Pintu merupakan salah satu bagian penting dari rumah yang tidak bisa dipisahkan. Karena perannya yang penting, memilih jenis pintu untuk pintu utama ataupun ruangan tentu tidak boleh salah.

jenis-jenis pintu rumah
Sumber: Pinterest

DACOREJenis-Jenis Pintu Rumah

Pintu merupakan salah satu bagian penting dari rumah yang tidak bisa terpisahkan. Adanya pintu berfungsi untuk membuka tutup akses dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Pintu juga berfungsi untuk menjaga privasi pemilik rumah.

Selain berfungsi untuk akses rumah dan menjaga privasi, pintu juga digunakan untuk menggambarkan karakter pada suatu rumah. Hal itu karena pintu memiliki jenis-jenis yang berbeda fungsinya untuk setiap ruangan. Seperti jenis pintu kamar mandi yang pastinya berbeda dengan jenis pintu untuk kamar tidur.

Dengan beragam fungsi ruangan di rumah yang berbeda-beda, kamu perlu mengetahui karakter masing-masing dari jenis-jenis pintu yang ada. Model karakter rumah juga perlu dipertimbangkan dalam memilih jenis pintu. Seperti pintu kayu yang cocok jika digunakan pada model rumah industrial.

Dari sekian banyak jenis pintu rumah, ada beberapa jenis pintu yang biasa digunakan untuk pintu rumah. Kamu perlu menyesuaikan jenis pintu yang kamu pilih dengan ruangan-ruangan yang ada di rumahmu.

Bingung mau buat furniture rumah dengan model yang sesuai selera? Konsultasikan aja kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Apa saja jenis-jenis pintu rumah yang biasa digunakan? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Jenis-Jenis Pintu Rumah

1. Pintu Rumah dari Kayu

Jenis pintu yang terbuat dari kayu merupakan pintu tradisional yang sudah ada sejak dulu. Pintu kayu merupakan jenis pintu yang paling banyak digunakan karena materialnya yang mudah didapat. Selain itu pintu rumah kayu juga cocok untuk diaplikasikan pada berbagai ruangan di rumah. Jenis pintu ini pun sudah terbukti kokoh dan awet selama bertahun-tahun. Sehingga cocok untuk dijadikan sebagai pintu utama rumah dan pintu ruangan.

2. Pintu Jenis Panel

Selain pintu rumah kayu, jenis pintu panel juga bisa jadi opsi yang lebih ekonomis untuk pintu rumah. Pintu panel merupakan salah satu jenis pintu yang terbuat dari kayu olahan seperti papan MDF yang memiliki frame atau panel. Biasanya jenis pintu panel lebih sering digunakan pada perumahan karena harganya yang lebih terjangkau. Pintu rumah panel juga lebih bervariasi dari sisi bentuk, desain dan ukuran.

3. Pintu Rumah Kaca

Kaca biasanya digunakan untuk mempercantik tampilan pintu dan jendela. Tapi sekarang ini ternyata kaca juga bisa digunakan sebagai material utama dari pintu. Dengan material kaca tempered yang tebal, kamu gak perlu lagi khawatir pintu kaca akan mudah pecah. Menggunakan jenis pintu kaca juga dapat memberikan sentuhan mewah pada tampilan rumah. Sehingga rumah akan jauh lebih indah.

4. Pintu Berbahan PVC

Salah satu jenis pintu yang juga banyak digunakan adalah pintu PVC atau Polyvinyl Chloride yang terbuat dari bahan plastik yang biasa diaplikasikan pada industri konstruksi bangunan. Pintu PVC banyak dipilih karena kuat, tahan air, tidak mudah lapuk dan harganya terjangkau. Jenis pintu PVC biasanya digunakan sebagai pintu kamar mandi.

5. Pintu Rumah Baja

Soal kekuatan dan keamanan, jenis pintu baja tentu tidak usah diragukan lagi. Materialnya yang kokoh dan tahan lama merupakan alasan kenapa banyak orang memilih jenis pintu satu ini. Selain itu pintu baja juga memiliki banyak variasi model yang bermacam-macam seperti pintu lipat, terali, dan bermotif. Pemasangan pintu baja juga bisa dibilang mudah, sehingga tidak merepotkan saat dipasang.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *