Saat ini, banyak orang yang telah memilih untuk menggunakan bahan pelapis dinding interior untuk mempercantik dinding dari sebuah bangunan. Hal ini dikarenakan penggunaan dinding biasa tanpa pelapis dinilai kurang memikat mata yang memandang.

Oleh karena itu, banyak orang yang mulai berganti untuk menggunakan bahan pelapis dinding interior untuk bangunannya. Tak hanya untuk mempercantik dinding saja. Bahan pelapis dinding interior juga digunakan melindungi permukaan tembok agar tidak rusak akibat korosi atau berlumut.

Karena hal inilah, kita haruslah pintar memilih bahan yang akan digunakan untuk melapisi dinding interior kita agar lebih awet dan terjaga. Beragamnya material untuk melapisi dinding interior ini tentu membuat Anda merasa bingung apa perbedaan dan fungsi utama dari materialnya.

Untuk memahami bagaimana fungsi dan perbedaan jenis-jenis bahan pelapis dinding, di artikel kali ini kami akan menjelaskan beberapa bahan pelapis dinding interior yang mungkin dapat Anda jadikan pilihan interior Anda.

Inilah 5 Bahan Pelapis Dinding Interior Terbaik untuk Dinding Ruanganmu

1. Material Pelapis Dinding Interior Marmer

Bahan pelapis dinding pertama yang dapat Anda pilih untuk melapisi dinding Anda adalah Marmer. Namun, marmer adalah salah satu bahan pelapis dinding yang cukup mahal sehingga perlu budget lebih jika ingin memilih pelapis dinding berbahan marmer.

Tak seiring dengan harganya yang cukup tinggi, kualitas dari bahan pelapis ini juga bergantung dari bagaimana ia dirawat. Dibentuk dari beberapa unsur seperti kalsit, mineral karbonat, dan sebagainya membuat bahan dasar pelapis ini memiliki corak yang sangat indah, namun bahan ini termasuk ke dalam jenis batu lunak sehingga dapat mudah tergores, terkelupas, dan lecet.

2. Material Pelapis Dinding Interior Kayu

Selain digunakan sebagai bahan dasar pembuatan furnitur, kayu juga dapat dijadikan sebagai bahan pelapis dinging interior. Bahan pelapis ini banyak digunakan oleh kebanyakan orang karena dapat menciptakan susasa yang hangat dan alami dalam sebuah rumah atau ruangan.

Akan tetapi, dalam hal ini bahan kayu yang digunakan tentu bukanlah kayu pada umumnya dan hanya kayu tertentu yang dapat dijadikan sebagai bahan pelapis dinding. Beberapa jenis kayu yang dapat digunakan sebagai bahan pelapis dinding adalah jenis Plywood, Panel MDF, dan Teakblock.

Tetapi, di luar jenis kayu itu Anda dapat memilih kayu Jati sebagai solusi untuk pelapis dinging yang awet bahkan hingga berpuluh tahun. Hal ini dikarenakan kayu pada pohon jati ini memiliki stuktur yang kuat sehingga awet dan tidak mudah rapuh.

3. Material Pelapis DInding Interior Cermin

Bahan unutuk melapisi dinding interior selanjutnya adalah cermin. Tentu Anda sudah tidak asing dengan penggunaan bahan pelapis ini. Karena sudah sering Anda jumpai entah itu di restoran, hotel, toko, atau bahkan di rumah. Penggunaan bahan pelapis dinding ini membuat suatu ruangan itu menjadi lebih luas dari aslinya karena refleksi bayangan yang dipantulkan.

Dalam pemilihan bahan pelapis dinding ini, Anda perlu untuk lebih memperhatikan detail-detail penempatan dan ukuran saat hendak memasangnya. Hal ini ditujukan agar penggunaan bahan pelapis ini tidak salah dan sia-sia. Anda juga perlu berhati-hati dalam penempatannya karena bahan pelapis dinding ini tentunya sangat mudah pecah.

4. Material Pelapis Dinding Interior Keramik

Bahan pelapis dinding selanjutnya adalah keramik. Anda tentu juga tidak merasa asing dengan bahan pelapis dinging ini karena memang telah banyak digunakan di rumah-rumah pada umumnya. Pemilihan bahan pelapis dinding ini biasanya dikarenakan dinding yang dilapisi tersebut berada di ruangan yang lembab, misalnya saja di kamar mandi.

Oleh karena itu, penggunaan bahan pelapis dinding ini ditujukan untk mengurangi risiko tumbuhnya jamur dan melindungi dari cipratan air. Sementara itu, penggunaan bahan pelapis dinding ini juga biasanya ditujukan untuk menghalangi panas matahari yang diserap oleh dinding.

5. Material Pelapis Dinding Interior Panel

Jika Anda ingin membuat tampilan rumah Anda semakin cantik, Anda dapat memilih pelapis dinding dengan bahan panel. Melalui bahan pelapis ini, Anda dapat menyulap ruangan Anda menjadi lebih memiliki nilai arsitektur yang tinggi karena rupa tiga dimensinya yang elegan.

Bahan pelapis dinding interior ini juga sudah banyak digunakan di Indonesia karena rupa dinding yang disajikan material ini akan memiliki dimensi dan berkesan mewah. Apalagi, bahan dasar pelapis dinding ini dibentuk dari cutting stiker, kaca dan polikarbonat yang semakin membuat ruangan Anda tampak mahal.

Untuk informasi terkait bahan pelapis dinding interior yang sesuai dengan bangunan Anda, Dacore adalah salah satu penyedia jasa interior yang akan melayani konsultasi desain interior dengan sepenuh hati. Anda dapat mengunjungi laman resmi Dacore melalui Jasa Desain Interior Tangerang dan temukan informasi penting terkait desain interior selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *