Punya rumah milik sendiri tentu merupakan impian untuk semua orang. Apalagi jika punya rumah di usia yang muda. Hal itu merupakan pencapaian yang membanggakan. Untuk mewujudkannya bukan hal yang mudah, perlu beberapa cara untuk mewujudkannya. 

punya rumah di usia muda
Sumber: Pinterest

DACORETips Punya Rumah Di Usia Muda

Di jaman sekarang, mana ada sih orang yang tidak mau punya rumah di usia muda. Tentu saja semua orang ingin punya rumah, hal itu tentu jadi sebuah pencapaian yang membanggakan, apalagi jika bisa dilakukan saat usiamu masih muda. Namun untuk mewujudkannya tentu saja bukan hal yang mudah.

Membeli rumah memang bukan hal mudah dilakukan, karena harga rumah yang semakin naik setiap tahunnya. Kenaikan harga rumah terjadi karena beberapa faktor seperti inflasi, permintaan rumah yang banyak, dan pertumbuhan jumlah penduduk. Rumah juga sering dijadikan sebuah investasi karena nilainya yang cenderung naik.

Hal inilah yang menyebabkan banyak orang kesulitan saat ingin punya rumah pribadi di usia muda. Pendapatan mayoritas anak muda yang tidak seimbang dengan biaya hidup yang dijalani, membuat anak muda merasa sulit untuk membeli rumah di usia mereka. Terlebih dengan kenaikan harga rumah yang lebih cepat dibandingkan dengan peningkatan gaji.

Jika kamu termasuk orang yang ingin membeli rumah di usia muda, kamu perlu cermat dalam mengelola keuanganmu. Pendapatan dan pengeluaran perlu dikelola dengan baik dan mendetail. Selain itu ada berbagai cara lain yang bisa membantumu untuk mewujudkan tujuanmu lebih cepat.

Bingung mau bangun rumah tapi khawatir biayanya gak cukup? Konsultasikan aja kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Bagaimana cara punya rumah di usia muda? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Tips Punya Rumah di Usia Muda

Tentukan Dana Pembelian Rumah

Saat kamu memiliki keinginan untuk bisa membeli rumah di usia muda, hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu menentukan dana untuk pembelian rumah. Untuk bisa menentukan dana tersebut, kamu perlu mencari informasi seputar harga rumah dan suku bunga kredit yang diberikan bank. Dengan begitu kamu bisa memiliki estimasi biaya yang tepat untuk membeli rumah.

Menabung Uang Untuk Membeli Rumah

Setelah kamu sudah menentukan dana rumah yang ingin kamu beli, selanjutnya kamu perlu menabung uang untuk sekedar membayar uang muka ataupun membeli secara langsung. Cara paling efektif dalam menabung untuk membeli rumah, yaitu dengan menyimpan sekitar 30% dari pendapatan setiap bulannya ke dalam tabungan khusus. Hal itu dilakukan agar dana tabungan untuk membeli rumah tidak terpakai untuk kebutuhan yang lainnya, sehingga kamu bisa mewujudkan keinginanmu untuk punya rumah di usia muda.

Mulai Hidup Hemat dengan Mengurangi Pengeluaran

Keinginan untuk memiliki rumah seringkali terhambat dengan pengeluaran besar yang dimiliki. Gaya hidup yang tidak tertata membuat pengeluaran kamu membengkak untuk membeli banyak hal yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Biasanya hal itu terjadi karena kamu sering membeli barang-barang yang terlihat murah tapi tidak kamu butuhkan, yang jika dihitung ternyata menghabiskan pengeluaran yang besar. Untuk itu kamu perlu mulai berhemat dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, agar uang tersebut bisa kamu gunakan untuk membeli rumah.

Mencari Pendapatan Tambahan

Selain berhemat dengan mengurangi pengeluaran. Kamu juga perlu untuk meningkatkan pendapatan. Tapi jika pekerjaan utamamu memiliki pendapatan yang tidak cukup banyak, kamu bisa mencari pendapatan tambahan. Cari pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan tanpa mengganggu pekerjaan utamamu, misalnya seperti menjadi freelancer.

Mulai Berinvestasi untuk Punya Rumah

Menabung untuk bisa membeli rumah tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Menyimpan semua uang kamu dalam jangka panjang di bank bukanlah hal yang bijak. Uang tabungan kamu bisa saja termakan oleh inflasi dan berkurang nilainya. Akan lebih baik jika kamu menyimpan sebagian dananya dalam bentuk investasi, agar nilainya bisa bertambah di kemudian hari. Kamu bisa mulai memilih investasi yang aman seperti deposito, emas dan reksadana.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *