Kebakaran rumah merupakan salah satu hal yang ingin dihindari tentunya. Terjadinya kebakaran rumah seringkali diakibatkan oleh hal yang dianggap sepele. Hal tersebut bisa diminimalisir dengan mengetahui cara mencegah terjadinya kebakaran rumah.

mencegah kebakaran rumah
Sumber: Pinterest

DACORECara Mencegah Kebakaran Rumah

Datangnya musibah tentu tidak diinginkan oleh semua orang, apalagi jika itu bisa berdampak pada lingkungan sekitar. Seperti pada kebakaran rumah yang sering sekali terjadi, biasanya tidak hanya terjadi pada satu rumah saja. Kadang rumah lain di sekitarnya ikut terbakar juga. Kebakaran rumah bisa merembet dengan cepat ke rumah sekitarnya karena banyak faktor, seperti angin kencang dan penanganan awal kebakaran yang buruk.

Sangat penting untuk mengetahui cara mencegah terjadinya kebakaran rumah agar tidak membesar apalagi sampai merembet ke rumah lain disekitarnya. Mungkin banyak yang tidak sadar jika kebakaran berawal dari hal sederhana yang sering kamu anggap sepele. Hal sepele tersebut dapat memicu munculnya api yang kemudian membesar karena terkena barang-barang yang ada di dalam rumah.

Bingung mau pilih desain interior rumah yang bagus? Percayakan aja kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Bagaimana cara mencegah terjadinya kebakaran di rumah? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Cara Mencegah Terjadinya Kebakaran

1. Rutin Memeriksa Kelistrikan di Rumah

Terjadinya kebakaran banyak terjadi akibat adanya korsleting listrik di rumah. Korsleting listrik merupakan hubungan arus pendek yang terjadi saat aliran listrik yang mengalir tidak sesuai dengan nilai hambatannya. Hubungan arus pendek itu menyebabkan terjadinya lonjakan arus listrik yang besar, hingga menimbulkan percikan api dan ledakan yang besar. Rutin memeriksa kelistrikan di rumah merupakan salah satu cara untuk menghindari terjadinya korsleting listrik yang menjadi penyebab kebakaran.

2. Cabut Alat Elektronik yang Tidak Digunakan

Korsleting listrik merupakan penyebab umum terjadinya kebakaran rumah. Selain diakibatkan oleh kabel-kabel listrik yang tidak diperiksa secara rutin. Kebiasaan membiarkan alat elektronik menempel pada colokan listrik saat tidak digunakan juga bisa mengakibatkan korsleting listrik. Hal tersebut tentu bisa berbahaya, karena jadi penyebab awal terjadinya kebakaran jika tidak cepat ditangani.

3. Jangan Tinggalkan Api Tanpa Pengawasan

Meninggalkan api tanpa pengawasan bisa menjadi penyebab terjadinya kebakaran rumah. Hal ini sering terjadi saat kamu sedang membakar sampah atau membuat api untuk panggangan di halaman belakang rumah. Api yang kamu kira kecil dan tidak berbahaya, jika ditinggalkan tanpa pengawasan bisa saja menjadi besar dan berbahaya. Akibatnya api yang membesar tersebut sulit dipadami dan merembet hingga bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.

4. Jauhkan Benda Yang Mudah Terbakar Dari Api

Terjadinya kebakaran rumah bisa disebabkan oleh hal yang terlihat sepele. Seperti bara dari obat nyamuk bakar yang tidak sengaja membakar benda-benda didekatnya. Jika kamu tidak menyadari benda-benda itu terbakar, bukan tidak mungkin akan muncul api yang besar dan dapat merembet kemana-mana. Selalu jauhkan benda yang mudah terbakar dari api. Tempatkan obat nyamuk bakar di sudut ruangan yang jauh dari benda-benda yang mudah terbakar. Hindari menempatkan cairan yang mudah terbakar seperti bensin didekat sumber api seperti kompor.

5. Hindari Merokok Di Dalam Rumah

Kebiasaan merokok didalam rumah termasuk hal yang harus dihindari. Selain karena asap rokok yang berbahaya bagi kesehatan orang lain yang tidak sengaja menghirupnya. Merokok didalam rumah juga lebih berpotensi menimbulkan benda-benda dirumah terbakar saat lupa dimatikan atau ada bara dari rokok yang jatuh ke benda yang mudah terbakar di dalam rumah.

6. Matikan Kompor Saat Meninggalkan Rumah

Jangan pernah meninggalkan rumah dalam keadaan kompor sedang menyala. Sering sekali terjadi kebakaran atau rumah hampir terbakar karena lupa mematikan kompor. Kompor yang lupa dimatikan itu bisa menyebabkan terjadi ledakan yang dapat memicu kebakaran rumah. Matikan kompor saat ingin meninggalkan rumah, walaupun kamu hanya pergi ke tempat yang dekat dengan rumah dan hanya sebentar.

7. Memiliki Alat Pemadam Api

Kebakaran rumah yang membesar sering sekali disebabkan oleh penanganan awal yang buruk saat api masih kecil. Penanganan yang buruk dan panik membuat api justru jadi membesar dan sulit dipadamkan. Adanya alat pemadam api di rumah sebenarnya bisa membantu kamu untuk memadamkan api sebelum semakin besar dan sulit dipadamkan.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *