Emas merupakan salah satu produk investasi yang paling populer. Emas merupakan produk investasi yang aman dan terpercaya karena sudah ada sejak dulu. Untuk mendapat keuntungan, perlu cara investasi emas yang benar.

DACORECara Investasi Emas

Ada berbagai macam investasi yang bisa dipilih untuk tujuan mengamankan uang ataupun mendapat keuntungan di masa depan. Diantara begitu banyak pilihan aset investasi, emas merupakan salah satu produk investasi yang paling banyak dipilih. Hal itu bisa dilihat dari nilai kapitalisasi pasar emas yang mencapai $11.255 Triliun di seluruh dunia. Jumlah tersebut menjadikan emas sebagai aset dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia. Unggul jauh dibanding dengan aset lain.

Berdasarkan nilai kapitalisasi pasar yang begitu besar, bisa disimpulkan jika emas merupakan produk investasi yang cukup aman dan sudah terpercaya. Emas sudah dipercaya sebagai produk investasi selama bertahun-tahun dan terbukti mampu mengamankan keuangan dari kenaikan inflasi. Selain itu emas juga merupakan salah satu produk investasi yang liquid atau mudah dicairkan. Kamu bisa menjual emas kapan saja dan dimana saja saat kamu membutuhkan dana.

Keuntungan bisa didapat jika cara investasi emas yang dilakukan benar. Namun sebaliknya bisa mengalami kerugian jika cara yang kamu lakukan salah dan terkesan asal. Banyak orang mengalami kerugian saat berinvestasi emas karena menginginkan keuntungan dalam jangka pendek. Pengetahuan yang minim akan pergerakan harga emas juga jadi salah satu faktor banyak orang mengalami kerugian karena menjual emas saat nilainya mengalami penurunan dari nilai saat dibeli.

Bingung mau buat desain rumah impian yang sesuai dengan kemauan? Percayakan aja kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Bagaimana cara berinvestasi emas yang benar? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Cara Investasi Emas Yang Benar

1. Tentukan Tujuan Investasi Emas

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, kamu perlu menentukan tujuan dari investasi tersebut. Dengan tujuan yang jelas, kamu bisa memilih investasi yang sesuai dengan tujuanmu. Jika kamu memilih untuk investasi emas, kamu perlu memiliki tujuan untuk jangka panjang. Pergerakan harga emas terbilang lambat, karena kapitalisasi pasarnya yang besar. Untuk merasakan keuntungan dari investasi emas, diperlukan waktu setidaknya 10-20 tahun.

2. Beli Emas di Tempat Terpercaya

Investasi perlu dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Dalam investasi emas, lebih baik jika kamu membeli emas di tempat yang terpercaya dan memiliki legalitas. Pastikan jika emas yang kamu beli memiliki dokumen yang lengkap dan terjamin keasliannya. Jika kamu membeli emas di sembarang tempat, bukan tidak mungkin emas yang kamu beli tersebut ternyata palsu dan akhirnya membuatmu jadi rugi.

3. Pantau Perkembangan Harga Emas Secara Berkala

Kata siapa harga emas selalu naik? Kenyataannya emas juga mengalami kenaikan dan penurunan harga juga loh. Oleh karena itu memantau perkembangan harga emas perlu dilakukan ketika kamu ingin berinvestasi emas. Memantau perkembangan harga emas secara berkala dilakukan untuk mendapatkan harga terbaik saat membeli dan menjual emas. Tentu saja dengan mendapatkan harga terbaik, kamu dapat memaksimalkan keuntungan yang didapat.

4. Jangan Tergiur Harga Emas Yang Lebih Murah Dari Harga Asli

Jika kamu menemukan emas yang dijual dengan harga lebih murah dari harga aslinya, kamu perlu berhati-hati. Bisa jadi itu merupakan salah satu modus penipuan yang dilakukan untuk menarik minat calon korbannya. Beli emas dengan harga yang sesuai dengan harga pasar di tempat yang sudah terpercaya.

5. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Dalam melakukan investasi, kamu perlu menyesuaikan dengan kemampuan finansial yang kamu miliki. Jangan melakukan investasi dengan uang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Lakukan investasi dengan dana yang memang sudah dialokasikan untuk kebutuhan investasi. Pastikan juga kamu memiliki tabungan atau dana darurat sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Walaupun investasi yang kamu pilih aman dan terpercaya, resiko tetap selalu ada meski kecil.

6. Simpan Emas di Tempat Yang Aman

Dibanding produk investasi lainnya, emas merupakan produk investasi yang memiliki bentuk fisik dan ukurannya yang relatif kecil. Resiko kehilangan tentu saja bisa terjadi saat kamu memilih investasi dalam bentuk emas. Kamu perlu menyimpan emas di tempat yang aman untuk mencegah resiko terjadinya kehilangan atau pencurian.

7. Pilih Emas Batangan Dibanding Emas Perhiasan

Masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat investasi emas dengan membeli emas dalam bentuk perhiasan. Padahal harga emas perhiasan cenderung lebih murah saat dijual kembali. Hal itu karena emas perhiasan merupakan hasil leburan dan ada biaya pembuatan perhiasan tersebut. Oleh karena itu emas perhiasan tidak cocok jika digunakan sebagai investasi. Pilih emas batangan yang memiliki nilai lebih stabil dan mengikuti harga pasaran karena memiliki kandungan emas murni.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *