Kebutuhan akan rumah atau tempat tinggal tentu merupakan kebutuhan pokok manusia. Rumah sangat dibutuhkan sebagai tempat berlindung dari cuaca panas dan hujan. Apalagi saat ini memiliki rumah jauh lebih mudah, karena adanya rumah KPR yang bisa dibeli dengan cara dicicil.

Sumber: Pinterest

DACOREInformasi Rumah KPR

Kebutuhan pokok manusia secara umum terbagi menjadi 3 jenis, yaitu sandang, pangan dan papan. Kebutuhan sandang adalah pakaian yang digunakan sehari-hari, kebutuhan pangan adalah kebutuhan manusia terhadap makanan yang dikonsumsi, sedangkan kebutuhan papan adalah rumah atau tempat tinggal.

Meskipun ketiga kebutuhan pokok tersebut sama pentingnya, namun bisa dibilang kebutuhan papan atau tempat tinggal adalah kebutuhan yang paling penting. Rumah sangat dibutuhkan sebagai tempat berlindung dari cuaca panas dan hujan, dan sebagai tempat untuk berisitirahat yang aman dan nyaman.

Memiliki rumah pribadi tentu tidak semudah membeli pakaian ataupun makanan. Harganya yang tinggi membuat banyak orang kesulitan untuk memiliki rumah pribadi. Semakin sulit karena setiap tahun harga rumah cenderung semakin tinggi dan sulit didapat.

Meski begitu saat ini kamu tidak perlu khawatir saat ingin membeli rumah. Adanya KPR membantu meringankan kamu saat ingin membeli rumah. Dengan adanya KPR atau Kredit Perumahan Rakyat, kamu jadi bisa memiliki rumah dengan cara dicicil. Sehingga kamu tidak perlu lagi menunggu sampai uang yang kamu miliki cukup untuk membeli rumah secara langsung.

Keberadaan KPR tentu sangat membantu kamu yang ingin memiliki tempat tinggal milik pribadi di jaman sekarang. Kamu jadi bisa membeli rumah dengan cara mencicil dan menyisihkan uang dari pendapatan kamu setiap bulannya. Meskipun belum lunas, kamu sudah bisa menempati rumah yang sudah kamu beli.

Bingung mau bangun rumah tapi khawatir biayanya gak cukup? Konsultasikan aja kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Apa itu KPR (Kredit Perumahan Rakyat)? Apa saja jenis-jenisnya? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Apa Itu Rumah KPR?

KPR merupakan singkatan dari Kredit Perumahan Rakyat, yaitu fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada para nasabah perorangan yang akan membeli rumah. Fasilitas kredit tersebut diberikan perbankan kepada nasabah yang sudah memenuhi segala kriteria dan persyaratan yang berlaku di masing-masing bank.

Sebenarnya KPR diberikan oleh Bank untuk berbagai jenis pembiayaan properti, baik rumah, apartemen, tanah, dan lainnya. Sistemnya untuk perumahan baru, biasanya pihak pengembang sudah bekerja sama dengan bank untuk mempermudah proses pengajuan KPR. Sedangkan untuk perumahan seken, pembeli harus mencari Bank yang menyediakan KPR.

Ada beragam jenis KPR yang berlaku saat ini, dengan masing-masing jenisnya bisa disesuaikan dengan profil kamu sebagai nasabah. Jenis-jenis KPR yang berlaku saat ini diantaranya KPR non-subsidi, KPR subsidi, dan KPR syariah.

Jenis-Jenis Rumah KPR

1. KPR Non-Subsidi

Jenis KPR non-subsidi adalah kredit rumah yang diberikan bagi seluruh masyarakat secara umum tanpa bantuan subsidi dari pemerintah. Ketentuan KPR jenis ini ditetapkan oleh bank, sehingga penentuan besarnya kredit maupun suku bunga dilakukan sesuai kebijakan bank yang bersangkutan. Oleh karena itu beban biaya keterlambatannya cukup tinggi, dengan masa kredit yang ditawarkan cukup lama yaitu 25 tahun.

2. KPR Subsidi

Berbeda dengan KPR non-subsidi, KPR subsidi adalah kredit rumah yang diberikan kepada masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah untuk membantu meringankan biaya rumah yang akan dibeli. Jenis keringanan yang diberikan, mulai dari pengurangan besaran uang muka sampai persentase suku bunga. KPR subsidi hanya bisa digunakan untuk pembelian rumah hingga tipe 36 saja dengan harga paling tinggi Rp120 juta rupiah.

3. KPR Syariah

Jenis KPR syariah ini merupakan alternatif untuk kamu yang masih ragu dengan KPR konvensional. kamu bisa memilih KPR syariah yang berdasarkan pada aturan islam. Dimana pada KPR ini, rumah ditransaksikan dengan prinsip jual beli. Dalam transaksi ini, bank syariah seperti membeli rumah yang diinginkan kamu dan menjualnya kepada kamu dengan cara dicicil. KPR syariah juga tidak mengenakan bunga, tapi bank mengambil margin keuntungan dari harga jual rumah.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *