Gaya arsitektur rumah merupakan salah satu faktor penting yang membuat tampilan rumah jadi lebih menarik. Terdapat berbagai macam gaya arsitektur rumah yang populer.

gaya arsitektur rumah
Sumber: Pinterest

DACOREMacam-Macam Gaya Arsitektur Rumah

Seiring berkembangnya jaman, rumah tidak lagi hanya dinilai sebagai rumah tinggal saja. Rumah juga menjadi simbol kebanggaan dan rasa percaya diri dari pemilik rumah. Tidak heran jika banyak orang berlomba-lomba membangun rumah dengan tampilan yang menarik. Untuk membuat tampilan rumah yang menarik, dibutuhkan yang namanya gaya arsitektur yang mencakup visual dan keindahan tampilan eksterior maupun interior rumah..

Berbagai macam gaya arsitektur rumah memiliki sebuah ciri khusus yang menggambarkan suatu masa atau letak daerah tertentu. Fungsi dari gaya arsitektur tersebut untuk memberikan tampilan rumah yang lebih indah. Tren gaya arsitektur sendiri terus mengalami perubahan di setiap masanya. Perubahan dan perkembangan gaya arsitektur muncul dari ide-ide baru yang dimiliki oleh para arsitek di dunia yang kemudian menginspirasi arsitek lainnya.

Sebelum membangun rumah, ada baiknya jika kamu mencoba mencari tahu lebih dulu tentang macam-macam gaya rumah yang terpopuler dan sesuai dengan seleramu. Selanjutnya kamu bisa menyesuaikan gaya arsitektur tersebut dengan kondisi dan kebutuhan yang kamu miliki.

Bingung mau buat desain rumah impian yang sesuai dengan kemauan? Percayakan aja kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Apa saja macam-macam gaya arsitektur rumah terpopuler? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Macam-Macam Gaya Arsitektur Rumah

1. Gaya Rumah Tropis

gaya arsitektur rumah
Sumber: Pinterest

Seperti namanya, gaya rumah tropis adalah sebuah konsep rumah yang dibangun untuk daerah dengan iklim tropis. Daerah tropis merupakan daerah dengan suhu yang hangat dan memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Indonesia merupakan salah satu yang termasuk kedalam daerah yang memiliki iklim tropis. Oleh karena itu rumah dengan gaya arsitektur tropis banyak ditemui di Indonesia.

Konsep rumah tropis memiliki ciri khas dimana biasanya terdapat banyak tanaman hijau di sekeliling rumahnya. Tanaman tersebut berfungsi untuk memberikan suasana rumah yang teduh dan menyatu dengan alam. Rumah dengan konsep tropis juga biasanya memiliki jendela berukuran besar, yang dibuat supaya cahaya sinar matahari dapat masuk kedalam rumah dengan baik.

2. Gaya Rumah Kolonial

Rumah bergaya kolonial belanda merupakan salah satu konsep rumah yang banyak ditemui di Indonesia. Hal ini tentu wajar karena faktor histori Indonesia dengan Belanda yang pernah ada di masa lalu. Hingga saat ini rumah dengan konsep kolonial masih dipertahankan dan digunakan kembali dengan desain yang lebih modern tentunya.

Gaya rumah kolonial memiliki tampilan yang klasik yang didominasi warna putih yang menjadi ciri khas bangunan kolonial. Pada konsep kolonial, rumah biasanya memiliki jendela di sekelilingnya sebagai sirkulasi udara dan cahaya yang masuk. Rumah juga memiliki taman pada bagian depannya.

3. Gaya Rumah American

Gaya arsitektur rumah American merupakan salah satu konsep desain rumah modern yang tak lekang oleh jaman. Tampilannya yang simpel dan mewah membuat rumah memiliki nilai estetika yang tinggi. Gaya arsitektur rumah satu ini identik dengan penggunaan kayu sebagai material utamanya, terlebih pada bagian eksterior. Meskipun begitu hal tersebut tetap tidak mengurangi tampilannya yang mewah dan elegan pada tampilannya.

4. Gaya Rumah Skandinavia

Sumber: marvin.com

Konsep rumah skandinavia merupakan gaya rumah yang terinspirasi dari rumah di negara-negara skandinavia seperti Swedia, Denmark, Norwegia, Finlandia, dan Islandia. Gaya arsitektur skandinavia memiliki ciri khas pada tampilannya yang minimalis dan natural. Rumah bergaya skandinavia lebih banyak menggunakan elemen kayu untuk memberikan kesan natural. Gaya ini juga lebih didominasi warna netral seperti putih dan krem pada eksterior dan interiornya.

5. Gaya Rumah Industrial

gaya arsitektur rumah
Sumber: archdaily.com

Gaya arsitektur industrial terinspirasi dari bangunan industri seperti pabrik dan gudang. Konsep ini pertama kali berasal dari eropa pada tahun 1950, saat ada banyak pabrik atau bangunan industri yang tidak digunakan. Pada akhirnya masyarakat eropa mulai memanfaatkan bangunan pabrik tersebut sebagai tempat tinggal. Sedangkan di Indonesia, rumah bergaya industrial baru populer belakangan ini, karena banyaknya orang yang tertarik denga tampilannya yang unik.

Gaya rumah industrial mengutamakan konsep yang sangat minimalis dengan dekorasi yang minim. Rumah bergaya industrial tampil adanya dengan konsep desain yang memberikan tampilan setengah jadi pada dinding dan lantai. Juga pemanfaatan barang-barang bekas biasa digunakan pada rumah dengan gaya ini. Sebaiknya kamu perlu menghindari penggunaan warna-warna cerah pada rumah bergaya industrial.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *