Keberadaan desain interior sangat diperlukan untuk membuat bagian dalam rumah jadi lebih indah. Sentuhan desain yang tepat pada interior rumah akan memberikan tampilan yang berbeda. Dalam desain interior, ada beberapa elemen penting yang perlu diperhatikan agar interior rumah dapat terlihat menarik dan nyaman.

elemen desain interior
Sumber: dacore

DACOREElemen-Elemen Penting Desain Interior

Desain interior sangat dibutuhkan untuk membuat tampilan bagian dalam rumah jadi lebih menarik. Keberadaan desain interior dibutuhkan untuk memperbaiki tata letak ruang, memberikan nilai estetika dan menghadirkan suasana rumah yang nyaman dan tentram. Rumah dengan sentuhan desain interior yang tepat tentu saja akan membuat interiornya jadi lebih tersusun rapi dan menarik.

Setiap desain interior yang dipilih bertujuan untuk menyusun bagian-bagian yang ada didalam ruangan menjadi lebih teratur dan tertata. Interior yang disusun secara asal dan tidak tertata akan membuat suasana di dalam rumah jadi sumpek dan tidak nyaman.

Bayangkan saja jika kamu memilih warna cat dinding yang berbeda tema dengan warna dari bagian lainnya. Atau keberadaan furniture yang menumpuk dan membuat ruangan terasa lebih sempit. Pemahaman terhadap elemen-elemen desain interior diperlukan untuk membuat seluruh bagian yang ada di dalam ruangan menjadi selaras dan satu kesatuan.

Mau bikin interior rumahmu jadi lebih keren dan menarik? Percayakan aja kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Apa saja elemen-elemen penting tersebut? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

 

Elemen-Elemen Desain Interior

1. Elemen Ruang

Dalam desain interior, elemen ruang merupakan salah satu elemen yang terpenting. Dalam elemen ruang terdapat 3 bagian yang dapat dimaksimalkan untuk memberikan keindahan, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Ketiga bagian dalam elemen ruang ini bisa diisi ataupun dibiarkan kosong, tergantung dengan kebutuhan desain interior yang diinginkan, apakah menonjolkan sisi fungsionalitas atau desain.

Ruang bisa dibagi ke dalam 2 kategori, yaitu ruang positif dan negatif. Ruang positif adalah ruang yang diisi oleh perabotan ataupun aksesoris, sedangkan ruang negatif adalah ruang kosong yang tidak diisi. Kedua elemen ruang tersebut perlu seimbang, agar tidak memberi kesan interior yang terlalu padat dan juga tidak terlalu polos.

 

2. Elemen Warna

Elemen warna pada desain interior dapat membangun suasana dan menonjolkan fitur ruangan. Warna pada desain interior dilihat sebagai faktor yang dapat mempengaruhi suasana dan emosi psikologis dari tubuh manusia. Seperti warna hijau dan biru yang dapat memberi kesan tenang yang cocok digunakan di dalam kamar tidur, sementara warna merah dikenal dapat mendorong nafsu makan sehingga lebih cocok jika digunakan di dapur.

Saat mempertimbangkan elemen warna dalam interior ruangan, pertimbangkan juga tentang aktivitas apa yang akan dilakukan pada ruangan tersebut. Lalu pertimbangkan pencahayaan alami dan buatan yang akan memengaruhi warna yang dipilih di saat siang dan malam hari karena cahaya dapat mempengaruhi persepsi warna.

 

3. Elemen Pencahayaan

Elemen pencahayaan merupakan salah satu aspek yang sangat penting pada sebuah interior ruangan. Tanpa pencahayaan, elemen-elemen lainnya tidak akan bisa menunjukkan potensinya secara penuh. Pencahayaan bisa dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu pencahayaan sesuai fungsinya, pencahayaan untuk aksen, dan pencahayaan untuk menambah suasana.

Saat mempertimbangkan pencahayaan, sangat penting bagi kita untuk mempertimbangkan aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan di ruangan tersebut. Baik kualitas dan kuantitas harus benar-benar dinilai di sini. Seperti pada ruang kerja yang lebih membutuhkan pencahayaan yang terang agar pekerjaan dapat dikerjakan lebih maksimal.

 

4. Elemen Dekorasi

Sentuhan dekorasi pada desain interior identik sebagai proses finishing atau penyempurnaan penataan interior. Elemen dekorasi berfungsi untuk menghias interior rumah agar terlihat lebih indah. Pemilihan dekorasi biasanya berdasar pada satu tema ataupun kesukaan pemilik rumah. Sentuhan dekorasi dipercaya dapat menambah kenyamanan pada suasana yang ada di dalam rumah.

 

5. Elemen Furniture

Pada interior ruangan pastinya membutuhkan elemen furniture untuk tampilan ruangan yang lebih lengkap dan sempurna. Dalam desain interior, furniture yang digunakan juga tidak boleh asal dalam memilih, kamu harus memperhatikan beberapa hal saat memilih furniture. Selain dari sisi fungsinya, kamu juga perlu memperhatikan sisi estetika dari furniture yang akan kamu gunakan.

Sisi estetika dari furniture dapat menambah keindahan interior rumah. Gunakan furniture dengan bahan dan warna yang selaras dengan tema ruangan. Beberapa furniture penting dalam desain interior, diantaranya meja, kursi, lemari, dan sofa. Dengan ukuran furniture yang beragam bisa rendah, tinggi, ramping, ataupun lebar.

 

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *