Keamanan rumah tentu jadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan selain kenyamanan. Selain memberikan pengamanan ekstra. Kamu juga perlu mempersiapkan diri jika suatu saat terjadi kemalingan di rumah. Tapi apa yang harus dilakukan ya…

DACORE – Tips Saat Terjadi Kemalingan di Rumah

Keamanan rumah tentu jadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan selain kenyamanan. Rumah yang nyaman dan aman adalah prioritas utama dari tempat tinggal.

Hal itu karena rumah merupakan tempat dimana kita dapat beristirahat, bersantai dan juga berlindung dari segala macam gangguan yang ada diluar. Gangguan tersebut bisa berupa cuaca, debu, hewan, dan resiko kemalingan.

Oleh karena itu rumah biasanya diberikan pengamanan ekstra agar lebih aman, seperti mengunci pintu dan jendela, memasang pagar di halaman rumah, sampai memasang kamera CCTV. Hal itu dilakukan agar keamanan rumah tetap terjaga.

Meskipun sudah memiliki pengamanan yang ekstra, kamu tetap tidak boleh merasa terlalu aman. Kamu juga perlu mempersiapkan diri jika suatu saat terjadi kemalingan di rumah. Hal itu dilakukan agar kamu bisa menangani situasinya dengan baik.

Untuk membangun rumah yang nyaman dan aman, percayakan aja semua kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Daripada bingung mikirin bagaimana cara menanganinya. Simak aja tips saat terjadi kemalingan berikut.

Tips Saat Terjadi Kemalingan di Rumah

1. Memastikan Keselamatan Diri & Keluarga

Saat terjadi kemalingan, hal yang pertama dilakukan adalah berusaha untuk tidak panik dan mencoba menenangkan keluargamu yang lain. Pastikan jika maling tersebut sudah tidak berada didalam rumah, periksa seluruh ruangan yang ada di rumah hingga halaman. Jangan lupa juga untuk membawa benda-benda yang bisa membantumu agar lebih terlindungi. Hal itu dilakukan untuk memastikan keselamatan diri dan keluarga.

2. Memeriksa Barang Berharga yang Ada di Rumah

Setelah memastikan jika sudah tidak ada maling di dalam rumah, selanjutnya periksa barang berharga yang kamu punya seperti dokumen, kartu debit/kredit, uang cash, perhiasan, barang-barang elektronik dan kendaraan. Catat kerugian yang kamu alami jika ada barang berharga yang hilang atau rusak. Gunakan sarung tangan saat memeriksa, supaya tidak menghilangkan sidik jari maling.

3. Mengecek Rekaman Kamera CCTV

Jika kamu memiliki CCTV atau ada tetangga sekitar yang memilikinya, kamu bisa langsung mengecek rekaman CCTV di jam terjadinya kemalingan. Kamu bisa menemukan bukti pelaku atau setidaknya mendapatkan petunjuk untuk mengetahui siapa pelakunya.

4. Melaporkan Terjadinya Kemalingan Kepada RT/RW Setempat

Jika situasi sudah lebih terkendali, laporkan terjadinya kemalingan kepada RT/RW setempat. Hal ini dilakukan agar mereka dapat berkoordinasi dengan warga lain di lingkungan yang sama untuk mendapat keterangan tambahan berupa saksi mata atau kecurigaan dari warga lain sebelum terjadinya kemalingan. Selain itu RT/RW juga dapat membantu melaporkan kejadi ke polisi.

5. Melaporkan Terjadinya Kemalingan Kepada Polisi

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melaporkan kejadian kemalingan tersebut ke polisi. Lakukan pelaporan sesegera mungkin agar bukti-bukti kemalingan tidak hilang dan bisa dikumpulkan. Kamu juga dapat membantu mengumpulkan bukti-bukti tersebut. Dengan begitu polisi akan lebih mudah dan cepat dalam menangkap pelaku.

6. Menambah Pengamanan Ekstra Setelah Terjadi Kemalingan di Rumah

Terjadinya kemalingan dirumah tidak hanya sekedar musibah, tapi juga pengingat bahwa keamanan dirumah kamu masih belum bagus. Tambah keamanan ekstra yang bisa membuat rumahmu jadi lebih aman kedepannya. Kamu juga jadi lebih tenang jika tempat tinggal kamu memiliki pengamanan yang lebih baik dari sebelumnya.

7. Memberitahukan Kepada Keluarga & Teman Dekat

Kejadian kemalingan yang kamu alami tentu membuat dirimu terpukul. Oleh karena itu kamu perlu memberitahukan kejadian tersebut kepada keluarga dan teman dekat, fungsinya untuk mendapat dukungan moril dari mereka agar kamu bisa lebih bersemangat. Selain itu memberitahukan kejadian kemalingan kepada orang terdekat juga membantumu untuk menemukan barang berharga yang hilang, seperti kendaraan yang berhasil dicuri.


Dari informasi yang diberikan di artikel ini, kamu jadi tau harus melakukan apa saat terjadi kemalingan di rumahmu.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *