Atap rumah yang baik memerlukan material rangka yang kuat dan awet, salah satu material yang saat ini banyak digunakan adalah baja ringan.

DACORERangka Atap Baja Ringan

Bagi sebuah bangunan, atap rumah adalah bagian penting yang tidak bisa terlewatkan. Atap rumah memiliki fungsi sebagai pelindung dari berbagai macam cuaca baik panas atau hujan. Atap juga melindungi kita dari kotoran dan hewan yang datang dari luar rumah.

Oleh karena itu, rumah membutuhkan atap yang memiliki kekuatan dan keamanan yang baik. Fungsinya untuk membuat kamu tetap merasa aman dan nyaman ketika berada di dalam rumah.

Atap rumah yang baik memerlukan material rangka yang kuat dan awet. Salah satu material yang saat ini banyak digunakan adalah baja ringan. Baja ringan disebut memiliki beberapa kelebihan dibanding material kayu yang sudah digunakan sejak dulu.

Saat ini baja ringan sudah banyak digunakan sebagai rangka atap rumah menggantikan rangka kayu. Banyak orang yang tertarik dengan baja ringan karena harganya yang lebih murah dan pemasangannya yang cepat. Kualitasnya pun terjamin karena sudah standar pabrik.

Untuk menciptakan rumah dengan arsitektur yang sesuai selera, percayakan aja semua kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Daripada bingung mencari tau tentang rangka atap baja ringan. Simak aja informasi lengkapnya berikut.

rangka atap baja ringan
Sumber: Pinterest

Kelebihan & Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

Rangka dari baja ringan memiliki beberapa kelebihan, selain harganya murah, materialnya pun ringan dan cepat pemasangannya. Namun ada beberapa kekurangan yaitu memerlukan pemasangan yang teliti dan tepat, dimana tidak semua orang bisa memasangnya.

Harga Rangka Baja Ringan

Jika kamu sudah memutuskan untuk menggunakan baja ringan sebagai rangka atap rumah, kamu perlu mengetahui lebih dulu daftar harganya seperti berikut:

Cara Memasang Rangka Atap

Rangka baja ringan termasuk jenis rangka yang ringan dan pemasangannya cepat. Meski begitu pemasangan rangka dari baja ringan memerlukan teknik pemasangan yang tepat. Jika pemasangannya asal dan kurang benar, rangka atap akan jadi rapuh dan berbahaya. Untuk itu perlu cara pemasangan yang tepat seperti berikut:

  1. Pastikan lebih dulu permukaan siku pada permukaan atas ring balok sudah rata.
  2. Pastikan juga kuda-kuda tidak terbalik posisi kiri dan kanannya (L-R).
  3. Baut paling tepi dengan batang yang disambung harus memiliki jarak minimal dua kali diameter baut.
  4. Buat jarak antar baut minimal 3 kali diameter baut.
  5. Saat memasang baut, pastikan posisi alat tegak lurus dengan bidang dan pergunakan alat dengan kecepatan 200 rpm – 250 rpm.
  6. Saat baut sudah tertancap penuh atau kencang, segera hentikan alat.
  7. Pemasangan baut pada bagian tepi diusahakan posisinya simetris terutama pada sudut pertemuan antar batang. Baut juga tidak boleh dipasang pada titik berat batang.
  8. Setelah baut terpasang, lanjutkan dengan memasang balok nok.
  9. Pasang bracing (pengikat) di atas top-chord dan di bawah reng agar lebih kuat.
  10. Perhatikan lagi jenis penutup atap yang digunakan untuk menyesuaikan jarak pemasangan reng.
  11. Tahap terakhir, pasang gording tambahan atau outrigger.
  12. Setelah itu, pasang atap sesuaidesain yang kamu pilih.


Dari informasi yang diberikan di artikel ini, kamu jadi lebih mengetahui informasi seputar rangka atap baja ringan yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk atap rumahmu.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *