Atap rumah merupakan elemen utama yang berfungsi sebagai pelindung rumah. Selain itu, pemilihan model rumah yang tepat dapat menambah keindahan eksterior rumah.

Sumber: Pinterest

DACOREModel Atap Rumah

Atap rumah merupakan salah satu bagian terpenting rumah yang fungsinya sangat dibutuhkan. Atap rumah berfungsi untuk melindungi pemilik rumah dari panas cahaya matahari dan arir hujan. Keberadaan atap juga membuat kebersihan rumah terjaga, karena membuat kotoran dan debu dari luar tidak bisa masuk kedalam rumah.

Bayangkan saja jika rumah kamu tidak memiliki atap, tentu kamu tidak akan merasa nyaman berada didalamnya. Kamu akan kepanasan saat cuaca panas, basah kehujanan, sampai kedinginan saat malam hari.

Selain untuk melindungi dari cuaca dan kotoran, beberapa model atap rumah juga dapat mempengaruhi penampilan eksterior rumah jadi lebih indah. Ada banyak model-model atap yang menarik dan dapat memperindah tampilan eksterior. Tampilan eksterior rumah yang menarik tentu akan membuat rumahmu jadi lebih sempurna.

Saat membangun rumah, penting untuk menentukan model atap yang tepat. Kamu perlu memilih atap dengan bentuk yang menarik tanpa mengurangi atau menghilangkan fungsi utamanya sebagai pelindung rumah. Pilih atap rumah dengan material yang kokoh dan tanah lama.

Bingung mau bangun rumah tapi khawatir biayanya gak cukup? Konsultasikan aja kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Apa saja model atap rumah yang menarik? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Berbagai Macam Model Atap Rumah

1. Model Atap Perisai

Salah satu model atap rumah yang sering digunakan di Indonesia adalah model atap perisai. Seperti namanya, model atap ini memiliki bentuk yang menyerupai perisai. Model atap ini mempunyai dua bidang trapesium dan juga dua bidang segitiga yang bertemu pada satu garis.

Model atap perisai sangat cocok dengan rumah dengan gaya minimalis modern, yang lebih menonjolkan kesederhanaan dalam tampilan eksteriornya. Bentuk atap perisainya juga mampu bertahan dari keadaan cuaca yang tidak menentu dan beriklim tropis. Sehingga akan aman untuk digunakan dalam jangka panjang.

2. Model Pelana

Memiliki bentuk seperti pelana kuda dengan dua sisi miring yang ditopang dinding berbentuk segitiga, Model atap pelana banyak digunakan sebagai atap rumah karena membuat arsitektur rumah jadi lebih elegan. Tampilannya yang cukup khas inilah yang membuat model atap ini banyak dikenal dan digunakan.

Tidak hanya dari sisi keindahan, model atap pelana juga sangat bermanfaat dari sisi fungsional. Atap ini mampu mengurangi suara berisik dari hujan yang bisa mengganggu kenyamananmu saat berada di dalam rumah. Kamu juga tidak perlu khawatir karena model atap ini sangat aman dan bisa bertahan untuk jangka panjang.

3. Model Atap Datar

Jika kamu ingin membangun rumah dengan desain minimalis modern, memilih model atap rumah datar sangat direkomendasikan. Tampilan eksterior rumah akan terlihat unik dan modern dibanding rumah pada umumnya.

Meskipun terlihat datar, model atap ini sebenarnya tetap memiliki sedikit kemiringan yang berfungsi untuk kebutuhan aliran air atau drainase. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan ada genangan air yang mengumpul di atap rumahmu.

4. Model Atap Miring

Seperti namanya, model atap ini memiliki tampilan atap yang miring dengan satu sisinya lebih tinggi dan sisi lainnya lebih pendek. Sehingga menghasilkan bentuk atap yang seperti bersandar. Model atapnya yang unik inilah yang membuat rumah jadi lebih menarik.

Model atap miring memiliki bebrapa keunggulan diantaranya air yang mudah mengalir ketika hujan karena faktor kemiringan atapnya. Atap ini juga lebih tahan lama dan lebih menarik dari segi eksterior.

5. Model Atap Kubah

Atap dengan model kubah mungkin sering kamu lihat dan temukan pada desain rumah tahan gempa. Tapi sebenarnya model atap ini juga bisa digunakan pada rumah secara umum. Model atap ini bisa membuat rumah jadi terlihat lebih mewah.

Tidak hanya terlihat mewah, atap ini juga membuat rumah jadi terlihat klasik tapi tetap tidak ketinggalan jaman. Model atap ini juga mampu mengalirkan air dengan lebih mudah.

6. Model Atap Melengkung

Model atap melengkung merupakan salah satu atap yang baru muncul dan populer belakangan ini. Atap ini populer karena tampilannya yang kreatif, modern dan elegan. Rumah jadi terlihat lebih mewah dengan menggunakan atap ini.

7. Model Mansard

Ingin memiliki rumah dengan gaya khas eropa? Rumah dengan atap mansard bisa menjadi pilihan yang tepat. Model atap ini mempunyai empat sisi dengan dua lereng di masing-masing atapnya yang jadi ciri khasnya.

Model atap ini biasanya digunakan pada model rumah klasik eropa. Dengan atap model mansard, kamu bisa memiliki banyak ruang tambahan untuk rumahmu.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *