Pilihan investasi sudah semakin banyak dan beragam saat ini. Investasi dapat menjadi alternatif lain menyimpan uang selain menabung. Seperti investasi reksadana yang cocok bagi investor pemula karena memiliki resiko yang lebih kecil dan aman. Meskipun tergolong aman, mengetahui apa itu reksadana juga diperlukan untuk menyesuaikan resiko dengan profil keuangan.

DACOREApa Itu Investasi Reksadana

Pilihan investasi saat ini sudah jauh lebih banyak dan beragam jika dibanding dulu. Semakin berkembangnya jaman, berinvestasi pun kini jauh lebih mudah dilakukan. Berbagai jenis investasi kini bisa dilakukan hanya dengan handphone yang kamu miliki. Dengan berbagai kemudahan tersebut, saat ini kamu diberi kebebasan dalam menentukan jenis investasi apa yang cocok dengan dirimu dan bisa dipantau perkembangan investasimu kapan saja.

Investasi dapat menjadi alternatif lain selain menabung. Berinvestasi dapat memberikan potensi keuntungan yang lebih besar dibanding dengan menabung. Selain itu investasi juga dapat mencegah uang yang kamu miliki berkurang nilainya karena efek negatif dari inflasi. Tentu saja untuk jangka panjang, investasi lebih layak dipilih.

Meski begitu, tidak semua uang yang kamu miliki perlu disimpan dalam bentuk investasi. Hal ini karena investasi memiliki resiko sesuai dengan tingkat keuntungan yang didapat. Setiap jenis investasi tentu memiliki resiko yang berbeda dengan jenis investasi lainnya. Dengan banyaknya jenis investasi dengan resiko yang berbeda-beda, kamu perlu lebih berhati-hati dalam memilih produk investasi.

Bagi kamu sebagai investor pemula yang tidak ingin mengambil resiko yang terlalu besar, berinvestasi pada reksadana bisa menjadi pilihan yang tepat. Meskipun memiliki resiko yang tidak terlalu besar, kamu juga perlu mengenal tentang reksadana lebih dulu sebelum memulai berinvestasi. Dengan mengetahui apa itu investasi reksadana kamu jadi bisa menyesuaikan jenis reksadana yang sesuai dengan profil keuanganmu.

Mau renovasi rumah tapi takut gak sesuai rencana? Percayakan aja kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Apa itu reksadana? Apa saja jenis-jenisnya? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Apa Itu Investasi Reksadana?

Reksadana adalah wadah pengelolaan dana atau modal dari sekumpulan investor yang dikelola oleh Manajer Investasi. Dana yang terkumpul selanjutnya di-investasikan dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar modal seperti saham, obligasi, dan instrumen lainnya dengan keuntungan yang didapat di kemudian hari. Keuntungan yang didapat bergantung pada jenis reksadana yang dipilih. Resiko pada reksadana pun lebih beragam, mulai dari reksadana yang beresiko kecil sampai reksdana dengan resiko tinggi.

Jenis-Jenis Investasi Reksadana

1. Reksadana Pasar Uang

RDPU atau Reksadana pasar uang adalah reksadana yang dananya diinvestasikan ke dalam instrumen pasar uang seperti deposito dan obligasi yang jatuh temponya kurang dari 1 tahun. Keuntungan yang didapat dari reksadana pasar uang sedikit lebih besar dibanding deposito. Reksadana pasar uang merupakan reksadana yang memiliki resiko rendah dan lebih aman di antara reksadana lainnya. Reksadana jenis ini tidak cocok untuk jangka panjang karena keuntungan yang didapat rendah karena tidak berkembang dengan maksimal. Investasi pada reksadana pasar uang lebih cocok untuk investasi jangka pendek, di bawah satu tahun.

2. Reksadana Saham

Seperti namanya reksadana saham merupakan jenis reksadana yang menginvestasikan sebagian besar dananya pada instrumen saham. Reksadana saham memiliki potensi keuntungan tertinggi dibanding jenis reksadana lainnya. Dalam reksadana saham, dana para investor diinvestasikan pada beberapa saham yang memiliki pertumbuhan yang baik. Jenis reksadana ini lebih cocok untuk investasi jangka panjang karena tingkat resikonya yang tinggi, mengingat harga saham yang memiliki fluktuasi tinggi. Durasi investasi pada reksa dana saham sebaiknya dilakukan lebih dari lima tahun.

3. Reksadana Campuran

Sesuai dengan namanya jenis reksadana ini merupakan reksadana yang berisi portofolio kombinasi antara saham dan obligasi. Porsinya berbeda dan bervariasa dari satu produk ke produk lain. Reksadana ini dapat dipilih untuk investasi dalam jangka menengah. Resiko dari reksadana campuran sedikit berada di bawah reksadana saham, karena dana yang diinvestasi diletakkan pada jenis instumen investasi yang berbeda. Potensi keuntungan dari reksadana campuran tentunya juga lebih sedikit jika dibanding dengan reksadana saham, namun jauh lebih aman.

4. Reksadana Pendapatan Tetap

Jenis reksadana pendapatan tetap adalah jenis reksadana dimana sekitar 80% alokasi dananya ditempatkan pada obligasi, dengan sisanya ditanamkan pada pasar uang. Alasan kenapa disebut reksadana pendapatan tetap adalah karena jenis alokasi portofolionya yang terfokus pada instrumen investasi obligasi yang secara karakteristik memberikan pendapatan tetap. Secara umum, instrumen obligasi memberikan tingkat keuntungan/yang stabil setiap tahun dengan fluktuasi rendah, sehingga cocok untuk investasi jangka pendek 1-3 tahun.

5. Reksadana Syariah

Seperti yang kamu tahu, reksadana syariah merupakan jenis reksadana yang instrumen dan mekanismenya tidak boleh bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah. Reksadana syariah tidak menempatkan dana investasinya pada instrumen keuangan yang mengandung riba, seperti sektor perbankan atau industri penghasil minuman keras. Investasi secara syariah juga melalui proses screening yang dilakukan untuk memfilter saham, obligasi atau instrumen investasi agar benar-benar sesuai dengan prinsip syariah. Produk-produk syariah juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah, dimana produk syariah juga akan mengalami proses pemurnian. Dana yang dianggap tidak cocok dengan syariah seperti bunga bank, akan disumbangkan kepada pihak lain.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *