Investasi saat ini mulai banyak diminati untuk mempersiapkan keuangan di masa depan. Namun selain terfokus pada keuntungan dan resiko yang ada. Kamu juga perlu juga menghindari investasi bodong yang menjanjikan keuntungan besar.

menghindari investasi bodong
Sumber: Pinterest

DACOREMenghindari Investasi Bodong

Salah satu cara untuk menyiapkan keuangan di masa depan yaitu dengan investasi. Investasi berarti menempatkan dana hingga periode tertentu dengan harapan akan mendapatkan keuntungan atau peningkatan nilai investasi.

Jika dibanding dulu, produk investasi saat ini sudah jauh lebih banyak dan beragam. Jika dulu investasi hanya terbatas pada logam mulia seperti emas. Saat ini ada banyak jenis investasi yang bisa dipilih, mulai dari saham, reksadana, hingga yang terbaru Bitcoin atau mata uang crypto.

Setiap jenis investasi memiliki resikonya tersendiri, biasanya semakin tinggi resiko investasi tersebut maka keuntungan yang didapat juga semakin tinggi. Sebaliknya, semakin kecil resiko investasi, akan semakin kecil juga keuntungannya. Investasi dengan resiko lebih kecil tentu jauh lebih aman.

Dengan banyaknya jenis investasi dengan resiko yang berbeda-beda, kamu perlu bijak dalam memilih produk investasi. Pilih produk investasi dengan resiko yang siap kamu terima, bukan hanya terfokus pada keuntungan yang besar tapi mengabaikan resiko besarnya.

Selain resiko besar pada beberapa produk investasi, kamu juga perlu menghindari investasi bodong yang saat ini semakin banyak. Ada banyak orang yang sudah menjadi korban dari investasi bodong yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu cepat, namun ternyata hasilnya zonk.

Para pelaku investasi bodong biasanya menargetkan orang-orang dengan latar belakang ekonomi menengah ke atas yang belum memahami cara berinvestasi yang benar. Selain itu mereka juga mencari target dari orang-orang yang ingin memiliki banyak uang secara instan.

Untuk menciptakan rumah dengan tampilan yang sesuai selera, percayakan aja semua kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Bagaimana cara untuk menghindari investasi bodong? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Cara Menghindari Investasi Bodong

1. Riset Terlebih Dulu Investasi yang Ditawarkan

Sebelum memilih produk investasi, lakukan riset terlebih dahulu investasi yang akan kamu pilih atau ditawarkan. Pastikan jika penyedia investasi tersebut memiliki perizinan yang jelas dan legal, seperti terdaftar di OJK atau Bappebti. Jika penyedia investasi tersebut tidak terdaftar dan tidak memiliki perizinan yang jelas, maka sudah dipastikan jika itu ilegal dan investasi bodong.

2. Menghindari Investasi dengan Keuntungan yang Tidak Masuk Akal

Saat berinvestasi, pilih produk investasi dengan sistem perputaran uang yang jelas. Hindari investasi dengan keuntungan yang tidak masuk akal. Apalagi jika penyedia investasi tersebut selalu membicarakan keuntungan, bukan sistem investasi yang mereka jalani.

3. Lakukan Diversifikasi Investasi

Cara lainnya untuk menghindari investasi bodong ialah dengan melakukan diversifikasi investasi. Seperti kata pepatah, “jangan menaruh telur dalam satu keranjang”. Hal itu memiliki arti bahwa jangan hanya berinvestasi pada satu produk investasi. Karena jika produk investasi yang kamu jalani gagal maka masih ada investasi lainnya yang selamat. Diversifikasi perlu dilakukan mengingat banyak produk investasi yang awalnya baik-baik saja, lalu hancur ditengah jalan.

4. Selalu Gunakan Uang Khusus Investasi

Ada hal yang perlu dihindari dalam berinvestasi, yaitu menggunakan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut salah karena seharusnya investasi dilakukan dari mengalokasikan sebagian dana dari pendapatan, dan bukan memaksa menggunakan uang kebutuhan sehari-hari untuk investasi. Sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada investasimu, kebutuhan sehari-harimu tidak akan terlalu terganggu.

5. Jangan Sekedar Ikut-Ikutan

Berinvestasi tidak sekedar untuk gaya-gayaan dan ikut-ikutan saja. Investasi harus dilakukan karena kesadaran sendiri dan melalui beberapa pertimbangan yang matang. Jika kamu hanya sekedar ikut-ikutan, bukan tidak mungkin kamu bisa terjebak ke dalam investasi bodong yang akhirnya merugikan.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *