Cara mengatasi kamar pengap tanpa jendela. Memiliki kamar tanpa jendela kadang bikin sumpek dan ruangan jadi pengap. Tapi jangan khawatir, ada cara untuk mengatasinya lho!

Cara Mengatasi Ruangan Yang Pengap Dan Panas

Haduhhh, tidak bisa membayangkan, pasti repot banget rasanya bila Anda memiliki kamar yang pengap dan panas. Padahal memiliki kamar yang nyaman adalah idaman semua orang. Mengapa demikian? Karena kamar adalah ruangan dimana Anda bisa mencharge ulang diri dari segala aktivitas yang telah dilakukan setiap harinya. Kamar panas dan pengap tentunya akan membuat kualitas istirahat Anda buruk dan membuat Anda tidak nyaman. 

Salah satu penyebab kamar pengap dan panas bisa diakibatkan karena kamar tersebut tidak memiliki jendela atau jendela yang tidak lebar, dan hanya mengandalkan ventilasi saja. Faktanya kita tidak dapat mengandalkan lubang ventilasi saja untuk membuat sirkulasi udara membaik. Namun, bila sudah terlanjur memiliki kamar yang seperti itu, simak tips berikut, agar mengurangi rasa sumpek Anda dalam kamar.

Baca Juga : CARA COATING LANTAI KERAMIK

  1. Menggunakan pendingin ruangan
    Pendingin ruangan bisa menggunakan AC atau bila ingin lebih sederhana, Anda bisa menggunakan kipas angin. AC dan kipas angin bisa membuat udara di ruangan menjadi lebih sejuk. Kipas angin ukuran sedang bisa Anda letakkan pada pojok ruangan ataupun Anda bisa menggunakan kipas angin yang dipasang di plafon atap-atap langit.
  2. Membuka pintu kamar jika tidak digunakan
    Bila kamar sedang tidak digunakan, biasakan untuk membuka pintu kamar Anda, sehingga udara bisa masuk dan terus berganti.
  3. Tidak menimbun banyak barang
    Hindari meletakkan banyak barang di dalam kamar Anda. Semakin banyak barang di dalam ruangan akan membuat kesan sumpek, pengap, dan panas. Maka dari itu, sangat disarankan untuk Anda dalam memilih ukuran barang yang diletakkan dalam kamar.
  4. Meletakkan tanaman dalam ruangan
    Cukup kecil-kecil saja meletakkan tanaman indoor. Tanaman tersebut bisa membantu membuat oksigen tambahan untuk kamar Anda.
  5. Menggunakan warna cat yang terang
    Warna terang bisa menampilkan kesan segar sehingga mengurangi rasa pengap.

Efek Kamar Tanpa Ventilasi

Kok bisa ya ada kamar tanpa ventilasi? Kamar tanpa ventilasi bila dibiarkan dalam waktu yang lama, hanya akan menimbulkan sejumlah masalah. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Virus mudah berkembang
    Ruangan yang minim ventilasi memudahkan virus menular dengan cepat. Hal itu diakibatkan karena sirkulasi udara yang buruk.
  2. Mudah stress
    Kadang saat kita jenuh dalam melakukan sesuatu, kita perlu jeda sebentar untuk ‘cari udara segar’. Nah, bayangkan saja apabila ruangan tidak memiliki ventilasi, maka tentulah suplai oksigen akan berkurang dan memicu stress.
  3. Mengganggu sistem pernapasan
    Apa jadinya bila Anda terus-terusan menghirup udara kotor? Lambat laun, sistem pernapasan Anda akan terganggu dan menimbulkan penyakit yang lainnya.
  4. Dinding kamar akan lebih cepat lembab
    Tanpa sirkulasi udara yang baik akan membuat dinding lembab, berjamur dan cepat rusak.
    Nah, itu dia cara mengatasi kamar pengap tanpa jendela yang dapat Anda terapkan. See u on another article!

Baca Juga : Tak Perlu Risau, Lakukan 8 Trik Ini Agar Kamar Tanpa Jendela Tetap Terang Dan Tidak Pengap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *