Konsultan Renovasi Rumah Itu Penting – Bila Anda ingin melakukan renovasi rumah pasti tidak akan sembarangan dalam melakukan hal tersebut bukan? Perlahan Anda mulai mencari apa saja yang harus dilakukan bila ingin memperbaiki rumah. Sama halnya dengan membangun sebuah rumah, merenovasi rumah tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Namun, rata-rata orang umumnya memilih cara praktis seperti meminta rekomendasi/referensi dari orang sekitar. 

Padahal ada cara yang lebih meyakinkan ketimbang sekadar meminta rekomendasi dari orang sekitar saja. Anda bisa meminta bantuan para konsultan renovasi rumah agar hasilnya realita yang dihasilkan dapat sesuai dengan ekspetasi yang Anda buat.

Baca Juga : 5 Keuntungan Pakai Jasa Konsultan Arsitek Saat Renovasi Rumah

Peran Konsultan Desain Rumah

Jika Anda berpikir bahwa meminta bantuan seorang konsultan renovasi/desain rumah adalah hal yang tidak perlu. Maka hilangkanlah pikiran tersebut. Ini dia pentingnya konsultan renovasi rumah.

Apakah seorang konsultan renovasi/desain rumah sama dengan arsitek? Konsultan desain rumah ialah orang yang bertanggungjawab dalam merencanakan serta mengarahkan proyek pembangunan dan/ renovasi sebuah rumah. Keahlian mereka dalam menentukan warna, bahan, dan furnitur yang sesuai, akan memperindah suasana rumah.

Seseorang biasanya menyewa konsultan rumah ketika mereka melakukan renovasi secara besar-besaran atau membangun sebuah tempat tinggal baru. Nantinya konsultan ini akan menggali sejumlah informasi tentang gambaran besar desain rumah yang diinginkan oleh kliennya tersebut.

Selain itu, konsultan desain rumah juga turut mengawasi pekerja bangunan dalam proses pengerjaan proyek rumah serta memastikan semua bidang dibuat sesuai keinginan klien. Umumnya, konsultan yang bekerja sendiri menawarkan jasanya dengan sistem kontrak.

Mereka menerima banyak klien sekaligus kemudian disesuaikan menurut jadwal yang tersedia. Selain menjadi konsultan, mereka juga terlibat dalam pengurusan manajemen usaha dan administrasi.

Konsultasi Renovasi Rumah

Apa saja keuntungan bila Anda memutuskan untuk konsultasi renovasi rumah dengan konsultan rrenovasi/desain yang profesional :

  1. Membantu memperkaya imajinasi 
    Orang awam umumnya sulit mengejawantahkan apa yang ada dalam benaknya ke dalam suatu bentuk rancangan. Konsultan, yang telah terbiasa melakukan ini, tentu tahu cara mewujudkan keinginan pemilik rumah. Konsultan akan membantu memperkaya imajinasi si pemilik sehingga rumah terasa lebih bernilai tinggi.
  2. Menghindari kesalah desain
    Menggunakan konsultan dalam pembangunan atau renovasi rumah, selain akan menghindarkan pemilik dari kesalahan desain, juga dapat membuat rumah berfungsi dengan benar. Dengan demikian tidak ada ruang yang terbuang percuma. Konsultan arsitek atau konsultan/pelaksana juga akan mengurangi kesalahan-kesalahan yang tidak diketahui sang pemilik dalam proses pengerjaan rumah dan menekan risiko.
  3. Membantu memilih material yang tepat
    Konsultan arsitek atau pelaksana memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang penggunaan material yang tepat. Seringkali pemilik rumah yang membangun tanpa konsultan tidak tahu takaran yang pas dari suatu material. Hal itu menyebabkan penggunaan material yang kurang hingga mutu bangunan jelek, atau malah penggunaan material yang berlebihan sehingga boros.
  4. Menghitung dengan cermat waktu pelaksanaan
    Konsultan memiliki perhitungan berapa lama waktu maksimum waktu yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan. Hal ini bisa mencegah tukang mengambil keuntungan, terutama tukang yang dibayar harian.
  5. Memperkirakan biaya 
    Memakai jasa konsultan mempermudah perkiraan biaya dari awal. Memperkirakan biaya sulit dilakukan orang biasa, sehingga ujung-ujungnya biaya yang dikeluarkan membengkak.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah Pilih! Ini Dia Cara Memilih Kontraktor Interior

Biaya Konsultasi Rumah

Hal itu bergantung pada konsultan yang ingin Anda sewa. Biasanya ada konsultan yang biaya konsultasinya GRATIS. Jadi, carilah info tentang konsultan tersebut ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *