Cara coating lantai keramik dengan optimal? Lakukan hal berikut ini!

Cara Mengecat Keramik 

Keramik atau ubin sangat sering digunakan sebagai material penutup lantai maupun dinding. Untuk menjadikannya tetap bersih, keramik atau ubin harus sering dibersihkan secara rutin. Namun, lambat laun pasti keramik atau ubin akan kotor dan kusam. Nah, tak jarang orang ingin menggantinya dengan keramik baru. 

Banyak orang percaya bahwa satu-satunya cara memperbarui keramik dan ubin dengan cara membongkarnya. Tentu cara ini memakan banyak biaya dan waktu. Padahal, ada cara lain yang lebih mudah dilakukan saat ingin mengganti keramik. Apa itu? Mengecat keramik jawabannya.

Baca juga : CONTOH DESAIN CAFÉ INDOOR MINIMALIS YANG NYAMAN BUAT NONGKRONG

Hah? Memangnya ada cat untuk keramik? Tentu ada dong. Kegiatan tersebut pun bisa Anda lakukan sendiri di rumah! Jika persiapannya tepat, Anda akan mewarnai keramik dengan tepat.

  1. Mempersiapkan alat dan bahan
    Bahan utama tentu adalah cat. Anda harus memilih cat yang tepat. Cat untuk ubin diantaranya adalah: cat berbahan dasar minyak; epoksi berwarna; enamel; atau lateks. Kemudian, Anda perlu mempersiapkan kuas sesuai dengan keperluan dan juga kertas ampelas. Jangan lupakan dengan perlengkapan pembersih dan pelindung.
  2. Mempersiapkan keramik
    Bersihkan keramik dengan degreaser atau pembersih keramik. Jika keramik masih baru, cukup dilap saja. Namun, jika keramik lama, harus dibersihkan secara menyeluruh, diawali dengan degreaser, kemudian bersihkan dengan sabun dan air. Untuk menyingkirkan jamur, gunakan pemutih yang berbahan hydrogen peroksida. 
    Gosok keramik dengan ampelas. Hal ini bertujuan untuk menghaluskan keramik dan membuat kasar permukaan keramik agar bisa dicat ulang.
    Setelah mengamplas keramik, pasti akan menghasilkan debu, Anda harus mengelapnya dengan kain lembab, bisa juga dengan penyedot debu.
    Oleskan primer untuk permukaan keramik dan tunggu sampai 24 jam agar primer kering. 
  3. Mengecat ubin
    Anda perlu menyesuaikan warna cat dengan rumah Anda. Lebih baik jika memilih warna terang, karena warna gelap hanya akan memberikan kesan sesak. Buatlah desain, ini adalah langkah opsional. Karena pasti tidak semua orang bisa menggambar. Usapkan cat dalam beberapa lapisan tipis, biasanya dibutuhkan sampai 3 lapisan, apalagi jika warnanya muda.
    Tunggu sampai 24 jam atau 48 jam untuk ruangan yang sering dilewati banyak orang. Langkah terakhir adalah melapisi keramik dengan cat bening untuk menyegel cat. Pastikan Anda memilih uretan cat yang khusus untuk keramik.

Baca juga : 13 Rekomendasi Warna Keramik Lantai Ruang Tamu

Cat Untuk Keramik Lantai

Memilih cat lantai tidak semudah yang kita bayangkan. Berbeda halnya dengan cat dinding, pengaplikasian cat keramik perlu beberapa kali lapis untuk menghasilkan hasil terbaik. Salah satu jenis cat keramik yang bisa digunakan adalah jenis epoxy. Cat jenis ini mampu menutup pori-pori secara merata sehingga lebih halus dan mengkilap.

Cat epoxy memiliki ketahanan yang patut diacungi jempol. Makanya, tak heran bila beberapa orang memilih untuk menggunakan cat ini sebagai cat untuk keramik lantainya. Meskipun demikian, Anda tetap harus memperhatikan panduan saat ingin mengaplikasikannya. Setiap merk dan jenis pasti memiliki teknik yang berbeda-beda.

Tak terasa ya sudah sampai diakhir pembahasan, mungkin cukup segitu dulu ya pembahasan tentang cara coating lantai keramik, dah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *