambahan.

2. Bunga Pinjaman yang Besar

Jika kamu membeli rumah secara kredit atau KPR, kamu perlu membayar cicilan pokok dan ditambah bunga setiap bulannya. Bunga yang perlu kamu bayar tergantung pada ketetapan bank yang bekerjasama dengan pihak developer. Jika dihitung-hitung total bunga yang perlu dibayar cukup besar.

Bangun Rumah Dari Awal

beli rumah jadi atau bangun dari awal
Sumber: Pinterest

Kelebihan Bangun Rumah dari Awal

1. Lahan bisa Digunakan Sebelum Dibangun

Salah satu kelebihan dari membangun rumah dari awal adalah lahan yang bisa digunakan terlebih dulu untuk membuka usaha, berkebun atau beternak. Hal itu tentu dapat menambah pemasukan untuk membangun rumah nantinya.

2. Sesuai dengan Selera

Membangun rumah dari awal memiliki keuntungan karena bisa menentukan desain rumah sesuai dengan selera. Kamu bisa menyesuaikan desain rumah dengan biaya yang kamu miliki.

Dengan memiliki rumah yang tampilannya sesuai selera tentu akan menambah kenyamanan dan kepuasan kamu ketika menempatinya nanti.

Kekurangan Bangun Rumah dari Awal

1. Proses Pembangunan yang Rumit

Saat memutuskan untuk membangun rumah dari awal, prosesnya tentu akan sangat rumit dimulai dari merancang konsep dan desain bangunan, mencari tukang dan arsitek, mengawasi proses pembangunan sampai mengurus dokumen kepemilikan rumah. Kamu perlu mengurus semuanya sendirian.

Proses yang rumit saat membangun rumah dari awal tentu akan sangat menguras waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika kamu memiliki pekerjaan yang cukup sibuk, kesibukan kamu pastinya akan semakin bertambah.

Supaya proses pembangunan rumahmu tidak rumit dan tetap berjalan lancar ditengah kesibukanmu, kamu bisa mempercayakan pembangunannya kepada DACORE, jasa kontraktor bangun rumah profesional dan terpercaya yang sudah berpengalaman bertahun-tahun menangani berbagai macam proyek.

2. Biaya yang Lumayan Besar

Membangun rumah dari awal itu artinya kamu perlu mempersiapkan biaya yang lumayan besar. Biaya tersebut mencakup bahan bangunan, tukang, arsitek, hingga pengurusan dokumen. Belum lagi jika kamu perlu mencari lahan untuk membangun rumahmu, kamu perlu melakukan survey dan memperhitungkan biayanya dengan benar.


Dari informasi yang diberikan di artikel ini, kamu jadi bisa menentukan pilihan yang lebih cocok dengan kebutuhanmu.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *