Biaya renovasi restoran. Bisnis restoran bisa dikatakan begitu sangat menjanjikan dan menguntungkan, karena setiap manusia itu memang akan memerlukan makanan. bukan hanya itu, orang cenderung memilih makanan siap saji dibandingkan harus memasaknya sendiri.

Disinilah peluang kamu untuk bisa membuka sebuah tempat makan atau restoran. Namun ada yang namanya biaya renovasi restoran jika ingin membuka usaha ini.

biaya renovasi restoran
Sumber: pinterest

Rencana Anggaran Biaya Restoran

RAB merupakan rencana pengeluaran biaya terhadap suatu usaha atau pekerjaan yang disusun secara terperinci.

Rencana anggaran biaya ini adalah sebuah bagian dari pengelolaan keuangan usaha. Tanpa perencanaan dan anggaran maka keuangan usaha bahkan bisa berantakan terjadi kebangkrutan. Lalu seperti apa cara membuat rencana anggaran biaya restoran atau bagaimana biaya renovasi restoran itu? Mari kita bahas satu per satu.

1.     Buat Daftar Pekerjaan

Langkah pertama yang dilakukan jika ingin membuat rencana anggaran biaya adalah menulis daftar pekerjaan apa saja yang akan dilakukan.

Daftar pekerjaan harus dibuat secara detail supaya nanti bisa diketahui biaya yang akan muncul. Lalu nanti bandingkan daftar pekerjaan yang dibuat dengan biayanya, apakah nanti sesuai dengan standar umum yang ada.

2. Masukkan Pembelian Peralatan

Masukan juga pembelian peralatan yang nantinya akan diperlukan untuk menjalankan usaha itu, seperti mesin produksi, motor atau mobil untuk mengantarkan produk ke customer dan lainnya.

3. Menghitung Biaya Tetap

Langkah selanjutnya yaitu dengan memasukkan biaya tetap yaitu pengeluaran yang selalu terjadi saat sedang menjalankan usaha itu. Biaya ini bisa saja seperti gaji karyawan, biaya listrik, biaya air, biaya internet dan lainnya.

4. Analisa Biaya Tak Terduga

Memasukkan biaya tak terduga pun nyatanya harus dilakukan dalam membuat rencana anggaran biaya, karena hal tidak terduga biasanya akan terjadi dalam menjalankan suatu usaha atau pekerjaan.

5. Melakukan Rekapitulasi

Hal terakhir yang dilakukan dalam membuat rencana anggaran biaya yaitu dengan membuat rekapitulasi atas pencatatan biaya tersebut. Tujuannya yaitu supaya nanti laporan atau data yang disediakan lebih sederhana sehingga mudah dimengerti. 

Sumber: restoran

Cara Menghitung Biaya Interior

Pertanyaannya adalah berapa biaya renovasi restoran? Pada umumnya, ada dua metode menghitung biayanya karena dalam hal ini kamu akan menggunakan yang namanya jasa desain interior.

Pertama, yaitu berdasarkan harga yang sudah ditentukan dari desainer interior per meter persegi. Untuk biaya jasa desain interior per meter persegi ini sebenarnya sesuai dengan luasan dari ruang yang akan dibangun.

Biasanya harga per meter persegi tiap desainer interior berbeda, tergantung pada jam terbang dan kredibilitas desainer interior tersebut. 

Desainer untuk renovasi misalnya bisa mematok harga Rp 160.000 sampai Rp 1.200.000 per meter persegi.

Selain itu ada juga biaya jasa desain interior yang memang dihitung dari persentase jumlah anggaran. Jadi sebenarnya bukan hanya dari biaya per meter persegi, namun ada pula biaya desainer untuk renovasi berdasarkan persentase atau komisi total anggaran. Pada umumnya, biaya renovasi restoran yang ditentukan itu adalah 2-5% dan paling tinggi 10%.

Sebagai contoh, desainer renovasi mendapatkan proyek untuk sebuah restoran dengan luasan 300 m2. Maka nanti untuk total biaya keseluruhan yang disepakati, termasuk furnitur di dalamnya, sebesar Rp 2 miliar. Maka biaya jasa renovasi yang disepakati adalah 5% dari total biaya.

Bagaimana? Sudah paham mengenai biaya renovasi restoran? Ini adalah biaya pada umumnya dimana biayanya ini adalah berbeda di setiap tempat jasa. 

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *