Pemilihan warna dalam sebuah desain interior termasuk hal yang utama. Tidak bisa sembarangan memilih warna jika tidak memahami psikologi warna dalam interior. Selain akan menimbulkan tampilan yang tidak pas, kombinasi warna yang keliru juga bisa membawa pengaruh bagi penghuninya. Kok bisa? Mari cari tau disini.

Perpaduan Warna Dalam Interior Bisa Pengaruhi Psikologi Penghuninya, Mengapa?

Warna dalam ilmu psikologi terbukti dapat mempengaruhi manusia. Pemilihan warna interior harus dilakukan dengan cermat dan mempertimbangkan psikologi warna dalam interior. Hal ini dikarenakan dalam psikologi warna, panjang gelombang yang ditangkap oleh retina berubah menjadi impuls listrik yang kemudian diteruskan ke otak. Perbedaan gelombang yang ditangkap oleh otak berdasarkan warna yang dilihat inilah yang bisa memberi pengaruh perasaan dan perilaku seseorang.

Adapula dari ilmu desain grafis, warna bisa berfungsi sebagai pembeda antara informasi satu dan informasi lainnya. Sehingga jika diterapkan dalam desain interior, pemilihan warna akan memberikan kesan tersendiri bagi penghuninya.

Warna dapat memberikan pengaruh baik jika dipilih sesuai dengan persona dari para penghuni ruangan. Sebaliknya, warna juga dapat memberikan pengaruh buruk jika tidak sesuai dengan persona atau dilakukan secara berlebihan dalam sebuah ruangan. Untuk itu penting bagi seseorang memahami psikologi warna dalam interior.

Macam-macam Kombinasi Warna dan Nuansa Psikologis yang Diciptakan

Setiap warna telah memiliki pancaran gelombangnya masing-masing, sehingga dapat menimbulkan pengaruh yang berbeda dalam diri seseorang. Maka tidak disarankan bagi anda untuk mengecat ruangan dengan asal-asalan tanpa memperhatikan psikologi warna dalam interior.

Beberapa warna yang banyak digunakan dalam desain interior dan telah dikenal pengaruh psikologisnya, antara lain:

1.       Biru

Warna biru telah dikenal lama sebagai warna yang melambangkan ketenangan dan nuansa relaksasi. Penggunaan warna biru bisa diterapkan dalam ruangan yang difungsikan untuk beristirahat, seperti kamar tidur, ruang tengah atau ruang keluarga. Namun hindari penerapan warna biru pada ruangan makan atau hal-hal terkait dengan kegiatan konsumsi. Sebab warna biru tidak ditemukan secara alami untuk makanan sehingga akan memberikan kesan berbahaya jika terletak pada unsur-unsur peralatan makan atau ruangan untuk makan.

Hindari mengecat ruangan penuh dengan warna biru karena akan memberikan kesan depresi bahkan bisa meningkatkan emosi sedih bagi penghuninya. Padukan dengan warna netral lain agar bisa mengimbangi energy yang dikeluarkan oleh warna biru.

2.       Merah

Warna merah menimbulkan kesan berani dan sekaligus kehangatan. Merah juga bisa menonjolkan dirinya dalam sebuah ruangan, sebab mata kita lebih mudah mengenali gelombang warna merah dibanding warna yang lain. Warna ini juga dipercaya dapat mempengaruhi mood seseorang, utamanya mood seorang pria.

Penggunaan warna merah dapat diterapkan dalam ruangan kamar tidur dan ruang tamu atau ruang keluarga. Hindari warna merah menyala yang justru akan mengganggu kemampuan melihat dan meningkatkan adrenalin seseorang, seperti meningkatkan denyut nadi dan laju dari nafas kita.

3.       Hitam

Sebagian orang memiliki kesukaan dengan warna hitam, sehingga pemilihan warna hitam untuk interior juga lumayan banyak. Namun, kesan psikologis yang dimunculkan tidak sepenuhnya baik tidak sepenuhnya buruk. Untuk kebanyakan pendapat, warna hitam dilambangkan sebagai pribadi yang menyedihkan, anti sosial dan suasana berduka. Namun, warna hitam juga melambangkan citra elegan jika digunakan pada ruangan atau furniture yang tepat.

Sebagaimana beberapa brand besar menerapkan warna hitam untuk memberikan kesan elegan dan eksklusif, anda juga bisa menerapkan dan mendapatkan kesan serupa. Hanya saja, sesuaikan dengan aturan psikologi warna dalam interior agar tidak menimbulkan efek negatif pada penghuninya.

Pentingnya Memakai Jasa Desain Interior untuk Menciptakan Harmonisasi Warna Dalam Interior

Memilih warna ruangan tidak mudah, sebab harus mempertimbangkan hal-hal lain yang dapat mempengaruhi suasana dan kondisi psikologis penghuninya. Anda perlu memakai jasa desain interior untuk dapat menciptakan harmonisasi warna ruangan dan menimbulkan kesan positif. Anda pun akan terhindar dari rasa tidak nyaman berada dalam ruangan karena kombinasi warna yang buruk.

Jasa desain interior juga telah terlatih dalam mempertimbangkan psikologi warna dalam interior sehingga hunian anda akan jadi jauh lebih nyaman.

Keunggulan Dacore Interior Sebagai Jasa Desain Rumah dan Dekorasinya

Dacore interior jasa desain interior Tangerang hadir untuk mempersiapkan hunian anda yang lebih nyaman, aman, dan profesional. Dengan pengalaman lebih dari 12 tahun, Dacore Interior telah menangani ratusan klien dari seluruh Indonesia, sehingga kemampuan kami bisa anda buktikan kualitasnya.

Dacore interior juga menyediakan fasilitas konsultasi pra dan pasca renovasi bangunan, sehingga anda dapat terhindari dari biaya tambahan yang membengkak juga dapat menyediakan desain hunian yang terbaik. Hubungi kami untuk mendapatkan layanan terbaik dan fasilitas terlengkap di kelasnya. Selalu ada penawaran spesial dengan layanan yang pastinya tetap profesional. Untuk melihat profil kami jasa desain interior tangerang maka bisa klik link tersebut atau hubungi wa.me/628111901060

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *