Ditengah inflasi dan naiknya harga-harga barang saat ini, investasi banyak dipilih untuk mengamankan keuangan yang dimiliki. Tapi jenis investasi apa yang cocok untuk pemula ya…

DACORE – Investasi Yang Cocok Untuk Pemula

Saat ini sudah ada banyak orang yang mulai melek terhadap finansial. Ditengah ancaman inflasi dan kenaikan harga-harga barang yang mulai dirasakan. Banyak orang mulai sadar bahwa menghemat pengeluaran dan menabung saja tidak cukup.

Perlu cara lain untuk mengembangkan uang yang dimiliki. Salah satu caranya yaitu dengan mulai untuk berinvestasi. Dengan berinvestasi, kamu dapat mengelola keuangan untuk mendapat keuntungan di masa depan.

Ada beberapa jenis investasi yang cocok untuk pemula. Seiring dengan berkembangnya jaman, investasi pun bisa kamu lakukan dengan mudah kapan saja dan dimana saja.

Meski begitu kamu perlu memahami jika semua jenis investasi pasti ada resikonya, keuntungannya pun tidak bisa kamu rasakan dalam waktu singkat. Perlu waktu jangka panjang untuk bisa merasakan keuntungan dari investasi yang kamu jalani.

Untuk membangun rumah yang indah, percayakan aja semua kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Daripada bingung memilih jenis investasi yang cocok untuk kamu sebagai pemula. Simak aja informasi berikut ini.

Investasi Yang Cocok Untuk Pemula

investasi untuk pemula
Sumber: pinterest.com

Investasi Emas Untuk Pemula

Untuk kamu sebagai investor pemula, emas dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mulai berinvestasi. Emas terbukti menjadi instrumen investasi yang tepat dari dulu hingga saat ini, karena harganya yang cenderung naik dan stabil. Likuiditas emas pun sangat tinggi, sehingga memudahkan untuk pencairan saat kamu membutuhkan dana.

Saat ini berinvestasi emas pun sudah jauh lebih mudah karena banyaknya tempat jual beli emas. Selain itu cara investasi emas pun lebih beragam dengan hadirnya emas digital. Kamu bisa melakukan jual beli emas kapan saja dan dimana saja.

Sebelum memilih berinvestasi emas, kamu perlu memahami jika emas merupakan instrumen investasi untuk jangka panjang. Keuntungan baru bisa kamu rasakan setelah jangka waktu 5-10 tahun kedepan.

Investasi Reksadana

Reksadana adalah instrumen investasi yang sifatnya mengumpulkan dana dari investor yang kemudian ditempatkan dalam portofolio efek oleh seorang manajer investasi untuk diinvestasikan ke dalam saham, obligasi atau pasar uang. Dengan porsi penempatannya dananya nanti akan diatur oleh seorang manajer investasi yang profesional.

Jenis investasi reksadana sangat cocok untuk investor pemula yang masih kebingungan untuk berinvestasi. Reksadana berarti kamu mempercayakan danamu kepada seorang profesional agar diatur sebaik mungkin. Itu tentu memudahkanmu dalam berinvestasi.

Beberapa jenis reksadana yang bisa kamu pilih di antaranya reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana syariah.

Deposito Bank Untuk Investor Pemula

Investasi pada deposito bank merupakan simpanan dana di bank yang keuntungannya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu, biasanya dalam jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan sampai 24 bulan. Deposito merupakan pilihan yang lebih baik dibanding dengan menabung di bank.

Investasi deposito cukup populer dan banyak dipilih karena termasuk investasi yang aman dan minim resiko karena sudah dijamin oleh lembaga penjamin simpanan. Meski begitu, deposito memiliki kekurangan karena pencairannya yang tidak bisa diambil sewaktu-waktu.

Investasi Obligasi

Obligasi adalah pilihan investasi yang cocok untuk investor pemula karena tingkat pertumbuhannya yang lebih tinggi dibanding deposito bank tapi tetap minim resiko. Obligasi dapat berbentuk surat utang negara (SUN), obligasi rekap, obligasi retail indonesia, dan surat berharga syariah negara atau SBSN.

Investasi Saham

Investasi saham saat ini semakin populer karena keuntungannya yang jauh lebih besar dibanding investasi lainnya. Selain itu investasi saham saat ini sudah jauh lebih mudah dengan adanya broker-broker digital yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja hanya melalui smartphone kamu.

Meski begitu, investasi saham tergolong investasi yang beresiko tinggi karena fluktuasi pasar saham yang tinggi. Untuk itu kamu perlu lebih berhati-hati sebelum investasi pada saham, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu.

P2P Lending Untuk Pemula

Jika kamu termasuk orang yang suka memberikan pinjaman kepada orang lain, ada baiknya kamu mencoba berinvestasi di P2P Lending atau Peer to Peer Lending. Suatu platform jasa keuangan yang mempertemukan orang yang membutuhkan modal dengan orang yang memberikan modal atau investor.

Kamu akan mendapatkan keuntungan dari bunga pinjaman yang cukup tinggi. Menaruh dana di P2P lending jauh lebih aman dibanding kamu hanya meminjamkan begitu saja danamu kepada orang lain. Meski begitu tetap saja pilih P2P Lending yang sudah diawasi oleh OJK agar danamu terjamin.

Investasi Crowdfunding

Crowdfunding merupakan model pendanaan yang melibatkan banyak investor melalui platform digital. Kamu bisa memilih untuk ikut mendanai suatu usaha yang menurutmu dapat memberikan keuntungan tinggi di masa depan.


Dari informasi yang diberikan di artikel ini, kamu dapat menentukan investasi yang cocok dengan dirimu.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *