Desain rumah minimalis sangat mudah ditemui di daerah perkotaan. Meskipun banyak diminati dan cukup membantu banyak orang dalam memenuhi kebutuhan tempat tinggal. Tapi jika interior rumah tidak tertata dengan baik, akan membuat rumah jadi terasa sempit dan tidak nyaman. Menata rumah minimalis sangat diperlukan untuk menciptakan kesan rumah yang lebih luas dan nyaman.

menata rumah minimalis
Sumber: Pinterest

DACORECara Menata Rumah Minimalis

Di daerah perkotaan, rumah-rumah dengan desain minimalis sangat mudah sekali ditemukan. Biasanya desain rumah minimalis digunakan pada perumahan-perumahan. Harga tanah yang tinggi dan keterbatasan lahan yang strategis membuat pihak pengembang memilih untuk membangun rumah dengan desain yang minimalis. Keberadaan rumah minimalis banyak diminati dan dinilai cukup membantu banyak orang dalam memenuhi kebutuhan tempat tinggal.

Walaupun rumah minimalis banyak diminati, tapi bagi sebagian orang rumah tersebut memiliki ukuran yang kurang luas. Hal itu bisa dimaklumi karena rumah minimalis memang dibuat untuk mencukupi kebutuhan utama rumah pada umumnya. Kebutuhan utama rumah secara umum mencakup ruangan untuk kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu, dan teras atau halaman depan.

Untuk membuat rumah tidak terasa sempit, kamu bisa coba menata rumah minimalis kamu sedemikian rupa agar tampak lebih luas. Bisa kamu bayangkan jika interior rumah di tata secara asal dan menumpuk, tentu kelihatan sempit dan kurang nyaman. Sebaliknya dengan tata ruang yang tepat, rumah yang terasa sempit dapat berubah jadi lebih luas dan rapi. Sehingga kamu dapat menciptakan suasana yang nyaman di dalam rumahmu.

Bingung mau buat furniture rumah tapi takut hasilnya gak sesuai? Percayakan aja kepada DACORE. Jasa kontraktor profesional & terpercaya yang sudah berpengalaman.

Bagaimana cara menata rumah minimalis agar tampak lebih luas? Langsung aja simak informasi lengkapnya di artikel berikut.

Cara Menata Rumah Minimalis

1. Berikan Warna Cerah Pada Dinding

Warna cat pada dinding rumah ternyata dapat mempengaruhi tampilan seluruh ruangan. Untuk menata rumah minimalis, pemilihan warna dinding yang tepat bisa membantu membuat rumah jadi terlihat lebih luas. Berikan warna-warna cerah pada dinding rumah untuk memberikan kesan lapang dan terang. Hal itu karena warna dinding yanng cerah dapat memantulkan cahaya ke seluruh ruangan yang ada di rumah, sehingga ruangan pun jadi terlihat lebih luas. Hindari warna gelap karena dapat membuat suasana rumah minimalis kamu semakin sumpek dan gelap.

2. Gunakan Rak Dinding Untuk Menaruh Barang

Alih-alih menggunakan rak berukuran besar untuk menyimpan barang-barang atau aksesoris. Kamu bisa coba menggunakan rak dinding untuk menaruh barang. Selain memanfaatkan ruang kosong yang ada, untuk membuat rumah jadi lebih luas. Keberadaan rak dinding juga bisa menjadi elemen dekorasi yang menarik untuk rumahmu.

3. Tambahkan Cermin Besar

Penggunaan cermin berukuran besar merupakan salah satu cara untuk menata rumah agar terlihat lebih luas. Biasanya penggunaan cermin untuk memberi kesan luas, diterapkan pada rumah makan dan tempat perbelanjaan. Menambahkan cermin besar juga bisa diterapkan di rumah untuk membuatnya terlihat lebih luas dari sebelumnya. Selain itu menambahkan cermin besar juga dapat semakin mempercantik interior rumahmu.

4. Gunakan Furniture Minimalis

Untuk membuat rumah jadi terlihat luas, tentu saja kamu perlu menghindari penggunaan furniture dengan ukuran yang besar. Oleh karena itu gunakan fruniture minimalis dengan ukuran yang sederhana agar tidak memakan banyak ruang di rumahmu. Kamu juga bisa menjadikan furniture multifungsi sebagai solusi untuk menata rumah jadi lebih rapih dan tertata.

5. Coba Konsep Ruangan Terbuka

Jika kamu memiliki rumah minimalis, tidak ada salahnya mencoba rumah dengan konsep ruangan terbuka tanpa banyak sekat atau partisi. Adanya sekat, membuat rumah jadi terasa lebih sempit. Rumah dengan konsep ruangan terbuka membuat cahaya dari luar dapat masuk dan membuat rumah jadi lebih cerah. Adanya cahaya yang masuk membuat rumah jadi terlihat lebih luas.

6. Hindari Menggunakan Terlalu Banyak Dekorasi

Salah satu faktor yang membuat rumah jadi terlihat sempit dan tidak tertata dengan baik adalah dengan banyaknya elemen dekorasi. Keberadaan dekorasi yang terlalu ramai membuat rumah terkesan penuh dan padat. Jika ingin menggunakan dekorasi, pilih dekorasi dengan ukuran yang kecil dan desain yang minimalis.

Selain artikel dengan tema seperti diatas, ada banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca disini

Kamu bisa mulai mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan bantuan DACORE. Selain memberikan kualitas tinggi, harga yang kami tawarkan pun sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *