Menjaga kebersihan toilet sangat penting, karena banyaknya kuman dan bakteri. Toilet yang bersih, higienis dan tidak berbau tentu akan membuat kamu lebih nyaman saat menggunakannya. Perlu cara yang benar untuk membersihkan toilet agar hasilnya juga maksimal.

Membersihkan Toilet Kotor
Sumber: Pinterest

DACORECara Membersihkan Toilet Rumah Yang Kotor

Bagi banyak orang, toilet mungkin jadi tempat paling kotor di rumah. Maksud dari kotor ini karena fungsi toilet yang biasa digunakan untuk buang air kecil dan besar. Tapi karena fungsinya yang digunakan untuk membuang kotoran tubuh, jadi membuat banyak orang meremehkan kebersihan ruangan satu ini.

Padahal menjaga kebersihan toilet sangat penting, karena banyaknya kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit jika tidak dibersihkan secara rutin. Selain itu toilet yang kotor tentu saja akan menimbulkan bau yang tidak sedap, sehingga membuat kamu jadi tidak nyaman saat menggunakannya.

Toilet yang bersih, higienis dan tidak berbau tentu akan membuat kamu lebih nyaman saat menggunakannya, dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan bakteri dan kuman. Kamu juga jadi tidak perlu malu saat ada tamu yang datang ingin menggunakan toilet di rumahmu.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin membersihkan toilet yang kotor, agar menjadi bersih dan nyaman digunakan kembali. Oleh karena itu penting untuk mengetahui langkah-langkah pembersihan yang benar.

Bingung mau bangun rumah tapi khawatir biayanya gak cukup? Konsultasikan aja kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Bagaimana cara yang tepat dalam membersihkan toilet yang kotor? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Cara Membersihkan Toilet Rumah Yang Kotor

1. Persiapkan Peralatan Untuk Membersihkan Toilet

Langkah pertama dalam membersihkan toilet yaitu mempersiapkan segala macam peralatan yang digunakan untuk membersihkan toilet. Diantaranya toilet bowl brush, sikat kecil, tapas kasar, kain lap, cairan pembersih dan pengharum. Dengan mempersiapkan peralatan yang lengkap, membersihkan toilet akan jadi lebih maksimal.

2. Gunakan Alat Pelindung Diri Sebelum Membersihkan Toilet

Toilet merupakan salah satu tempat yang bisa dibilang jadi sarang kuman dan bakteri yang bisa membawa penyakit. Oleh karena itu sebelum mulai membersihkan toilet, gunakan alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan karet. Menggunakan masker bermaksud agar kamu tidak mencium bau yang tidak sedap dari toilet, dan mencegah masuknya cipratan air dari toilet ke dalam mulut. Sedangkan penggunaan sarung tangan berfungsi untuk menjaga tangan kita tetap steril dari kuman dan bakteri.

3. Bersihkan Toilet Mulai dari Bagian Luar ke Dalam

Setelah semua peralatan kebersihan siap dan alat pelindung diri sudah digunakan, selanjutnya mulai bersihkan toilet terlebih dahulu dari bagian luar ke bagian dalam. Hal itu untuk mencegah bakteri dan kuman di bagian dalam toilet menyebar ke bagian luar. Lakukan pembersihan dengan cara berikut:

  1. Flush atau siram bagian dalam toilet terlebih dulu
  2. Setelah itu, bersihkan bagian lubang toilet dengan toilet bowl brush
  3. Sikat juga sela-sela bagian dalam toilet dengan sikat kecil, lalu flush atau siram kembali
  4. Semprotkan cairan pembersih ke dalam toilet, dan tunggu beberapa saat
  5. Setelah cairan sudah menyebar, sikat kembali bagian dinding dalam toilet dengan tapas kasar
  6. Langkah terakhir, flush atau siram kembali toilet

4. Bersihkan Dinding dan Aksesoris Sekitar Toilet

Setelah selesai membersihkan toilet, bersihkan juga dinding dan aksesoris di sekitar toilet agar terbebas dari kuman dan bakteri. Bersihkan dinding toilet dari bagian atas sampai bagian aksesoris terkecil. Hal ini perlu dilakukan agar semua bagian toilet bersih dan higienis.

5. Keringkan Toilet Setelah Selesai Dibersihkan

Agar lebih nyaman digunakan, keringkan toilet dari bagian dinding hingga bagian toilet dengan kain lap yang sudah disemprotkan cairan pengharum. Setelah itu kamu bisa menaruh pengharum ruangan di dalam toilet agar toilet bisa lebih nyaman saat digunakan.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *