Indonesia merupakan salah satu daerah yang rawan terjadi gempa bumi. Saat gempa bumi terjadi, bangunan rumah pada umumnya akan mengalami kerusakan seperti dinding yang retak atau bahkan roboh, tergantung seberapa kuat guncangannya. Keberadaan rumah tahan gempa dapat menjadi jawaban untuk membuat rumah tetap kuat berdiri saat terjadi gempa bumi.

rumah tahan gempa
Sumber: newatlas.com

DACORECiri Rumah Tahan Gempa

Sudah bukan rahasia umum, jika gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang paling sering terjadi di Indonesia. Hal tersebut karena Indonesia dilalui oleh jalur pertemuan 3 lempeng tektonik yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng pasifik. Pertemuan 3 lempeng tektonik tersebut menyebabkan Indonesia jadi daerah yang rawan terhadap gempa bumi.

Terjadinya gempa bumi disebabkan adanya pergerakan lempeng tektonik di kerak bumi yang mengakibatkan permukaaan tanah bergeser secara signifikan dari posisi semula. Gempa bumi juga dapat menyebabkan bencana alam lain yang lebih besar seperti Tsunami, jika pergeseran lempeng terjadi di dasar laut. Akibat dari terjadinya gempa bumi dapat menyebabkan banyak kerusakan, salah satunya kerusakan rumah bahkan sampai roboh.

Gempa bumi dapat membuat rumah mengalami kerusakan, seperti retak pada dinding atau lantai bahkan sampai menyebabkan rumah roboh. Selain disebabkan goncangan yang besar dari gempa bumi, konstruksi bangunan yang tidak tahan gempa juga membuat rumah jadi lebih mudah mengalami kerusakan hingga roboh.

Konstruksi rumah tahan gempa dapat membuat rumah jadi lebih kokoh dan kuat dalam menahan goncangan yang diakibatkan oleh gempa bumi. Rumah yang kokoh tentu saja dapat memberikan rasa aman dan nyaman. Kamu tidak perlu terlalu cemas dan khawatir rumah akan mengalami kerusakan jika suatu waktu terjadi bencana gempa bumi.

Mau bikin interior rumahmu jadi lebih keren dan menarik? Percayakan aja kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Bagaimana konstruksi rumah yang tahan gempa? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Ciri Rumah Tahan Gempa

1. Material Bangunan Rumah Tahan Gempa

Dalam pembangunan rumah, pemilihan material bangunan yang baik merupakan bagian terpenting. Apalagi jika material tersebut digunakan untuk membuat bangunan yang tahan dari goncangan seperti gempa bumi. Material bangunan yang digunakan harus memiliki kualitas terbaik dan sudah teruji dengan baik.

Material bangunan yang berkualitas tentu memiliki harga yang jauh lebih mahal dibanding material dengan kualitas lebih rendah. Namun rumah dengan material yang berkualitas dapat membuat rumah jadi lebih kokoh dan awet selama bertahun-tahun. Berbeda dibanding rumah dengan material kualitas rendah yang walaupun harganya lebih murah tapi mudah mengalami kerusakan saat terjadi sedikit goncangan.

2. Pondasi Rumah Yang Kokoh & Kuat

Dibalik rumah yang mampu menahan goncangan seperti gempa bumi, tentu ada pondasi rumah yang dibuat dengan kokoh dan kuat. Pondasi merupakan bagian penting dari struktur rumah yang letaknya berada di bagian terbawah dan berfungsi menyalurkan beban ke tanah. Kekuatan pondasi rumah yang kokoh mampu membuat rumah tetap berdiri tegak tanpa mengalami kerusakan.

Pondasi rumah dibuat diatas tanah yang keras dengan kedalaman hingga 70cm, dengan beragam material seperti batu kali atau beton yang dicor dengan semen hingga tidak ada celah untuk masuknya air yang bisa membuat rumah jadi mudah roboh.

3. Struktur Bangunan Ringan & Kuat

Saat terjadi goncangan besar akibat gempa, rumah dengan struktur bangunan yang ringan dan kuat lebih mampu menahan goncangan tersebut. Dengan struktur bangunan yang lebih berat, kerusakan akibat gempa dapat menjadi lebih besar karena bobot dari struktur bangunan. Rumah yang mampu menahan gempa biasanya terbuat dari material bata yang ringan dan kuat atau material kayu yang kuat.

4. Bentuk Desain Rumah Yang Sederhana

Rumah dengan desain bentuk yang rumit biasanya tidak kuat dalam menahan guncangan saat gempa terjadi. Hal ini disebabkan karena struktur rumah yang memiliki beban berat dan banyaknya material yang digunakan sehingga membebani rumah. Rumah tahan gempa pada umumnya memiliki desain yang lebih sederhana dan mengutamakan fungsi.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *