Beda banget! Yuk cari tahu perbedaan desain interior dan eksterior – Tahu nggak sih kalau design interior dan eksterior itu berbeda? Untuk tahu lebih lengkapnya simak yuk! Dacore sudah menyajikan perbedaan desain interior dan eksterior khusus untuk Anda. Happy reading…

PERBEDAAN DESAIN INTERIOR DAN EKSTERIOR || DACORE

Secara pengertian, desain interior dan eksterior merupakan dua hal yang berbeda. Sudah bisa dilihat dari suku kata pertama yaitu ‘In’ dan ‘Eks’ yang mana artinya dalam dan luar. Namun, dua hal ini saling berkaitan. Simak sampai habis ya!

Pengertian dan Contoh Desain Interior

Desain interior adalah desain yang berhubungan dengan semua unsur yang berada di dalam suatu bangunan. Beberapa diantaranya seperti kamar tidur, kamar mandi ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur. Tidak hanya itu saja, desain interior juga mencakup penempatan seluruh elemen di dalam ruangan termasuk pendukung seperti furniture/perabotan.

Pengertian dan Contoh Desain Eksterior

Sebaliknya, jika desain interior berhubungan dengan semua unsur yang berada di dalam, desain eksterior justru memiliki pengertian desain dengan fokus pada semua unsur di luar bangunan yang kontak langsung dengan udara, angin, dan air hujan. Bentuk bangunan, teras, taman, pintu dan jendela, serta pagar adalah beberapa contoh yang elemen yang berkaitan dengan desain eksterior.

Baca juga : Pengertian Desain Interior Dan Desain Eksterior

Perbedaan Desain Interior dan Desain Eksterior

  1. Berdasarkan Prinsip Kerjanya
    Perbedaan desain interior dan eskterior adalah terletak pada prinsip kerjanya. Mari kita bahas satu persatu dimulai dari desain interior. Desain interior lebih cenderung ke tata letak sebuah ruangan. Contohnya seperti penembatan furniture agar ruangan sedap dipandang serta nyaman ditinggali. Sehingga, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan diantaranya seperti focal point, psikologi, warna, selera, estetika, gaya, dan balance. Dalam bidang ini, sangat disarankan untuk menggunakan jasa designer interior.
    Mari beralih pada prinsip kerja desain eksterior. Fungsi desain eksterior adalah untuk menyesuaikan konsep yang diinginkan untuk sebuah bangunan. Namun, tidak lupa dengan tetap memperhatikan kekuatan/ kekokohan melalui survei material. Jadi, desain eksterior lebih berfokus pada model dan bentuk rumah jika dilihat dari luar.
  2. Berdasarkan Materialnya
    Tentunya material yang digunakan pada desain interior dan eksterior sangatlah berbeda. Biasanya kualitas atau ketahanan dari material yang digunakan untuk desain eksterior lebih mantab. Hal ini berguna untuk melindungi rumah dari gangguan luar, baik angin, sinar matahari, ataupun air hujan, serta gangguan luar lainnya. Rata-rata orang hanya memperhatikan eksteriornya saja tanpa memperhatikan interior dengan maksimal.
  3. Berdasarkan Fokus Elemennya
    Seperti yang telah disampaikan di atas, fokus elemen desain interior dengan eksterior berbeda. Elemen desain interior seperti:
    a. Ruang tidur : kasur, bantal, guling, selimut, lampu tidur, dan lemari pakaian.
    b. Ruang tamu : meja dan kursi, lukisan, hiasan dinding, dan pendukung lainnya.
    c. Kamar mandi : bathtub, wastafel, closet, shower, dsb.
    Sedangkan elemen desain interior seperti berikut ini:
    a. Konsep/skala : kesan yang ingin ditonjolkan dalam penampilan suatu bangunan.
    b. Tekstur : licin, lembut, atau kasar.
    c. Bentuk : gaya yang ingin digunaka
    d. Warna : pemilihan warna agar sesuai dengan konsep dan bentuk yang ingin dibuat.

Itu dia perbedaan desain interior dengan desain ekterior. Beda banget kan? Tapi, jangan lupa walaupun beda, mereka berdua tetap akan selalu berkaitan untuk menciptakan kesimbangan yang sempurna dalam sebuah bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *