Posisi meja kasir di restoran dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan dalam sebuah restoran. Jadi, seperti apakah peletakkan meja kasir yang sesuai? Simak artikel berikut ini!

Cara Menata Meja Kasir Di Restoran 

Kenyamanan menjadi salah satu aspek penting agar usaha Anda ramai pembeli. Salah satu caranya, Anda perlu menghadirkan pelayanan yang berkualitas, terutama saat berhadapan dengan pelanggan di meja kasir. Itulah mengapa, Anda perlu memastikan penataan meja kasir Anda tidak membuat pelanggan merasa terganggu. Lalu, bagaimanakah penataan meja kasir yang tepat?

  1. Cari posisi terbaik
    Lokasi kasir harus dapat dijangkau dengan mudah oleh pelanggan. Di samping itu, lokasi kasir juga tidak boleh sampai mengganggu aktivitas pelanggan lain yang ingin masuk atau keluar toko. Kita ambil contoh dari aturan Feng Shui, aturan meja kasirnya ditempatkan dekat dengan pintu masuk (diagonal dari pintu). Sehingga, ketika pelanggan masuk mereka akan langsung melihat meja kasir.
  2. Perhatikan akses ke power outlet
    Hal yang harus diperhatikan berikutnya adalah keberadaan power outlet. Posisi meja kasir di restoran tidak boleh jauh dari dari soket listrik. Dengan kedekatan meja kasir dengan power outlet akan memudahkan Anda dalam menggunakan berbagai jenis peralatan elektronik. Sebaliknya, jika meja kasir jauh dengan power outlet, Anda akan memerlukan kabel penghubung yang panjang dan akan membuat kesan berantakan dan tidak rapi.
  3. Perhatikan kenyamanan saat antre
    Anda juga harus dapat memastikan kondisi restoran saat sepi maupun ramai. Antre bisa jadi menyebalkan jika Anda tidak mengatur meja kasir dengan tepat. Perhatikan space untuk pelanggan, jangan sampai pelanggan berdesak-desakan saat antre.
    Pertimbangkan juga banyaknya jumlah meja kasir, bahkan bila perlu sediakan tempat duduk antrean sehingga pelanggan akan merasa nyaman saat menunggu antrean. Jangan lupa, berusaha untuk maksimalkan kenyamanan meja kasir dengan cara menyetel musik, pewangi, dan pencahayaan yang cukup. Atur juga seberapa banyaknya barang di kasir, jangan terlalu banyak barang di meja kasir karena hanya akan membuat kesan sumpek.

Baca Juga : 5 Cara Menata Meja Kasir agar Lebih Profesional

Letak Meja Kasir Di Restoran

Apakah Anda pernah mendengar Feng Shui? Mungkin bagi Anda yang asing mendengarnya, tenang, Dacore akan memberi jawabannya. Feng Shui adalah seni dan ilmu warisan masyarakat China kuno yang digunakan dalam menata bangunan, benda, dan ruang dalam suatu lingkungan. Feng Shui sendiri memiliki tujuan untuk bisa mencapai keselarasan dan keseimbangan dengan membawa kedamaian dan kemakmuran. 

Jika sesuai dengan aturan Feng Shui, kasir diletakkan pada posisi Fei Xing 6*1, 6*8, 1*8, 8*8, 8*9. Kasir tidak di bawah tangga, tidak di bawah balok (poison arrow), dan tidak sembunyi posisinya. Jadi, jangan heran bila Anda sering menemukan kasir dekat dengan pintu masuk pelanggan. Karena di situlah satu-satunya tempat yang terlihat oleh semua orang dan tidak sembunyi.

Ukuran Meja Kasir Di Restoran

Ukuran meja kasir harus disesuaikan dengan kondisi ruangan. Meja kasir biasanya meja kasir terdiri dari 2 layer (meja bagian atas dan bawah) hampir sama dengan meja teller di bank. Ukuran dari lantai ke meja bagian atas idealnya antara 110 sd 120 cm dan untuk meja di bawahnya adalah 75 cm, lebar meja cukup dibuat dengan ukuran 60 cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *