Pemilihan material bangunan merupakan proses yang penting saat membangun rumah. Material bangunan berkualitas yang dipilih dapat membuat rumah jadi lebih kokoh dan tahan lama. Salah satunya material batako yang sekarang populer digunakan sebagai dinding rumah.

material batako
Sumber: Pinterest

DACOREMaterial Batako

Dalam proses pembangunan rumah, pemilihan material bangunan merupakan salah satu bagian penting. Material bangunanyang berkualitas tentu akan membuat rumah jadi lebih kokoh dan tahan lama. Sedangkan jika material yang dipilih memiliki kualitas yang buruk, maka akan membuat rumah jadi mudah dan cepat mengalami kerusakan. Dari segi keamanan pun, pemilihan material yang buruk bisa membahayakan pemilik rumah.

Proses pembuatan dinding rumah jadi salah satu bagian yang penting untuk diperhatikan. Hal tersebut karena dinding adalah elemen penting dari berdirinya sebuah rumah yang kokoh, dan tahan lama. Oleh karena itu mulai dari proses pembuatan hingga pemilihan materialnya harus tepat.

Material dinding rumah yang biasa digunakan adalah bata merah. Tapi sekarang material batako mulai banyak digunakan dalam membuat dinding rumah. Batako mulai populer digunakan sebagai material bangunan rumah, terutama pada perumahan baru. Batako dipilih karena memiliki jenis-jenis yang beragam untuk dijadikan sebagai dinding rumah.

Bingung mau bangun rumah tapi khawatir biayanya gak cukup? Konsultasikan aja kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Apa itu batako? Lalu apa saja jenis-jenisnya? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Apa Itu Batako?

Pernah mendengar Batako? Batako adalah material bangunan yang biasa digunakan dalam membuat dinding rumah. Batako merupakan salah satu pilihan alternatif material dinding rumah selain bata merah yang biasa digunakan. Pada umumnya, batako dibuat dari bahan campuran semen dan pasir yang dicampur dengan air, lalu dipadatkan dan dicetak dengan alat cetak berbentuk batu bata.

Proses pembuatan batako tersebut tentu sangat berbeda dengan pembuatan bata merah pada umumnya, yang melalui proses pembakaran dengan suhu tinggi. Pembuatan batako hanya perlu dikeringkan di tempat terbuka dan terkena sinar matahari secara langsung. Material batako memiliki berat yang lebih ringan dibanding bata merah yang terbuat dari tanah. Selain itu, ukuran pada batako juga jauh lebih besar dibanding bata merah.

Jenis-Jenis Material Batako

1. Batako Semen

Salah satu jenis dari batako yaitu batako semen. Batako semen merupakan batako yang terbuat dari campuran semen, pasir dan abu batu dengan luas penampang lubang lebih dari seperempat isi batanya. Batako jenis ini juga dinamai batako press karena pembuatannya yang mengalamai proses pencetakan atau press.

2. Batako Trass

Jenis batako trass atau batako putih sering juga disebut dengan batako kapur. Batako jenis ini terbuat dari campuran trass dan batu kapur. Trass merupakan lapisan tanah yang berasal dari abu gunung api yang biasanya berwarna putih kumal sampai cokelat muda. Cara pembuatan batako trass mirip dengan bata merah yang dibakar sampai bahannya menjadi padat dan keras.

3. Batako Beton

Material batako beton merupakan batako yang terbuat dari campuran semen Portland. Cara pembuatan batako ini sama seperti pada batako press yang hanya melalui proses pencetakan. Batako beton dicetak dengan ukuran yang telah memenuhi standar dan dapat digunakan sebagai material pembuat dinding. Proses pembuatan batako dilakukan dengan 2 cara yaitu secara manusal dengan tangan dan alat cetak, dan menggunakan mesin cetak.

Ukuran Material Batako

Selain beragam jenisnya, batako pun memiliki berbagai macam ukuran yang beragam. Ukuran batako tersebut berbeda-beda tergantung denga kebutuhan masing-masing, Untuk memudahkan dalam pemilihan batako, kamu perlu mengetahui ukuran batako yang tepat. Berikut tabel ukuran berbagai batako yang ada di pasaran.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *