Akuarium tidak hanya digunakan sebagai tempat menyimpan ikan, namun juga sebagai hiasan, karena bentuknya yang estetik dapat mempercantik tampilan ruangan. Namun, hal ini juga bergantung pada posisi atau penempatan akuariumnya. Di artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa penjelasan terkait penempatan akuarium yang baik.

Penempatan akuarium yang baik sangat berpengaruh pada pemandangan dalam sebuah ruangan. Jika sebuah akuarium hanya ditempatkan dengan sembarangan tanpa memikirkan bagaimana sudut yang pas dan tata ruangnya. Maka akuarium tersebut nantinya akan mengganggu dan merusak pemandangan.

Bahkan, ahli Feng Shui ilmu topografi kuno dari China, juga menyatakan bahwa penempatan akuarium yang baik, khususnya di dalam rumah akan memberikan keberuntungan pemilik rumah. Adanya pendapat ini lahir dari zaman Dinasti Zhou yang mulanya ditujukan untuk menentukan sumber air yang tepat saat hendak membangun tempat tinggal kaisar.

Dari ilmu ini, dapat diketahui bahwa penempatan akuarium yang baik akan membawa banyak rezeki untuk pemilik rumah dan penempatan akuarium yang tidak tepat juga dapat menyebabkan hubungan yang tidak harmonis dalam rumah tangga.

Tentu beberapa hal ini bisa jadi mitos belaka, namun jika lebih di dalami masing-masing mempunyai keterkaitan satu dengan yang lain. Agar memasang akuarium di dalam ruangan dapat berdampak baik, berikut adalah beberapa tips penempatan akuarium yang baik untuk rumah kalian.

Tips Penempatan Akuarium yang Baik dan Tepat untuk Rumah Kalian Menurut Ilmu Topografi

1. Memperhatikan arah akuarium

Dalam penempatan akuarium yang baik, ada beberapa arah penempatan yang dapat mengundang beberapa dampak baik untuk pemilik rumahnya. Jika kalian menginginkan kesehatan, kalian dapat menempatkan akuarium kea rah timur. Namun, jika kalian ingin mendapat kemujuran dalam karir atau bisnis, maka kalian dapat menempatkan akuarium ke arah utara.

Sementara itu, kalian dapat menempatkan akuarium kalian ke arah tenggara agar dapat mengundang kekayaan atau kelimpahan rezeki. Ketiga arah tersebutlah yang menurut ilmu topografi kuno Feng Shui dinilai sebagai letak kayu, yakni air yang ada tersebut nantinya akan menghidupi kayu.

2. Hindari penempatan akuarium di beberapa tempat ini

Dalam ilmu topografi Feng Shui, ada beberapa tempat yang harus dihindari sebagai tepat akuarium. Beberapa tempat itu, antara lain kamar tidur, dapur, dan meja makan atau ruangan makan. Adanya larangan ini tentu memiliki alasan tersendiri di baliknya.

Dalam penempatan akuarium di kamar tidur dihindari karena kamar tidur memiliki suatu elemen api dan tanah. Elemen api dan tanah berkebalikan dengan elemen akuarium yang berupa air. Atas dasar hal ini, penempatan akuarium di kamar tidur dianggap menenggelamkan elemen yang dimiliki kamar tidur, yakni tanah dan api.

3. Selalu jaga kebersihan akuarium

Saat menggunakan akuarium sebagai salah satu dekorasi dalam rumah, tentu secara tidak langsung kebersihannya haruslah terjaga. Hal ini tentu akan berdampak pada ikan di dalamnya dan membuat pemandangan tidak indah. Sementara itu, jika dilihat dari ilmu topografi kunonya, akuarium yang kotor dinilai dapat memunculkan elemen negatif.

Negatif dalam hal ini sangat dipercaya berhubungan dengan kesehatan, kekayaan, dan kebahagiaan. Oleh karena itulah, kalian haruslah selalu menjaga kebersihan akuarium kalian. Jika akuarium kalian bersih, maka secara tidak langsung akan memberikan lingkungan yang baik dan memunculkan elemen positif untuk ikan-ikan di dalamnya.

4. Jenis ikan dan jumlah yang tepat dipelihara

Tak hanya soal arah, tempat, dan kebersihan akuarium saja, penempatan akuarium yang baik juga harus memperhitungkan jumlah dan jenis ikan yang tepat untuk dipelihara. Dalam Feng Shui, jumlah ikan yang baik untuk dipelihara dalam akuarium adalah 9 ekor ikan.

Jumlah 9 ekor ikan ini terdiri dari 8 jumlah ekor ikan yang berwarna merah dan 1 ekor ikan yang berwarna hitam. Dari hal tersebut dapat diketahui bahwa ilmu ini memang memandang sebuah angka dan warna memiliki simbolisme tertentu.

Di ilmu ini, ikan berwarna merah itu dilambangkan sebagai energi Yang, dan ikan yang hitam dilambangkan sebagai Yin yang mana menyerap adanya energi negative. Sedangkan, untuk jenis ikan yang dapat dipelihara di akuarium adalah ikan koki dan ikan arwana.

Berdasarkan penjelasan 4 tips penempatan akuarium yang baik ini, diharapkan kalian dapat memiliki sudut pandang baru terkait penempatan akuarium untuk desain interior rumah kalian. Akan tetapi, jika kalian masih merasa bingung untuk menempatkan akuarium di tempat dan arah yang tepat, kalian dapat berkonsultasi di Dacore.

Dacore adalah salah satu perusahaan kontraktor yang telah berdiri selama 16 tahun lamanya. Untuk mengetahui informasi selengkapnya terkait layanana yang disediakan oleh perusahaan ini, kalian dapat mengunjungi lamannya melalui https://dacore.id/ dan temukan solusi penempatan akuarium yang baik sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *