Penggunaan pencahayaan pada suatu tempat, selain berfungsi sebagai sumber cahaya juga memberikan efek tambahan pada interior. Tips memilih lampu hias ruang tamu dengan mengetahui posisi penempatan, model serta level terang pencahayaan yang dipilih. Kombinasi yang tepat akan memberi nilai estetika yang lebih pada tampilan gedung atau tempat. Bukan saja pada hunian, pada tempat usaha semacam restoran atau hotel kita memerlukan pencahayaan yang tepat. 

Utamanya pada ruang tamu di hunian atau main hall/lobi utama tempat usaha. Penggunaan penerangan yang tepat, akan memberikan efek luxury dan bernilai seni. Dengan pemilihan yang tepat juga, akan membuat pengunjung atau tamu merasa kerasan untuk berlama-lama berada di dalam ruangan tersebut.

Macam-Macam Lampu Hias yang Bisa Diletakkan di Ruang Tamu

Pencahayaan ada banyak jenis dan macamnya. Bisa untuk penerangan dalam ruangan atau luar ruangan. Belum lagi jika menurut jenis rangka atau cover lampunya. Cover atau penutup lampu hias ada yang terbuat dari alumunium, perak, tembaga, kaca, kristal, PVC atau akrilik sampai dengan kayu atau bambu. Namun kalau kita membaginya menurut metode penempatannya maka macamnya akan menjadi :

  • Menggantung. Jenis ini banyak digunakan untuk ruang tamu atau ruang keluarga untuk di perumahan. Juga banyak digunakan untuk lobi utama tempat usaha. Dengan model  menjuntai menggunakan rantai serta dengan cover atau elemen material tembaga maupun kaca atau kristal pada bagian bohlamnya. Tips memilih lampu hias ruang tamu, dengan model menggantung ini memberikan efek luxury pada ruangan.
  • Menempel. Jenis ini menempel pada tiang atau dinding banyak di lorong atau selasar gedung. Dengan tingkat pencahayaan yang tidak terlalu terang cenderung redup akan memberikan efek yang romantis dan tenang di sepanjang selasar.
  • Outdoor. Untuk penempatan luar ruangan dapat menggunakan dua macam model. Ada yang menggunakan tiang dengan bohlam di atasnya. Ada juga jenis sorot yang letaknya di bawah atau di belakang dari rimbunan bunga atau tanaman hias. Jenis ini akan memberikan efek siluet pada tanaman hias.
  • Led Karakter/ Huruf. Banyak toko atau tempat usaha yang menggunakan lampu model ini. Lampu hias ini menggunakan lampu led. Kita dapat membuat lampu menjadi karakter tertentu atau tulisan tertentu. Biasanya karakter tersebut adalah logo tempat usaha atau nama dari tempat usaha. Kadang pula ada yang menulis kata-kata quotes sebagai background untuk photo booth yang instagramable untuk tamu/ pengunjung. 

Akibat Menggunakan Metode Pencahayaan Yang Tidak Tepat

Penting untuk mengetahui posisi penempatan penerangan sebagai tips memilih lampu hias ruang tamu. Untuk mendapatkan posisi itu, paling utama mengetahui tujuan untuk penggunaan penerangan. Misal untuk tempat usaha seperti klinik kecantikan tentu saja level pencahayaannya akan berbeda dengan restoran live music atau kafe. Untuk klinik kecantikan tentu saja harus menggunakan level pencahayaan yang cukup terang untuk memberi efek kulit yang lebih cerah. Sedangkan untuk kafe, pengunjung akan lebih nyaman dengan level pencahayaan yang rendah. Sehingga pengunjung bisa menjadi relax dan menikmati suasana dengan nyaman. 

Dacore Furniture

Untuk kalian yang berdomisili di Kota Tangerang atau dan sekitarnya, kalian bisa mengkonsultasikan jasa desain interior di Tangerang bersama Dacore Furniture. Dengan bantuan orang-orang yang ahli di bidangnya, kalian akan diberikan tips memilih lampu hias ruang tamu dan ruangan lainnya. Bukan saja hanya penempatan lampu hias, keseluruhan konsep ruangan akan menjadi inspirasi. Agar penempatan titik penerangan memberikan nilai tambah bagi konsep desain ruangan secara keseluruhan. Beberapa pertimbangan kenapa Dacore Furniture menjadi pilihan parner anda dalam renovasi :

  • Bengkel Produksi. Dacore furniture memiliki bengkel produksi sendiri untuk mengerjakan material atau elemen interior. Sehingga jika anda memiliki keinginan atau desain yang custom maka Dacore bisa mewujudkannya. 
  • Bukan Makelar Desain. Dacore memiliki tenaga profesional sendiri mulai dari arsitek sampai dengan desainer interior. Sehingga dapat melayani permintaan khusus tanpa perlu pihak lain atau jasa pihak ketiga. Tentu saja paket komplit ini akan lebih menghemat biaya bagi konsumen. 
  • Ahli di Bidangnya. Dacore memiliki portofolio hasil kerja mulai dari perumahan, tempat usaha komersial, klinik sampai pembuatan furniture custom.
  • Layanan Pre Servis. Dengan ini Dacore memberikan layanan preservice termasuk di dalamnya konsultasi desain dan perkiraan biaya. Sehingga anda bisa melakukan renovasi sesuai dengan desain impian anda namun juga masih berada dalam budget. 

Jangan salah pilih vendor rancang desain dan dekorasi interior ya. Karena biaya yang dikeluarkan untuk renovasi tidak sedikit. Penggunaan vendor yang tepat tentu saja akan menghindari pembengkakkan biaya yang tidak penting. Misalnya saja tukang yang tidak menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu. Atau bisa juga material yang tidak sesuai dengan ekspektasi harga pada biaya. Untuk melihat profil kami jasa desain interior tangerang maka bisa klik link tersebut atau hubungi wa.me/628111901060

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *