Ide memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga. Kadang bingung ruang kosong di bawah tangga mau dijadiin apa? Cusss, siapa tahu artikel ini bisa jadi referensi untuk Anda!

Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Rumah dengan tanah yang tidak terlalu luas seringkali dibangun secara bertingkat. Hal semacam itu bisa menjadi alternatif untuk ruang tambahan. Nah, rumah bertingkat pastinya akan memiliki tangga di dalamnya. Nah, solusi lain untuk menghemat tempat di dalam rumah Anda adalah dengan cara memanfaatkan ruang bawah tangga, Banyak sekali konsep yang bisa Anda terapkan untuk ruang bawah tangga, antara lain sebagai berikut:

  1. Jadikan sebagai ruang penyimpanan
    Ruang bawah tangga bisa dimanfaatkan sebagai ekstra tempat penyimpanan. Anda bisa membuat lemari terbuka maupun tertutup di sana.
  2. Jadikan mini library
    Bagi Anda yang suka membaca buku, ide ini sangatlah disarankan. Namun, ide ini tidak hanya diperuntukkan bagi yang suka baca buku saja. Anda semua boleh menerapkannya. Anda bisa memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga tersebut dengan diisi atau di desain sebagai rak buku. Perpustakaan kecil di bawah tangga bisa menambah warna dalam hambarnya rumah.
  3. Jadikan ruang kerja
    Hah gimana? Ruang kerja di bawah tangga? Memangnya bisa? Ya bisa dong! Anda bisa menyulap bawah tangga Anda menjadi ruang kerja. Letakkan meja kerja menyatu dengan ruang kosong di bawah tangga, Anda juga bisa menambahkan rak-rak yang menyatu sebagai penyimpanan buku ataupun perlengkapan kerja.

Baca Juga : 6 Cara Kreatif Memanfaatkan Ruangan di Bawah Tangga

Penataan Bawah Tangga

Ada banyak sekali ide memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga dari berbagai sumber yang bisa Anda terapkan. Dekorasi untuk bawah tangga pun sangat beragam konsep dan desainnya. 

Bagi Anda yang menyukai konsep minimalis, tak usah khawatir, Anda tetap bisa mewujudkannya. 

  1. Jadikan tempat santai
    Jangan salah, penataan ruang di bawah tangga bisa ditambahkan tempat duduk beserta bantal-bantal yang bisa dijadikan tempat bersantai. Anda bisa duduk atauu tidur meringkuk di dalamnya.
  2. Sebagai pajangan seni
    Anda bisa membuat bawah tangga rumah Anda sebagai tempat pajangan seni, disana Anda bisa meletakkan beberapa dekorasi berupa bingkai foto.
  3. Tempat tanaman hias indoor
    Daripada ruang bawah tangga kosong dan tidak digunakan, ruang tersebut memiliki peluang yang besar untuk dijadikan tempat hunian dari para hama, seperti semut, nyamuk, kecoa, dan lain sebagainya. Kalau begitu Anda bisa manfaatkan ruang kosong di bawah tangga tersebut dengan cara meletakkan tanaman hias indoor yang cantik. Kemudian, Anda bisa menambahkan aksen lampu atau yang lainnya yang bisa mempercantik rumah Anda.

Baca Juga : Cara Menata Ruangan Apartemen Agar Tetap Comfy

Desain Kamar Mandi Bawah Tangga

Ruang bawah tangga umumnya tidak terlalu luas. Namun, jangan salah, Anda tetap bisa mempergunakan bawah tangga tersebut dengan cara mengubahnya menjadi kamar mandi. Yap! Kamar mandi minimalis tentunya. 

Pertanyaan yang paling sering di tanyakan dalam kasus ini adalah mengenai berapa sih standar tinggi kamar mandi bawah tangga? Jawabannya adalah standar tinggi yang bergantung pada antopometrik rata rata tubuh pengguna atau penghuni, kalau kita di indonesia rata rata tinggi manusia dewasa berada di antara 160 – 165 cm dan sedikit yang lebih tinggi dari itu, sehingga standar ketinggian terendah bisa kita asumsikan pada ketinggian 2 meter bersih.

Sedangkan untuk luasnya, sekitar 1,5 x 1,5 m atau jika ingin dibuat luas lagi sekitar 2,3 x 2,3 m. Kan sudah dibilang kalau ini desain untuk kamar mandi minimalis. Tapi apa salahnya dicoba jika bisa membuat rumah Anda makin nyentrik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *