Selain faktor kenyamanan, lantai juga ternyata bisa menambah keindahan jika disesuaikan dengan desain keseluruhan ruangan. Tapi bingung jenis lantai rumah apa yang cocok ya…

DACORE – Jenis-Jenis Lantai Rumah

Salah satu elemen penting berdirinya sebuah rumah adalah bagian lantai. Lantai merupakan bagian permukaan bawah rumah atau pemisah ruangan pada rumah bertingkat. Lantai juga berfungsi untuk memberikan kenyamanan pada penghuni rumah.

Selain faktor kenyamanan, pemilihan jenis lantai yang tepat juga bisa menambah keindahan rumah. Oleh karena itu penting untuk memilih jenis lantai yang benar dan tidak asal-asalan.

Ada berbagai jenis lantai rumah yang biasa digunakan dan terpopuler. Sehingga kamu bisa merasa lebih nyaman saat berada di dalam rumah.

Untuk membangun rumah yang indah, percayakan aja semua kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Daripada bingung mikirin jenis lantai apa yang cocok buat rumahmu. Simak aja jenis-jenis lantai rumah berikut.

Jenis-Jenis Lantai Rumah Terpopuler

1. Lantai Jenis Plester

Jenis lantai plester merupakan salah satu lantai rumah yang paling sederhana dan murah. Lantai plester dibuat ari campuran semen dan pasir yang diaci hingga halus. Setelah itu acian diaplikasikan pada permukaan bawah rumah. Saat acian sudah mengering, dilanjutkan dengan memoles atau menggosok lantai hingga halus dan mengkilap. Lantai jenis ini banyak digunakan pada rumah untuk memberi kesan natural dan industrial.

2. Lantai Jenis Keramik

lantai rumah
Sumber: Grid.id

Lantai keramik merupakan jenis lantai yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Jenis lantai ini memiliki kelebihan untuk menahan banyak benturan dan mudah dalam perawatannya. Lantai keramik juga mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Motif warna dan ukuran keramik juga sangat beragam dari mulai polos atau warna solid, motif marmer, dan serat kayu. Jenisnya pun beragam dan bisa disesuaikan dengan ruangan yang berbeda.

3. Lantai Jenis Kayu

lantai rumah
Sumber: Courtina

Jika kamu menyukai rumah dengan kesan yang natural, lantai kayu adalah pilihan yang tepat. Lantai kayu juga merupakan lantai yang ramah lingkungan karena menggunakan bahan dari alam. Selain itu lantai kayu juga dapat membuat ruangan jadi lebih cantik dan hangat.

Jenis lantainya sendiri ada dua, yaitu parket dan laminating. Parket terbuat dari kayu solid yang dikenal sebagai pengganti lantai papan pada rumah panggung. Sementara lantai kayu laminating terbuat dari kayu olahan dengan permukaan hasil printing.

4. Lantai Jenis Marmer

lantai rumah
Sumber: Pinterest

Seperti kita ketahui lantai marmer terbuat dari marmer yang merupakan jenis batuan alam yang sudah terbentuk sejak ratusan tahun lalu dan ketersediaannya tidak dapat diperbarui. Hal itulah yang membuat harganya sangat mahal.

Lantai marmer dibuat melalui proses pemotongan batuan dan penghalusan, sebelum akhirnya siap digunakan. Kelebihan jenis lantai ini adalah sifatnya yang dingin dan menyejukkan ruangan serta kekuatannya untuk menahan beban berat. Rumah dengan lantai marmer akan terlihat jauh lebih mewah dan elegan.

5. Lantai Jenis Granit

Sumber: Pinterest

Jenis lantai granit sebenarnya sama dengan lantai marmer. yang terbuat dari batuan alam yang terbentuk ratusan tahun lalu. Hanya saja tampilan lantai granit terlihat lebih gelap. Jenis batuan ini pun memiliki ketersediaan yang lebih langka dibanding marmer, sehingga harganya pun jauh lebih mahal.

6. Lantai Teraso

Sumber: Masterumah.id

Lantai teraso merupakan jenis lantai yang terbuat dari campuran pecahan marmer, semen, pasir dan tegel. Setelah dicampur, teraso akan dipoles sehingga menghasilkan permukaan lantai yang halus. Lantai teraso terbukti tahan lama dan awet dalam jangka panjang. Lantai ini hadir dalam berbagai jenis, ada yang permukaannya halus dan kasar, ada juga yang menggunakan nat dan tanpa nat atau cor di tempat.

Meskipun terlihat indah dan tahan lama, harga lantai teraso terbilang cukup mahal dibanding jenis lantai lainnya, selain itu pemasangannya pun cukup rumit sehingga tidak bisa asal-asalan dan memerlukan tenaga ahli untuk memasangnya.

7. Lantai Karpet

Sumber: Anotherorion

Salah satu jenis lantai terpopuler yang belum banyak digunakan yaitu lantai karpet. Lantai ini terdiri dari beberapa bagian karpet yang membentuk suatu pola atau motif. Perawatan lantai karpet sangat susah dan cukup merepotkan, karena itu jarang digunakan di rumah. Untuk saat ini lantai karpet lebih banyak digunakan di tempat-tempat umum seperti mall dan bandara.


Dari informasi yang diberikan di artikel ini, kamu jadi bisa menentukan jenis lantai apa yang cocok untuk rumahmu.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *