Terjadinya resesi memang terdengar menakutkan bagi banyak orang. Keadaan ekonomi yang tidak stabil dan ketidakpastian pekerjaan dapat memberikan rasa takut yang berlebihan. Akan tetapi keadaan akan jauh lebih baik dengan melakukan persiapan dalam menghadapi resesi yang terjadi.

DACOREPersiapan Menghadapi Resesi

Akhir-akhir ini berita soal resesi banyak muncul, baik di surat kabar, televisi bahkan di media sosial. Pemberitaan tersebut menyebutkan jika tahun 2023 akan terjadi resesi ekonomi secara global. Beberapa negara besar bahkan sudah mulai merasakan tanda-tanda penurunan ekonomi. Yang mana hal tersebut membuat beberapa negara menaikkan suku bunga, untuk mengendalikan inflasi dan menjaga ekonomi agar tetap stabil.

Resesi global adalah kondisi menurunnya pertumbuhan ekonomi yang terjadi di seluruh dunia yang terlihat dari aktifitas ekonomi yang turun secara terus menerus selama dua kuartal berturut-turut. Negara dengan aktifitas tersebut bisa disebut sedang mengalami resesi. Munculnya pandemi beberapa tahun lalu dan konflik antara rusia dan ukraina menjadi penyebab dari penurunan ekonomi di seluruh dunia.

Terjadinya resesi ekonomi tentu saja menakutkan bagi banyak orang, efek negatif dari terjadinya resesi dapat berdampak pada biaya hidup yang semakin tinggi, terjadi banyak pemberhentian kerja secara masal, suku bunga yang meningkat, dan ekonomi yang memburuk. Dampak dari resesi ekonomi tersebut dapat dirasakan oleh perusahaan dan perorangan.

Meski terlihat menakutkan, tapi ternyata bagi beberapa orang lainnya, terjadinya resesi tidak memberikan dampak buruk. Bahkan saat resesi terjadi ada banyak orang yang justru bisa mengambil keuntungan. Efek negatif dari resesi tidak dirasakan karena beberapa orang sudah mempersiapkan diri sebelum resesi terjadi. Mereka mulai mempersiapkan diri saat banyak orang justru sibuk dengan rasa takut yang berlebihan.

Belajar dari pengalaman resesi yang pernah terjadi sebelumnya, adanya persiapan dalam menghadapi resesi membuat kamu jadi bisa mengantisipasi hal buruk yang mungkin saja terjadi nantinya.

Mau renovasi rumah tapi takut gak sesuai rencana? Percayakan aja kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi resesi? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Persiapan Untuk Menghadapi Resesi

1. Persiapkan Tabungan Dana Darurat

Memiliki tabungan dana darurat sangat diperlukan untuk menghadapi kondisi ekonomi yang tidak stabil akibat resesi. Dengan memiliki tabungan, hal-hal buruk seperti kenaikan harga ataupun pemutusan kerja dapat kamu tangani dengan lebih baik.

Bayangkan saja jika kamu tidak memiliki tabungan dana darurat saat resesi terjadi, hal tersebut tentu akan membebani dirimu dan membuat kondisi ekonomi pribadi menjadi buruk. Adanya tabungan juga dapat kamu gunakan untuk membuka usaha baru yang dapat menambah pemasukan.

2. Lunasi Hutang Yang Dimiliki

Saat resesi terjadi, biasanya negara akan menaikkan suku bunga bank untuk mengendalikan inflasi dan menjaga ekonomi agar tetap stabil. Suku bunga yang tinggi tentu akan sangat membebani, ketika kamu memiliki hutang terkait bank.

Untuk itu segera lunasi hutang dan hindari berhutang agar kamu tidak terkena dampak negatif dari ekonomi yang memburuk. Jangan memaksakan diri untuk berhutang apalagi untuk kebutuhan konsumtif yang tidak diperlukan. Kalaupun terpaksa untuk berhutang, pastikan hutang yang kamu miliki untuk kebutuhan produktif yang bisa memberikan pemasukan kembali.

3. Membatasi Pengeluaran Yang Tidak Perlu

Saat keadaan ekonomi sedang tidak stabil, kamu dituntut untuk menggunakan uang dengan lebih bijak. Batasi pengeluaran untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan, terlebih jika itu hanya untuk kesenangan sesaat. Gunakan uang dengan sewajarnya saja sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan.

4. Buat Laporan Keuangan Pribadi

Dalam menghadapi situasi ekonomi yang tidak stabil, memiliki laporan keuangan pribadi dapat membantu mengatur keuanganmu jadi lebih baik. Tanpa adanya laporan keuangan, kamu tidak akan mengetahui berapa pengeluaran yang sudah dikeluarkan. Kamu akan cenderung menganggap sepele uang yang dikeluarkan.

Meskipun uang yang dikeluarkan terlihat sedikit, jika kamu melakukan terlalu sering akan tetap menguras kantong pribadimu. Apalagi jika itu digunakan untuk hal yang tidak diperlukan. Dengan adanya laporan keuangan, pengeluaranmu akan lebih terkontrol.

5. Melakukan Pekerjaan Sampingan

Walaupun kamu sudah memiliki pekerjaan, tidak ada salahnya jika kamu memiliki pekerjaan sampingan lainnya. Selain memberikanmu pendapatan tambahan, memiliki pekerjaan sampingan juga akan membuat keuanganmu lebih aman saat resesi terjadi. Jika perusahaan tempatmu bekerja terkena dampak buruk, kamu tidak akan terlalu stress karena memiliki pekerjaan sampingan lainnya.

6. Lakukan Diversifikasi Aset Investasi

Resesi yang terjadi secara global tidak hanya berdampak buruk bagi ekonomi saja, tapi juga mempengaruhi nilai suatu aset investasi. Nilai suatu aset investasi akan lebih tidak stabil saat kondisi ekonomi sedang memburuk, nilainya akan cenderung mengalami penurunan bahkan anjlok.

Jika kamu berinvestasi, jangan taruh semua danamu dalam satu keranjang, lakukan diversifikasi aset untuk menghindari kerugian yang besar. Jika kamu melakukan diversifikasi dengan menaruh danamu ke dalam beberapa aset investasi yang berbeda, saat salah satu asetmu mengalami penurunan, maka kamu masih mungkin bisa mendapatkan keuntungan dari aset yang lainnya.

7. Tingkatkan Kemampuan Diri

Belajar dari keadaan terdahulu saat resesi, dimana banyak perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja untuk membuat keuangannya tetap stabil. Sangat penting untuk meningkatkan kemampuan diri agar perusahaan melihatmu sebagai sosok yang dibutuhkan dan dipertahankan bahkan saat situasi sulit. Meskipun nantinya kamu tetap terkena pemutusan kerja, dengan kemampuan diri yang baik kamu dapat jauh lebih mudah menemukan pekerjaan kembali nantinya.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *