Melakukan proses renovasi rumah dibutuhkan untuk membuat rumah lebih tahan lama dan sesuai dengan selera. Proses renovasi tersebut biasanya dilakukan pada rumah yang sudah tua, rumah yang memiliki banyak kerusakan, atau rumah baru yang dibeli. Namun ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan sebelum renovasi dilakukan, agar proses pengerjaannya berjalan lancar tanpa kendala.

DACOREHal Penting Sebelum Renovasi Rumah

Proses renovasi rumah perlu dilakukan pada rumah dengan usia tua yang mengalami banyak kerusakan di beberapa bagiannya. Renovasi rumah juga sering dilakukan untuk membuat rumah tampak lebih baru dengan desain terkini yang sedang populer. Biasanya orang-orang yang membeli rumah jadi seperti rumah KPR, akan melakukan proses renovasi rumah agar bangunan rumahnya jauh lebih tahan lama dan sesuai dengan seleranya.

Renovasi rumah bisa juga dilakukan untuk memperbarui interior rumah, baik dalam hal mekanikal dan elektrikal, eksterior seperti dinding dan atap, atau penambahan lain pada area rumah lainnya seperti pembuatan taman, kebun dan garasi untuk kendaraan. Proses tersebut dilakukan untuk meningkatkan fungsionalitas dari rumah.

Sayangnya, proses renovasi rumah jika diurus sendirian, seringkali menelan biaya besar yang tak terduga. Hasilnya pun terkadang tidak sesuai dengan harapan karena kurangnya pengawasan saat proses pengerjaannya. Selain itu proses renovasi juga seringkali memakan waktu yang lama dan cukup mengganggu aktifitas kamu. Mempertimbangkan hal tersebut, menggunakan jasa renovasi rumah dirasa dapat lebih membantu menurunkan biaya dan energi yang dibutuhkan selama proses renovasi rumah.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum melakukan renovasi rumah, agar proses pengerjaannya berjalan lancar tanpa kendala dan hasilnya sesuai dengan harapan di awal. Beberapa hal tersebut perlu dipersiapkan secara matang tentunya.

Mau renovasi rumah tapi takut gak sesuai rencana? Percayakan aja kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan renovasi rumah? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Hal Penting Sebelum Renovasi Rumah

1. Catat Bagian Rumah yang Perlu Renovasi

Sebelum kamu memulai proses renovasi pada rumahmu, catat terlebih dulu seluruh bagian rumah yang memerlukan renovasi. Jangan sampai ketika proses renovasi berlangsung, kamu baru menemukan bagian lain dari rumah yang seharusnya memerlukan renovasi. Hal tersebut dapat membuat biaya jadi lebih membengkak dan proses renovasi yang sudah berjalan jadi terganggu. Mencatat bagian-bagian rumah mana saja yang perlu renovasi membuat kamu jadi bisa menentukan renovasi seperti apa yang perlu dilakukan. Jika bagian yang perlu di renovasi ada banyak atau memerlukan penanganan khusus maka membutuhkan renovasi besar. Sebaliknya jika ternyata hanya memperbaiki kerusakan kecil saja atau ada sedikit penambahan di area tertentu rumah, maka renovasi dengan skala kecil yang dipilih.

2. Rencanakan Renovasi Secara Matang

Proses renovasi rumah tentu saja memerlukan rencana yang matang, mulai dari bagian mana yang perlu direnovasi, estimasi waktu mulai dan selesai, material apa saja yang dibutuhkan, berapa orang yang akan mengerjakan, sampai biaya yang perlu dikeluarkan. Semua hal tersebut tentu saja perlu perencanaan yang cermat dan tidak asal, jangan sampai kamu melakukan proses renovasi hanya berdasarkan keyakinan saja tanpa adanya rencana yang dibuat. Renovasi rumah yang direncanakan secara matang juga akan membuat hasilnya sesuai dengan harapan dan tahan lama hingga bertahun-tahun.

3. Persiapkan Anggaran Renovasi Rumah

Hampir dalam segala hal, dana merupakan faktor terpenting untuk menjalankan atau melakukan sesuatu. Dalam hal ini renovasi rumah, tentu saja kamu perlu mempersiapkan anggaran renovasi yang dibutuhkan dengan baik dan mencukupi. Tanpa adanya persiapan anggaran yang baik, renovasi rumah yang sudah berjalan bisa berhenti di tengah jalan sebelum pengerjaannya selesai. Tentu saja hal tersebut akan merepotkan, apalagi jika itu adalah rumah milikmu satu-satunya.

4. Kenali Luas Bangunan dan Karakteristik Lahan

Sebelum memutuskan melakukan renovasi rumah, ada baiknya kamu mengenal lebih detail tentang rumah terutama luas bangunan dan karakteristik lahan rumah. Mengetahui luas bangunan dan karakteristik lahan yang kamu miliki memiliki peranan besar dalam mengatur anggaran yang dibutuhkan pada proses renovasi rumah. Dengan mengenal lebih detail tentang rumah, bisa saja kamu tidak membutuhkan proses renovasi rumah secara besar, seperti merekonstruksi ulang ruangan dari awal. Hal ini akan membantu kamu dalam memangkas biaya renovasi rumah.

5. Selalu Persiapkan Dana Tak Terduga

Dalam melakukan dan mengerjakan suatu proyek, kebutuhan tak terduga selalu saja bisa muncul bahkan saat kamu sudah sangat detail dalam merinci kebutuhannya. Untuk itu, saat mempersiapkan anggaran untuk melakukan renovasi rumah, persiapkan juga dana tak terduga untuk mengcover kebutuhan tak terduga dalam proses pengerjaan. Hindari untuk melakukan renovasi rumah dengan dana yang secukupnya karena nantinya bisa saja akan mengorbankan bagian lain untuk tidak direnovasi demi mengurangi pengeluaran yang tidak terduga tersebut.

6. Konsultasikan Dengan Ahlinya

Ada banyak kejadian dimana renovasi rumah yang diurus sendirian dengan niat ingin menghemat anggaran justru berakhir dengan biaya yang jauh lebih besar. Selain itu, mengurus sendirian renovasi rumah juga dapat menguras energi dan mengganggu aktifitas harian kamu. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, sebelum melakukan renovasi rumah akan lebih baik jika kamu konsultasikan terlebih dulu dengan ahlinya. Jika kamu konsultasi dan menyerahkan proses perencanaan dan pengerjaan pada ahlinya seperti kontraktor, proses renovasi rumah akan berjalan lebih lancar tanpa perlu kamu repot dan pusing mengurusnya.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *