Lantai keramik yang kusam dan kotor tentu saja dapat membuat rumah jadi tidak terawat dan kurang nyaman. Selain itu lantai yang kotor juga dapat menjadi sarang bagi kuman pembawa penyakit yang bisa mengganggu kesehatan. Sangat penting untuk membersihkan lantai keramik agar rumah kembali nyaman.

DACORETips Membersihkan Keramik Rumah

Merawat keindahan rumah agar tetap terjaga bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Dimulai dari melakukan cat ulang pada area dinding rumah yang warnanya mulai luntur dan kusam, atau bisa juga dengan membersihkan lantai keramik yang kusam, bernoda dan berkerak. Lantai keramik yang kotor tentu akan mengurangi keindahan dan memberikan kesan rumah tidak terawat. Selain itu lantai keramik yang kotor dapat menjadi sarang kuman yang dapat membawa penyakit jika tidak dibersihkan.

Lantai keramik yang tidak rutin dibersihkan semakin lama akan semakin kusam dan berkerak. Selain terlihat kotor, lantai yang berkerak juga akan membuat kamu jadi kurang nyaman. Jika tidak segera dibersihkan, kotoran yang menempel pada keramik akan semakin sulit untuk dibersihkan seperti semula. Jika itu terjadi, tentu akan lebih repot dan mengeluarkan biaya lagi untuk menggantinya dengan keramik yang baru,

Dalam membersihkan keramik rumah yang kusam dan berkerak, diperlukan perlakuan khusus dibanding dengan membersihkan bagian rumah lainnya. Jika pada bagian rumah lain cara pembersihannya hanya perlu disiram dengan air lalu digosok hingga kotorannya terangkat. Pada lantai keramik, diperlukan tambahan pembersih agar kotoran dapat terangkat dan membuat keramik bersih kembali.

Mau bikin interior rumahmu jadi lebih keren dan menarik? Percayakan aja kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Bagaimana cara membersihkan keramik yang kusam dan berkerak? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Tips Membersihkan Keramik Rumah

1. Membersihkan dengan Larutan Cuka

Keramik yang terlihat kusam tentu sangat mengganggu jika tidak dibersihkan. Salah satu cara untuk membersihkannya yaitu dengan larutan cuka yang sudah banyak dikenal sebagai bahan pembersih lantai keramik kusam. Selain membersihkan noda di lantai dengan mudah, larutan cuka juga ternyata bisa membuat lantai lebih berkilau.

Hal tersebut disebabkan oleh larutan cuka yang bersifat asam, sehingga efektif merontokkan kotoran yang menyebabkan lantai keramik jadi terlihat kusam. Cara membersihkan lantai keramik dengan larutan cuka juga sangat mudah. Kamu cukup mencampurkan cuka dengan air hangat, lalu digunakan sebagai cairan pembersih lantai. Lakukan pembersihan secara rutin untuk menjaga lantai keramik tetap bersih.

2. Membersihkan Keramik dengan Baking soda

Selain menggunakan larutan cuka, bahan lain seperti baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda membandel pada lantai keramik yang kusam. Cara membersihkan lantai keramik yang kusam dengan baking soda pun sangat mudah.

Kamu hanya perlu menaburkan beberapa sendok baking soda ke lantai, lalu berikan sedikit air agar baking soda bereaksi. Setelah itu bersihkan lantai dengan cara digosok-gosokkan menggunakan kain pel atau tapas hingga noda kusamnya terangkat. Lakukan terus secara ruitn untuk menjaga kualitas lantai yang bersih dari noda.

3. Membersihkan keramik Secara Alami dengan Lemon

Menghilangkan kusam pada lantai keramik juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Seperti lemon yang merupakan salah satu buah yang sering dimanfaatkan untuk membersihkan noda, baik pada pakaian, maupun noda yang ada di lantai. Lemon mengandung zat antibakteri yang mampu membunuh kuman dan menghilangkan bau tidak sedap.

Caranya penggunaannya yaitu dengan mencampurkan perasan lemon dan air hangat dengan perbandingan 1 : 3, lalu masukkan ke dalam botol sprayer dan semprotkan ke lantai keramik yang kusam. Diamkan beberapa saat dan pel hingga lantai terlihat bersih.

4. Membersihkan Keramik Rumah dengan Bubuk Kaporit

Bubuk kaporit sering digunakan untuk menjernihkan air. Tapi, ternyata kamu juga bisa menggunakan bubuk kaporit untuk menghilangkan noda kusam pada lantai keramik. Cukup menaburkan bubuk kaporit ke seluruh lantai dan diamkan selama satu jam.

Setelah itu, gosok Lantai keramik dengan tapas kasar dan bilas menggunakan air hangat hingga bersih. Ulangi hal tersebut hingga 3-4 kali sampai noda kusam yang menempel hilang dan lantai kembali bersih.

5. Membersihkan dengan Bubuk Pembersih Metachem

Metachem merupakan bubuk pembersih khusus permukaan keramik atau porselen. Penggunaan bubuk metachem biasa digunakan dan sudah terbukti di dunia kebersihan. Penggunaannya bisa diaplikasikan dengan mesin poles, hand poles, ataupun digosok dengan tapas secara manual, untuk membersihkan kerak dan kotoran di lantai, dinding kamar mandi, dan wastafel.

Cara penggunaannya dengan menaburkan bubuk metachem seperlunya pada permukaan yang sudah dibersihkan atau bebas dari debu dan pasir, semprot sedikit air, lalu gosok dengan tapas atau mesin sampai berubah menjadi pasta, setelah itu bilas sampai bersih.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *