Dinding merupakan bagian penting yang perlu dibuat agar rumah berdiri kokoh dan tahan lama bertahun-tahun. Batako dan bata merah merupakan material bangunan yang sering digunakan pada pembuatan dinding rumah. Diantara keduanya, manakah yang lebih baik?..

DACORE – Perbandingan Batako dan Bata Merah

Dalam proses pembangunan rumah, dinding merupakan salah satu bagian penting rumah yang dibuat lebih awal. Dinding memiliki peran untuk membuat rumah berdiri kokoh. Dengan dinding yang kuat, rumah dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama. Dinding rumah yang kuat tentu berasal dari material yang berkualitas dan pemasangan yang benar. Material bangunan yang berkualitas memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik dari segala kondisi. Sehingga rumah akan mampu bertahan selama bertahun-tahun.

Material batako dan bata merah merupakan material bangunan yang sering digunakan dalam proses pembuatan dinding. Meskipun sejak dulu rumah dibangun menggunakan bata merah. Namun saat ini, ada banyak rumah baru yang dibangun menggunakan batako sebagai material dinding rumah. Penggunaan batako sebagai dinding rumah bisa dengan mudah kamu temukan di perumahan-perumahan baru.

Bisa dibilang batako dan bata merah adalah material dinding terbaik untuk saat ini. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing sebagai material bangunan. Kamu perlu mengetahui keunggulan masing-masing diantara keduanya, sebelum memutuskan mana material yang lebih baik dan sesuai dengan tujuan dibangunnya rumahmu.

Bingung mau pilih desain interior rumah yang bagus? Percayakan aja kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Manakah yang lebih baik diantara batako dan bata merah? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Material Batako

Salah satu material bangunan yang biasa digunakan dalam membuat dinding rumah yaitu batako. Material batako terbuat dari dari bahan campuran semen dan pasir yang dicampur dengan air, lalu dipadatkan dan dicetak dengan alat cetak berbentuk batu bata. Proses pembuatannya melalui proses pembakaran dengan suhu tinggi, lalu dikeringkan di tempat terbuka dan terkena sinar matahari secara langsung. Batako terdiri dari beberapa jenis diantaranya, batako semen, batako trass, dan batako beton.

Sumber: mil.be

Keunggulan Batako

1. Ukuran dan kualitas batako seragam, membuat rumah jadi terlihat lebih rapi

2. Proses pemasangan batako lebih cepat selesai karena ukurannya yang besar

3. Material batako lebih aman, karena beratnya yang lebih ringan

Kekurangan Batako

1. Materialnya mudah berlubang dan retak

2. Batako dapat menyerap panas dari luar yang membuat rumah jadi lebih panas

3. Harga batako jauh lebih mahal jika dibanding bata merah

Material Bata Merah

Seperti yang banyak orang ketahui, bata merah adalah material bangunan yang dibuat dari tanah dan dicetak melalui proses pembakaran dengan suhu tinggi sampai menjadi keras dan berwarna kemerah-merahan. Tanah yang digunakan dalam pembuatan bata merah adalah tanah liat, yang dapat menyatu dengan mudah saat proses pencetakannya. Material bata merah sudah digunakan sejak dulu sebagai material bangunan rumah, karena terbukti kokoh dan mampu bertahan untuk jangka waktu yang lama.

Keunggulan Bata Merah

1. Materialnya lebih kokoh, karena terbuat dari tanah liat yang sudah melalui proses pembakaran

2. Bata merah mampu menahan panas dari luar sehingga rumah bisa lebih sejuk saat siang hari

3. Harga bata merah lebih murah dibanding dengan batako

Kekurangan Bata Merah

1. Pemasangan bata merah membutuhkan waktu lama, karena ukurannya yang lebih kecil dari batako

2. Material bata merah lebih berat jika dibandingkan dengan batako

3. Banyak memakan material bahan bangunan

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *