Ada banyak material lapisan yang bisa digunakan pada lantai dan dinding rumah agar terlihat lebih indah. Salah satunya yaitu material terazzo yang merupakan pilihan tepat untuk memperindah tampilan eksterior ataupun interior rumah.

Sumber: Pinterest

DACOREMengenal Material Terazzo

Pernah mendengar kata-kata Terazzo? Kalopun belum, hal itu wajar karena secara umum tidak banyak orang mengetahui apa itu Terazzo. Material terazzo lebih sering ditemui atau dikenal bagi orang yang mengenal dunia konstruksi bangunan.

Jika kamu pernah melihat material lantai atau dinding dengan corak-corak khas yang unik, itulah yang dinamakan terazzo. Terazzo adalah salah satu jenis material lantai yang memiliki ciri khas corak pada tampilannya. Terazzo dibuat dari pecahan marmer, semen, tegel dan pasir. Biasanya material ini digunakan untuk lantai dan dinding rumah agar tampilannya terlihat lebih indah.

Material terazzo dipilih karena merupakan salah satu jenis material yang dapat menambah keindahan rumah, dengan coraknya yang yang beragam dan dapat menjadi elemen dekorasi untuk menambah kesan estetik pada ruangan. Terazzo juga menjadi alternatif material yang lebih indah dibanding lantai keramik yang polos. Harganya pun jauh lebih murah dibanding material granit atau marmer.

Terazzo sendiri terbagi dalam 2 jenis yaitu terazzo kasar dan terazzo halus. Keduanya memiliki perbedaan dari sisi tekstur dan penggunaannya. Terazzo kasar dapat digunakan untuk lantai eksterior, sedangkan terazzo halus bisa dipasang di dalam ruangan.

Terazzo halus perlu dipoles setelah dipasang, agar permukaannya rata, halus, dan mengkilap. Sedangkan terazzo kasar tidak perlu dipoles karena teksturnya akan lebih terlihat saat terkena sinar matahari.

Bingung mau bangun rumah tapi khawatir biayanya gak cukup? Konsultasikan aja kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan terazzo, kamu perlu mengetahui informasi lengkap seputar jenis-jenis terazzo, juga kelebihan dan kekurangan dari material terazzo agar tidak salah ketika membeli.

Apa saja informasi lengkap seputar material terazzo? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Jenis-Jenis Corak Material Terazzo

1. Terazzo Corak Mosaik

material terazzo
Sumber: Grid.id

Terazzo dengan corak mosaik merupakan corak terazzo yang paling umum dan banyak digunakan sebagai dekorasi lantai. Hal itu karena terazzo pertama kali diciptakan oleh pekerja kaca mozaik asal Venezia di abad ke 15. Pada abad itu seni mosaik sangat terkenal hingga diaplikasikan menjadi dekorasi pada lantai. Jika kamu memilih material terazzo mosaik, disarankan untuk tidak menambah dekorasi atau furniture tambahan yang dapat merusak harmonisasi dari corak terazzo.

2. Material Terazzo Polos

material terazzo
Sumber: Pinterest

Terazzo tidak harus selalu memiliki tampilan corak yang mencolok. Ada juga terazzo polos yang terbuat dari material komposit halus yang tidak memiliki corak yang mencolok. Terazzo jenis ini cocok untuk kamu yang kurang menyukai lantai dengan motif atau warna yang mencolok. Penggunaan terazzo polos juga dapat memberi kesan rumah yang bersih dan minimalis.

3. Terazzo Corak Kompas

Seperti namanya, terazo jenis ini memiliki pola yang menyerupai kompas. Penggunaan terazo jenis ini selain untuk menambah keindahan, juga untuk memberi penunjuk arah. Terazzo kompas biasanya digunakan pada bangunan-bangunan besar seperti museum, rumah sakit, hingga masjid. Kehadiran terazzo kompas memberi kesan klasik dan unik.

Apakah kamu pernah menemukan logo pada lantai sebuah bangunan seperti sekolah, rumah sakit, atau gedung perkantoran? Lantai dengan logo tersebut adalah terazzo logo yang berfungsi untuk menunjukkan identitas dari organisasi tersebut.

5. Terazzo Corak Ulir

material terazzo
Sumber: tmsupply.com

Hampir sama seperti terazzo kompas, penggunaan terazo dengan corak ulir juga berfungsi untuk memberi penunjuk arah. Perbedaannya dengan corak kompas, terazzo corak ulir dimaksudkan untuk memberikan penunjuk arah yang lebih spesifik ke arah ruangan tertentu. Terazzo jenis ini lebih banyak digunakan pada tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan atau bandara.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *